Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persaingan Meningkat, BYD China Proyeksikan Laba 2018 Turun Sepertiga

Produsen mobil listrik China BYD Co Ltd, yang didukung oleh investor AS Warren Buffett, pada Senin (29/10/2018), mengumumkan bahwa laba bersihnya selama setahun penuh 2018 diproyeksikan turun sepertiga lantaran persaingan memanas di pasar mobil terbesar di dunia.
SUV hibrida listrik BYD Yuan dipamerkan pada ajang Auto China Show 2016 di Beijing, China, 26 April 2016. /REUTERS
SUV hibrida listrik BYD Yuan dipamerkan pada ajang Auto China Show 2016 di Beijing, China, 26 April 2016. /REUTERS

Bisnis.com, BEIJING - Produsen mobil listrik China BYD Co Ltd, yang didukung oleh investor AS Warren Buffett, pada Senin (29/10/2018), mengumumkan bahwa laba bersihnya selama setahun penuh 2018 diproyeksikan turun sepertiga lantaran persaingan memanas di pasar mobil terbesar di dunia.

Pasar China untuk mobil listrik sedang booming, tetapi keuntungan di sektor ini telah diperas oleh persaingan yang ketat antara perusahaan yang didirikan dan saingan start-up, serta langkah Beijing untuk memangkas subsidi untuk pasar.

Perusahaan yang berbasis di Shenzhen membukukan penurunan 1,9% laba bersih kuartal ketiga menjadi 1,05 miliar yuan (US$150,97 juta), turun dari 1,07 miliar yuan setahun sebelumnya.

Itu adalah penurunan kuartalan terkecil sejak akhir 2016, tetapi dikatakan keuntungan 2018 akan menjadi antara 2,73 miliar yuan dan 3,13 miliar yuan, turun sebanyak 32,94%.

Keuntungan setengah tahun pertama BYD, yang membuat mobil baterai listrik dan plug-in hibrida serta kendaraan transportasi umum dan baterai, telah jatuh lebih dari 70%, terpukul oleh penurunan dukungan kebijakan untuk kendaraan energi baru (NEV). Produsen mobil berharap profitabilitas akan meningkat di paruh kedua tahun ini.

Meskipun penjualan mobil bermesin bensin tradisional telah stagnan, penjualan NEV telah meningkat 81% dalam 9 bulan pertama tahun ini menjadi 721.000 unit, badan industri otomotif teratas China mengatakan bulan ini.

BYD, yang modelnya termasuk seri Tang dan plug-in hybrid model EV Qin, telah mencoba untuk beralih ke kendaraan listrik sepenuhnya tetapi menghadapi kekurangan baterai. Sekarang perusahaan membangun beberapa basis produksi baterai baru untuk meningkatkan kapasitas.

Analis juga memperkirakan pesaing utama utama BYD, Geely Automobile Holdings Ltd dan Great Wall Motor Co Ltd kehilangan target penjualan setahun penuh mereka.

Great Wall melaporkan penurunan penjualan kuartalan pada Jumat, menyalahkan perlambatan tajam di pasar mobil China yang membuat para pembuat mobil dan diler khawatir.

Geely baru mencapai 72% target penjualan tahunannya pada akhir kuartal ketiga, menurut laporan penjualannya.

Penjualan mobil keseluruhan China turun 11,6% pada September, penurunan bulanan paling curam dalam hampir 7 tahun terakhir, memicu kekhawatiran terhadap kontraksi pasar tahunan pertama dalam beberapa dekade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper