Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Terbaru Asean NCAP: Suzuki Swift, Wuling Confero, Proton X70, Tata Super Ace

Program penilaian mobil baru, AseanNew Car Assessment Program (NCAP), mengumumkan hasil uji tabrak pada empat mobil terbaru periode kuartal ketiga dan keempat 2018 yang meliputi New Suzuki Swift, Wuling Confero, Proton X70, dan Tata Super Ace.
Uji Tabrak Suzuki Swift. /Asean NCAP
Uji Tabrak Suzuki Swift. /Asean NCAP

Bisnis.com, JAKARTA - Program penilaian mobil baru, AseanNew Car Assessment Program (NCAP), mengumumkan hasil uji tabrak pada empat mobil terbaru periode kuartal ketiga dan keempat 2018 yang meliputi New Suzuki Swift, Wuling Confero, Proton X70, dan Tata Super Ace.

Asean NCAP melakukan penilaian kedua pada Suzuki Swift setelah model hatchback pesaing Honda Jazz dan Toyota Yaris itu mendapat bintang 4 pada pengujian 2013.

Hasilnya, Suzuki Swift berhasil mempertahankan rapor baik bintang 4 pada pengujian terbaru berdasarkan penilaian rating untuk protokol 2017-2020 dengan meraih skor 71,05 poin.

Swift terbaru dilengkapi airbag ganda, anti-lock braking system (ABS), seatbelt reminder system (SBR) untuk penumpang depan, ISOFIX. Sedangkan fitur electronic stability control (ESC) hanya ditawarkan untuk varian yang dijual di Singapura dan Thailand.

Model kedua yang diuji adalah mobil Malaysia Proton X70 yang menyabet bintang 5 dengan skor kumulatif 89,24 poin. Mobil ini memiliki enam airbag, ESC, SBR untuk penghuni depan, ISOFIX dan top tether sebagai standar.

Kendaraan keluarga Wuling Confero juga mendapat giliran untuk diuji. MPV delapan penumpang yang dijual untuk pasar Indonesia itu hanya meraih bintang satu dengan skor 36,94 poin.

Model Confero yang diuji merupakan tipe dasar yang tidak dilengkapi airbag karena Wuling hanya menawarkan fitur airbag dan ABS pada varian yang lebih tinggi.

Adapun kendaraan terakhir yang diuji adalah Tata Super Ace. Truk pickup kecil itu tidak mendapatkan bintang alias zero star rating karena tidak dilengkapi airbag dan fitur bantuan keselamatan penting apa pun seperti ESC, ABS, dan SBR.

"Penilaian bagus baru-baru ini dari Suzuki Swift dan Proton X70 menggambarkan upaya yang perlu ditindaklanjuti oleh produsen lain untuk meningkatkan fitur keselamatan kendaraan mereka," kata Sekretaris Jenderal Asean NCAP Khairil Anwar Abu Kassim, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/11/2018).

"Sayangnya, masih ada mobil yang dijual tanpa fitur keselamatan dasar seperti airbag. Meskipun model memang menawarkan varian dengan fitur keamanan yang lebih baik, mereka hanya tersedia sebagai tambahan opsional," katanya.

"Itu pasti mempengaruhi harga varian tersebut dibandingkan dengan yang tanpa fitur keamanan seperti itu. Oleh karena itu, kami perlu memastikan fitur keselamatan digunakan hingga varian paling mendasar sehingga semua orang akan dapat menikmati manfaatnya," tutup Khairil.

ASEAN NCAP juga mengumumkan penghargaan Grand Prix Awards 2018 guna mengapresiasi kendaraan yang memberikan level keselamatan terbaik. Berikut daftarnya:

Best Safety Performance

Adult Occupant Protection:
Toyota CH-R

Child Occupant Protection:
Honda CR-V

Safety Assist:
Hyundai IONIQ Hybrid

Overall:
Hyundai IONIQ Hybrid

Excellent Award

Continuous Safety Improvement:
Perodua Myvi
Toyota Vios
Toyota Rush

Consistent 5-Star:
Honda CR-V

The Most 5-Star Brand (2017-2018):
Toyota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper