Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrik Baterai Lithium di Morowali Mulai Dibangun 11 Januari 2019

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan menyebutkan peletakan batu pertama atau ground breaking pembangunan baterai lithium di Morowali akan dilakukan pada 11 Januari 2019.
Baterai Lithioum Ion. /Reuters
Baterai Lithioum Ion. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan menyebutkan peletakan batu pertama atau ground breaking pembangunan baterai lithium di Morowali akan dilakukan pada 11 Januari 2019.

Luhut menyebutkan, total nilai investasi pembangunan baterai lithium di Morowali mencapai sekitar US$4,3 miliar, sementara investasi awal sebesar US$700 juta. Menurutnya, akan bermacam-macam baterai yang akan diproduksi di wilayah tersebut.

“Lithium baterai total US$4,3 miliar. US$700 juta investasi awal, tapi mereka mau, karena macam-macam nanti baterainya,” kata Luhut di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Dalam persentasinya, nilai investasi senilai US$700 juta dilakukan oleh konsorsium GEM Co. Ltd. Sebesar 36%, Tsingshan Group 21%, CATL 25%, Hanwa 8%, dan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) 10%.

Dia menjelaskan, investor yang akan menanamkan modalnya tidak hanya dari China. Tapi, beberapa negara lainnya seperti Jepang dan Korea Selatan juga akan diajak untuk menanamkan modalnya di dalam negeri.

Menurutnya, negara tidak bergantung pada satu negara terkait dengan investasi baterai tersebut di dalam negeri. Indonesia diharapkan menjadi pemimpin terkait lithium baterai karena dunia mengarah ke baterai tersebut mengingat memiliki harga paling murah dan bagus.

Saat ini, dia menuturkan, 60%—80% komponen baterai lithium berasal dari nikel, dan Indonesia memiliki cadangan nikel paling besar. Rencananya, pembangunan pabrik baterai yang mulai melakukan peletakan batu pertama pada Januari 2019 tersebut akan selesai dalam 2 tahun.

Pengembangan baterai listrik menjadi faktor utama keberhasilan pengembangan mobil listrik di dalam negeri. Dia menuturkan, pabrik baterai kendaraan listrik yang berdiri di Indonesia bisa menjadi pemasok kendaraan bermotor mobil listrik di dalam negeri.

Menurutnya, baterai yang dipasok dari dalam negeri akan membuat harga kendaraan listrik di Indonesia menjadi lebih terjangkau dibandingkan dengan harus impor.

Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya memiliki wacana kendaraan sepeda motor yang dibeli dengan APBN atau APBD adalah produksi dalam negeri. Baterai yang digunakan untuk kendaraan bermotor roda dua tersebut dapat dipasok dari pabrik yang akan dibangun di Morowali.

Keterlibatan APBN atau APBD, dia menuturkan dapat membuat industri terkait dengna kendaraan listrik di dalam ngeri dapat berjalan, bahkan meluas. Kondisi tersebut, lanjutnya dapat membuat Indonesia bisa melakukan ekspor ke luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper