Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ZF Luncurkan Generasi Baru Sabuk Pengaman Retractor Kontrol Aktif

ZF memulai produksi generasi Active Control Retractor (ACR8), yang menggabungkan keamanan kendaraan aktif dan pasif, dan dirancang untuk mengencangkan sabuk pengaman dalam situasi kritis sebelum potensi dampaknya terjadi.
ZF ACR8 ACR8 memiliki pretensier elektromekanik reversibel untuk aktivasi pre-crash. /ZF
ZF ACR8 ACR8 memiliki pretensier elektromekanik reversibel untuk aktivasi pre-crash. /ZF

Bisnis.com, FRIEDRICHSHAFEN - ZF memulai produksi generasi Active Control Retractor (ACR8), yang menggabungkan keamanan kendaraan aktif dan pasif, dan dirancang untuk mengencangkan sabuk pengaman dalam situasi kritis sebelum potensi dampaknya terjadi.

Hal ini dapat dipicu oleh informasi dari sistem keselamatan aktif dan sistem bantuan pengemudi yang aktif dan dapat bekerja bersama dengan sistem seperti pengereman darurat otonom (AEB) atau evasive steering assist (ESA).

Sistem ini membantu menjaga pengendara dalam posisi yang lebih baik saat bekerja bersama dengan penghambat penumpang lainnya seperti kantung udara saat kecelakaan.

ACR8, kependekan dari Active Control Retractor, adalah generasi terbaru dari pretensioner retractor aktif ZF. Perusahaan ini memelopori teknologi pada 2002 dengan Daimler dan teknologinya telah berkembang.

“Generasi baru kini diluncurkan di pasar Mercedes-Benz CLS-Class dan menonjol berkat desainnya yang lebih kompak, mengurangi bobot dan fungsi perangkat lunak baru,” kata Norbert Kagerer, Wakil Presiden Senior Bidang Teknik di ZF Occupant Safety Unit Bisnis Sistem, dalam keterangan pers, Senin (25/9/2018). “Ini adalah kontribusi ZF lain yang dibuat untuk Vision Zero - transportasi jalan tanpa emisi atau kecelakaan.”

ACR8 memiliki pretensier elektromekanik reversibel untuk aktivasi pre-crash, fungsi kenyamanan dan umpan balik haptik, serta pretreater piroteknik non-reversibel untuk keamanan jika terjadi kecelakaan yang melewati titik pencegahan. Generasi baru dapat diperluas untuk mencakup fungsi lebih lanjut, seperti penguncian aktif dalam posisi duduk yang dimodifikasi, merasakan ekstensi sabuk atau mode olahraga untuk situasi mengemudi yang sangat dinamis.

ACR8 didasarkan pada pretensier retractor SPR8 ZF.

SPR8 menawarkan keluarga produk berdasarkan desain modular yang dapat memenuhi semua persyaratan produsen otomotif untuk sistem sabuk pengaman, mulai dari versi dasar hingga teknologi retraktor kontrol aktif yang menawarkan fungsi lanjutan. ACR8 memungkinkan upgrade sistem sabuk pengaman dengan membangun teknologi pretensioner SPR8 dan konfigurasi sistem.

Berkat peningkatan keamanan dan kenyamanan yang diberikan kepada penumpang kendaraan, sistem sabuk pengaman aktif semakin populer di segmen kendaraan kompak hingga menengah dan premium.

Selain fungsi yang sudah dikenal seperti pengurangan sabuk pengaman kendur, dikombinasikan dengan sistem bantuan pengemudi modern canggih, ada fitur opsional seperti peringatan melalui getaran sabuk pengaman (umpan balik haptik) dan pretensi reversibel selama penghindaran kecelakaan dan fase pra-kecelakaan.

Dalam aplikasi penggerak otomatis, Retraktor Kontrol Aktif juga dapat membantu menempatkan penumpang kendaraan ke posisi duduk yang lebih baik dalam situasi yang berpotensi kritis. Sistem sabuk pengaman bekerja bersama dengan sistem keselamatan lain, seperti airbag, untuk membantu meningkatkan perlindungan penghuni dan mengendalikan tingkat kekuatan yang diterapkan pada tubuh manusia.

ACR8 juga memiliki potensi untuk menjadi bagian integral dari sistem penggerak otomatis. Ketika beralih dari penggerak otomatis ke manual, retraktor kontrol aktif dapat meminta pengemudi untuk mengambil alih dengan menggetarkan tali pada frekuensi tinggi sebagai peringatan jika pengemudi perlu mengambil kendali dan tindakan mungkin diperlukan. Hal ini memungkinkan sistem sabuk pengaman diintegrasikan ke antarmuka pengguna kendaraan otomatis sebagai cara efektif untuk mendapatkan perhatian pengemudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper