Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gedung Putih Tekan Pabrikan Mobil Jerman Perluas Investasi AS

Presiden Donald Trump menekan para eksekutif senior pabrikan mobil Jerman untuk memperluas investasi mereka di Amerika Serikat seiring dengan rencana pemberlakuan tarif baru pada kendaraan buatan Eropa.
CEO Volkswagen AG Herbert Diess berbicara setelah pertemuan antara pejabat senior administrasi Trump dan eksekutif puncak Volkswagen AG dan Daimler AG di Gedung Putih di Washington, AS, 4 Desember 2018. /REUTERS
CEO Volkswagen AG Herbert Diess berbicara setelah pertemuan antara pejabat senior administrasi Trump dan eksekutif puncak Volkswagen AG dan Daimler AG di Gedung Putih di Washington, AS, 4 Desember 2018. /REUTERS

Bisnis.com, WASHINGTON - Presiden Donald Trump menekan para eksekutif senior pabrikan mobil Jerman untuk memperluas investasi mereka di Amerika Serikat seiring dengan rencana pemberlakuan tarif baru pada kendaraan buatan Eropa.

Setelah pertemuan, para pembuat mobil Jerman mengatakan bahwa mereka telah menyampaikan kepada Trump tentang rencana meningkatkan investasi AS, tetapi mereka tidak akan dapat melakukannya jika pemerintah memberlakukan tarif baru.

Eksekutif Volkswagen AG, dan Daimler AG mengatakan mereka berpikir kemungkinan bahwa tarif baru yang akan dikenakan bakal berkurang setelah pertemuan.

CEO Volkswagen Herbert Diess mengatakan perusahaan mempertimbangkan membangun pabrik mobil kedua dan sedang dalam pembicaraan dengan Ford Motor Co tentang aliansi yang lebih luas. Dia mengatakan kemitraan itu bisa mencakup langkah VW menggunakan kapasitas Ford yang tidak terpakai untuk membangun mobil.

"Presiden ada benarnya," kata Diess, mengatakan para pejabat "berusaha meyakinkan kami untuk berinvestasi lebih banyak ke Amerika dan kami siap untuk melakukan ini."

Ketua Daimler Dieter Zetsche mengatakan kepada wartawan bahwa investasi AS tambahan bergantung pada kondisi. Zetsche mengatakan "potensi ancaman implisit" dari tarif baru telah berkurang setelah pertemuan.

BMW AG mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berencana untuk menginvestasikan US$600 juta lebih di pabrik Spartanburg di South Carolina hingga 2021 untuk generasi mendatang dari model BMW X dan akan menciptakan 1.000 pekerjaan lebih pada 2021.

Diess mengatakan dia pikir perusahaan telah "membuat langkah besar ke depan untuk menghindari tarif."

Menteri Perdagangan Wilbur Ross, Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dan penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow adalah di antara mereka yang bertemu dengan para eksekutif.

Trump telah mengancam akan memberlakukan tarif kaku pada mobil yang dirakit di Uni Eropa sebagai bagian dari kebijakan perdagangan "Amerika Pertama".

Penasihat perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro, mengatakan kepada Fox Business News, Selasa bahwa dia berpikir "kami memiliki jalur yang benar-benar baik untuk membuat perusahaan-perusahaan ini berinvestasi lebih banyak di Amerika." Dia menambahkan bahwa produsen mobil Jerman "tidak akan datang ke meja di sini." untuk berbicara dengan kami kecuali presiden memiliki tarif otomatis di atas meja. "

Meskipun Komisi Eropa menangani negosiasi perdagangan atas nama blok perdagangan umum, administrasi Trump telah memanggil bos otomatis sebagai bagian dari kampanye untuk "menyeimbangkan" arus perdagangan global.

Pekan lalu, BMW mengatakan mempertimbangkan membangun pabrik manufaktur kedua di Amerika Serikat yang dapat memproduksi mesin dan transmisi. Ini menarik pujian dari Trump, yang telah membuat revitalisasi manufaktur AS menjadi pilar utama program ekonominya. Namun pada Selasa, BMW menekankan bahwa mereka belum membuat keputusan akhir.

Zetsche mengatakan itu "tidak mungkin" untuk membangun semua kendaraan yang dijual di Amerika Serikat karena volume kecil mobil mewah itu kecil.

Departemen Perdagangan telah mengedarkan rancangan rekomendasi ke Gedung Putih pada penyelidikannya mengenai apakah akan memberlakukan tarif hingga 25% pada mobil impor dan suku cadang di wilayah keamanan nasional, Reuters melaporkan pada November.

Kudlow mengatakan dia tidak berpikir bahwa tarif mobil sudah dekat, meskipun ia menambahkan bahwa mereka berada dalam bidikan panah Trump.

Pejabat pemerintah AS yang menjelaskan masalah ini mengatakan kepada Reuters pada Senin bahwa tidak ada laporan akhir tentang penyelidikan yang diharapkan untuk setidaknya beberapa pekan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper