Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mercedes-Benz EQC : Model Pertama di Bawah Merek Elektromobilitas

Mercedes-Benz EQC adalah mobil listrik dengan konsumsi daya gabungan 22,2 kWh / 100 km; gabungan emisi CO2: 0 g/km.
Mercedes-Benz EQ, mobil konsep niremisi di masa depan. /Bisnis.com, Yudi Supriyanto
Mercedes-Benz EQ, mobil konsep niremisi di masa depan. /Bisnis.com, Yudi Supriyanto

Bisnis.com, STUTTGART - Saat di Paris Motor Show 2016, Mercedes-Benz memperkenalkan merek produk dan teknologi barunya untuk elektromobilitas : EQ. Mercedes-Benz EQC adalah mobil pertamanya, yang segera diluncurkan pada pertengahan 2019. Mercedes-Benz EQC adalah mobil listrik dengan konsumsi daya gabungan 22,2 kWh / 100 km; gabungan emisi CO2: 0 g/km.

Dengan desain yang mulus dan jernih serta warna-warna yang khas, Mercedes-Benz EQC adalah pelopor untuk tampilan listrik garda depan sembari merepresentasikan idiom desain mewah progresif.

Sehubungan dengan kualitas, keamanan dan kenyamanan, EQC adalah Mercedes-Benz di antara kendaraan listrik, dan sangat meyakinkan dalam jumlah atributnya. Ini termasuk kinerja dinamis berkat dua motor listrik di as roda depan dan belakang dengan output gabungan 300 kW. Sebuah strategi operasi yang canggih memungkinkan jangkauan listrik lebih dari 450 km menurut NEDC.

EQ juga menawarkan layanan yang komprehensif dengan Mercedes Me, dan membuat elektromobilitas nyaman dan cocok untuk pengendaraan sehari-hari. EQC juga melambangkan dimulainya era mobilitas baru di Daimler.

Sebagai model Mercedes-Benz pertama di bawah produk baru dan merek teknologi EQ, Mercedes-Benz EQC memiliki banyak detail desain yang mendebarkan dan highlight warna khas merek. Baik di dalam maupun di luar, EQC mewujudkan idiom desain luxury progressive. Ini muncul dari kombinasi keindahan yang tidak diketahui sebelumnya, bentrokan unsur digital dan analog serta penggabungan desain intuitif dan fisik yang mulus.

Berdasarkan proporsi muskularnya, EQC digolongkan sebagai SUV crossover. Garis atap diperpanjang dan tata letak jendela dengan pinggang rendah dan atap resapan coupé-seperti di bagian belakang posisi visual antara SUV dan coupe SUV.

Fitur mencolok di bagian depan adalah permukaan panel hitam besar yang melapisi lampu depan dan kisi-kisi. Untuk pertama kalinya, panel hitam dibatasi di bagian atas oleh serat optik sebagai penghubung visual antara lampu siang hari seperti obor seperti fitur Mercedes-Benz yang khas. Pada malam hari ini menciptakan pita cahaya horizontal yang hampir tak terputus. Bagian dalam rumah dan tabung lampu depan LED Multibeam standar berwarna hitam mengkilap. Warna kontras menyoroti secara diam-diam mengkonfirmasi keanggotaan model dari keluarga EQ baru: garis biru pada latar belakang hitam, dan tulisan Multibeam dengan warna biru.

Interior EQC yang berkualitas tinggi memelopori electro-look avant-garde. Salah satu contohnya adalah tepi panel instrumen yang bergaris, yang menyerupai rusuk pendingin penguat hi-fi. Panel instrumen dirancang sebagai kokpit yang berorientasi pada pengemudi. Profil sayap Mercedes-Benz yang khas adalah asimetris, dengan "cut-out" di area pengemudi. Di sinilah salah satu sorotan visual kokpit terletak - sebuah kaset bertekanan tinggi yang berteknologi tinggi, ventilasi udara datar dengan kisi-kisi berornamen berwarna-warni berbentuk kubah.

Powertrain: Kinerja dinamis memenuhi efisiensi

Sebagai model Mercedes-Benz pertama yang diluncurkan di bawah produk baru dan merek teknologi EQ, EQC memiliki pengembangan sistem penggerak semua-baru dengan drivetrains listrik yang kompak di setiap poros. Ini memberi EQC karakteristik berkendara dari all-wheel drive.

Untuk mengurangi konsumsi daya dan meningkatkan dinamisme, drivetrains listrik dikonfigurasi secara berbeda: motor listrik depan dioptimalkan untuk efisiensi terbaik dalam kisaran beban rendah hingga menengah, sedangkan bagian belakang menentukan dinamisme. Bersama-sama, mereka menghasilkan output 300 kW dan torsi maksimum 765 Nm.

Insinyur Mercedes-Benz telah meningkatkan kenyamanan kebisingan dengan sejumlah langkah. Di EQC, powerpack diisolasi oleh dudukan karet pada dua titik: tempat powerpack terhubung ke subframe dan di mana subframe terhubung ke bodi. Isolasi efektif ini dilengkapi dengan langkah-langkah isolasi. Akibatnya, interior EQC sangat sepi.

Baterai lithium-ion, yang memiliki kandungan energi 80 kWh (NEDC) memasok kendaraan dengan kekuatan. Konsumsi daya dan jangkauan kendaraan listrik sangat tergantung pada gaya mengemudi. EQC mendukung drivernya dengan lima program mengemudi, masing-masing dengan karakteristik yang berbeda: kenyamanan, ramah lingkungan, jelajah maksimal, sportif, dan program yang dapat disesuaikan secara individual.

Dalam mode berkendara yang lebih ekonomis, pedal akselerator haptik yang mendorong pengemudi untuk menghemat daya memainkan peran penting. Sopir juga dapat mempengaruhi tingkat pemulihan menggunakan apa yang disebut dayung di belakang kemudi.

Data Teknis

CO2 emissions

0 g/km

Power consumption (NEDC)

22.2* kWh/100 km

Range (NEDC)

more than 450* km

Drive system

2 asynchronous motors, all-wheel drive

Output

300 kW (408 hp)

Peak torque

765 Nm

Top speed

180 km/h (governed)

Acceleration 0-100 km/h

5.1 s

Battery

Lithium-ion

Battery energy content (NEDC)

80 kWh

Battery weight

650 kg

Length/width (with mirrors)/height

4,761/1,884 (2,096)/1,624 mm

Track width (FA/RA)

1,625/1,615 mm

Wheelbase

2,873 mm

Boot capacity (depending on equipment)

ca. 500 l

Kerb weight/perm. GVW/pay load (DIN)

2,425*/2,930/505 kg

Trailing load max. (12 %)

1,800 kg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper