Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMW Group Gunakan Realitas Virtual Rancang Workstation Produksi Masa Depan

Realitas virtual semakin banyak digunakan dalam produksi BMW Group. Beberapa bulan sebelum produksi BMW Seri 3 baru menggenjot produksinya di Munich, perencana BMW Group telah benar-benar meletakkan workstation individu di dunia maya.
Realitas virtual di bagian produksi BMW. /BMW
Realitas virtual di bagian produksi BMW. /BMW

Bisnis.com, MUNICH - Realitas virtual semakin banyak digunakan dalam produksi BMW Group. Beberapa bulan sebelum produksi BMW Seri 3 baru di Munich, perencana BMW Group telah benar-benar meletakkan workstation individu di dunia maya. Ini termasuk preassembly kokpit, misalnya, di mana kokpit disatukan sebelum dipasang di kendaraan.

Untuk pertama kalinya, perencana pengembangan, sistem, logistik dan perakitan, bersama dengan karyawan produksi mampu menilai seluruh area produksi baru dalam realitas virtual dan menguji prosedur baru dalam 3D.

Matthias Schindler, yang bertanggung jawab atas Perencanaan dan Implementasi Virtual dalam Produksi di BMW Group, mengatakan bahwa teknologi realitas virtual telah memungkinkan untuk menyiapkan workstation preassembly kokpit dengan cepat dan efisien.

"Instalasi percobaan yang memakan waktu mereplikasi workstation dalam dimensi sebenarnya tidak lagi diperlukan. Dan fakta bahwa semua spesialis yang terlibat - mulai dari ahli logistik hingga perencana sistem hingga karyawan produksi - dengan mudah dapat bertukar ide pada tahap awal adalah manfaat tambahan yang penting bagi tim Kami lebih transparan, lebih fleksibel, dan lebih cepat secara keseluruhan,” ujarnya dalam keterangan pers BMW, Selasa (20/11/2018).

Produksi kokpit berjalan selama persiapan tanpa kendala, karena perencanaan hanya mengambil ruang di dunia maya. Kemampuan bekerja dengan data dan perangkat lunak yang sama juga menyelamatkan waktu yang dimiliki departemen khusus dan staf produksi.

Karena sangat mudah digunakan, para ahli dapat menilai seberapa banyak ruang yang diperlukan sistem baru, misalnya, dengan cepat dan mudah dan menggabungkan pengetahuan karyawan produksi dalam perencanaan dari awal. Setelah pengenalan singkat dan tanpa pengetahuan khusus, tim perwakilan dari berbagai bidang spesialis dapat segera meluncurkan proyek. Perangkat lunak ini menangani perhitungan rumit untuk render real-time dari semua objek dalam kacamata dan simulasi realitas virtual.

Dasar untuk perencanaan semacam ini adalah data pabrik 3D terdigitalisasi. Selama beberapa tahun terakhir, BMW Group telah menangkap struktur sebenarnya dari pabriknya dalam bentuk digital dengan ketepatan milimeter, menggunakan pemindai 3D khusus dan kamera resolusi tinggi.

Ini menciptakan gambar tiga dimensi produksi dalam bentuk apa yang disebut diagram awan.

Rekonstruksi digital yang memakan waktu, struktur nyata, dan pencatatan manual di lokasi tidak lagi diperlukan. Baik merencanakan tempat kerja di masa depan atau seluruh aula pertemuan, departemen BMW Group sekarang dapat menggabungkan data yang ada dengan "perpustakaan" virtual rak, kotak kisi, pembawa beban kecil dan sekitar 50 sumber daya operasi yang banyak digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper