Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volvo Cars Akuisisi Perusahaan SPLU Mobil Listrik FreeWire

Volvo Cars telah mengakuisisi saham perusahaan pengisian daya mobil listrik, FreeWire Technologies melalui Volvo Cars Tech Fund, yang memperdalam komitmen perusahaan untuk masa depan listrik sepenuhnya.
Volvo S90 T8 dengan mengisi daya listrik dengan teknologi FreeWire. /VOLVO
Volvo S90 T8 dengan mengisi daya listrik dengan teknologi FreeWire. /VOLVO

Bisnis.com, GOETHENBERG - Volvo Cars telah mengakuisisi saham perusahaan pengisian daya mobil listrik, FreeWire Technologies melalui Volvo Cars Tech Fund, yang memperdalam komitmen perusahaan untuk masa depan listrik sepenuhnya.

Meskipun strategi elektrifikasi Volvo Cars tidak membayangkan kepemilikan langsung dari perusahaan stasiun pengisian listrik umum, investasi di FreeWire memperkuat komitmen keseluruhannya untuk mendukung transisi yang luas ke mobilitas listrik bersama dengan mitra lain.

FreeWire adalah perusahaan yang berbasis di San Francisco yang menjadi pelopor dalam teknologi pengisian cepat fleksibel untuk mobil listrik. FreeWire mengkhususkan diri dalam teknologi pengisian cepat stasioner dan mobile, memungkinkan pengisian mobil listrik untuk digunakan secara cepat dan luas.

Instalasi stasiun pengisian cepat biasanya merupakan proses intensif biaya dan tenaga yang memerlukan banyak peningkatan daya listrik untuk mendukung sambungan antara stasiun pengisian daya dan jaringan listrik utama. Stasiun pengisian FreeWire menghapus kerumitan itu dan menggunakan daya tegangan rendah, yang memungkinkan operator hanya menggunakan outlet listrik yang ada. Ini berarti pengemudi dapat menikmati semua manfaat pengisian cepat tanpa operator perlu melalui kerumitan membangun koneksi tegangan tinggi ke grid.

Volvo Cars memiliki salah satu strategi elektrifikasi paling ambisius di industri otomotif. Setiap mobil Volvo baru yang diluncurkan mulai 2019 akan dialiri arus listrik, dan pada 2025 perusahaan ini menargetkan mobil listrik sepenuhnya untuk mencapai 50% dari keseluruhan penjualan globalnya.

"Masa depan Volvo Cars adalah listrik, yang tecermin dari komitmen industri kami untuk melistriki seluruh produk kami," kata Zaki Fasihuddin, CEO Volvo Cars Tech Fund, dalam keterangan pers yang dikutip Selasa (30/10/2018).

Dia menambahkan, "Untuk mendukung adopsi konsumen mobil listrik yang lebih luas, masyarakat perlu melakukan pengisian mobil listrik sesederhana mengisi tangki Anda. Investasi kami di FreeWire adalah dukungan kuat dari ambisi perusahaan di bidang ini.”

Atif Rafiq, Kepala Petugas Digital di Volvo Cars, mengatakan bahwa teknologi pengisian cepat Freewire menjanjikan penyederhanaan pengalaman bagi pelanggan Volvo listrik. "Dengan langkah ini, kami ingin membuat masa depan mobil listrik yang berkelanjutan lebih praktis dan nyaman."

Arcady Sosinov, CEO FreeWire, mengaku senang bermitra dengan Volvo Cars untuk mengembangkan pasar dan model bisnis baru di sekitar teknologi pengisian cepat EV dan pengisian daya ultra cepatnya.

“Bekerja sama dengan pembuat mobil dengan visi masa lalu dan masa depan Volvo akan memberi kami akses ke teknologi, pengujian, dan strategi baru yang akan benar-benar mempercepat pertumbuhan perusahaan,” ujar Arcady Sosinov.

Volvo Cars Tech Fund diluncurkan awal tahun ini dan bertujuan untuk berinvestasi dalam start-up teknologi berpotensi tinggi di seluruh dunia. Volvo Cars Tech Fund berfokus pada investasi pada tren teknologi strategis mengubah industri otomotif, seperti kecerdasan buatan, elektrifikasi, drive otonom dan layanan mobilitas digital.

Awal tahun ini, Volvo Cars Tech Fund mengumumkan investasi pertamanya di Luminar Technologies, sebuah start-up terkemuka dalam pengembangan teknologi sensor canggih untuk digunakan dalam kendaraan otonom, di mana Volvo Cars berkolaborasi dalam pengembangan dan pengujian teknologi penginderaan LiDAR-nya. di mobil Volvo.

Perusahaan mendapat manfaat dari partisipasi Volvo Cars Tech Fund karena mereka dapat memperoleh kemampuan untuk memvalidasi teknologi, mempercepat pengenalan pasar, serta berpotensi mengakses jaringan global dan posisi unik Volvo Cars di pasar mobil China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper