Optimalisasi Industri Manufaktur, Perkuat Rantai Pasok Global

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan letak geografis yang strategis, tidak berlebihan jika pemerintahan Jokowi-JK memiliki visi untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan letak geografis yang strategis, tidak berlebihan jika pemerintahan Jokowi-JK memiliki visi untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Visi ini bukan sebatas pada pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya kelautan, namun diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia. Seperti tertuang dalam salah satu pilar Poros Maritim Dunia, yaitu peningkatan konektivitas dan pengembangan sektor logistik.

 Di sisi lain, seiring dengan dinamika perekonomian dunia, salah satu isu terpenting saat ini adalah sema­kin derasnya arus global supply chain atau rantai pasok global. Terkait dengan hal ini, visi Poros Maritim Dunia menjadi sangat strategis.

Seperti diketahui, 90% transportasi perdagangan dunia melalui laut, dan 40% diantaranya melewati perairan Indonesia. Da­lam posisi strategis ini, Indonesia mempunyai potensi besar untuk mengambil manfaat dari arus rantai pasok global untuk kepent­ingan pembangunan ekonomi.

Berbagai kebijakan pemerintah untuk mewujudkan visi tersebut sudah membuahkan hasil. Percepatan pembangu­nan infrastruktur, peningkatan kualitas layanan di pelabuhan telah memberi dampak positif. Kebijakan seperti pemberlakuan single billing, integrasi Inaportnet system ke dalam system Indonesia National Single Window (INSW) berhasil meningkatkan kualitas pelayanan di pelabuhan sehingga konektivitas saat ini terasa jauh lebih lancar.

Membaiknya konektivitas an­tara lain terlihat pada peningkatan Logistic Performance Index (LPI). Berdasarkan data Bank Dunia, LPI Indonesia mengalami pen­ingkatan yang signifikan, naik ke posisi 46 di antara 160 negara, jauh di atas posisi 2014 lalu yaitu di ranking 53.

Peningkatan kinerja sektor logistik ini telah memberi dampak positif dan memberi harapan terhadap peningkatan daya saing pelaku ekonomi, termasuk di sektor manufaktur. Perbaikan LPI juga telah mengurangi disparitas harga di pasar dalam negeri dan memperlancar arus perdagangan luar negeri atau ekspor-impor.

Sebagai pelaku industri oto­motif, PT Toyota Motor Manu­facturing Indonesia (TMMIN) ikut merasakan dampak positif tersebut. Perbaikan pada pe­layanan pelabuhan tidak hanya mendukung kelancaran distribusi mobil Toyota ke berbagai pelosok negeri, sekaligus juga memberi peluang untuk meningkatkan kualitas layanan ke pasar global atau pasar ekspor.

“Upaya pemerintah mewujud­kan visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia telah memberi dampak posistif terhadap peningkatan efisiensi arus barang dan kegiatan ekspor Toyota,” kata Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Optimalisasi Industri Manufaktur, Perkuat Rantai Pasok Global

Dalam lima tahun terakhir, TMMIN telah berhasil mening­katkan ekspor secara sangat signifikan. Sepanjang 2013-2017, total ekspor kendaraan dalam bentuk utuh (completly build up/ CBU) bermerek Toyota mencapai 823.000 unit, sehingga secara akumulatif total ekspor sejak 1987 telah berhasil menembus angka 1 juta unit. Untuk 2018 ini, ekspor CBU ditargetkan bisa mencapai 217.000 unit, yang akan dipasarkan ke 80 negara.

Melalui kinerja tersebut, kenda­raan utuh bermerek Toyota tercatat sebagai kontributorr terbesar di sektor industri otomotif dengan kontribusi sekitar 80% terhadap total ekspor otomotif nasional. Atas capaian ini, TMMIN telah memper­oleh 8 kali penghargaan tertinggi di bidang ekspor dari pemerintah Indonesia yaitu Primanyarta.

Peningkatan ekspor juga mem­beri peluang untuk meningkatkan produksi. Sepanjang 2013-2017, produksi mobil Toyota di Indo­nesia mencapai 2,579 juta unit dengan penggunaan komponen dalam negeri 75% sampai 94%. Sekitar 30% dari produksi ini diekspor.

Ada sembilan model kendaraan bermerek Toyota yang diekspor ke mancanegara yaitu Fortuner, Kijang Innova, Vios, Yaris, Sienta, Avanza, Rush, Agya, dan Townace/ Townlite, yang diproduksi di fasilitas manufaktur TMMIN serta PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai bagian dari Toyota grup di Indonesia.

Rantai Pasok Global

Berbagai potensi yang ada dan didukung lokasi geografis yang strategis, meyakinkan TMMIN bahwa industri manufaktur (otomotif) Indonesia mempunyai pe­luang besar meraih manfaat dari arus rantai pasok global yang terus berkembang.

Terkait hal tersebut, selain meningkatkan investasi pada fasilitas produksi, TMMIN terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), termasuk di 130 perusahaan mitra atau supplier lapis per­tama.

Tujuannya, agar kualitas produk dan layanan mampu me­menuhi standar global sehingga bisa meraih manfaat yang lebih besar dalam arus rantai pasok industri otomotif dunia. Pada akhirnya ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi TMMIN dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai Poros Maritim dunia.

Berbagai kegiatan telah diran­cang dan dilaksanakan seperti Toyota Production System (TPS) Jishuken yaitu program alih keahlian dan keterampilan kepada pemasok. Program ini bertu­juan untuk meningkatkan daya saing dalam supply chain indus­tri otomotif.

Jishuken berasal dari dua suku kata yaitu Jishu dan Kenkyu yang artinya adalah kemampuan untuk melakukan investigasi permasalahan, serta membuat rencana dan aktivitas secara mandiri.

Pengembangan kualitas dan kompetensi SDM menjadi salah satu kunci utama TMMIN men­jawab tantangan dan peluang di era pasar global. Pengemban­gan dilakukan melalui Toyota Learning Centre dan Toyota In­donesia Academy yang bertujuan meningkatkan daya saing produk dan layanan yang dihasilkan agar memenuhi standar global, be­berapa program yang menjadi fokus di antaranya idea suggestion dan gugus kendali mutu atau Quality Control Circle (QCC). TMMIN akan terus berupaya mengembangkan berbagai ke­giatan agar kualitas SDM dan pemasok selaras dengan standar keterampilan global.

Melihat berbagai pencapaian pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai Poros Mari­tim Dunia, diharapkan peluang industri manufaktur nasional akan lebih terdongkrak dan arus ran­tai pasok global akan semakin terbuka. Hal tersebut sekaligus dapat meningkatkan kontribusi sektor industri manufaktur da­lam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper