Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

World Premiere di Monterey, Audi PB18 e-Tron Unjuk Visi Radikal Mobil Sport Serba Listrik

Audi PB18 e-tron yang serba elektrik menghadirkan visi radikal untuk mobil sport berkinerja tinggi.
Audi PB18 e-Tron. /AUDI
Audi PB18 e-Tron. /AUDI

Bisnis.com, CALIFORNIA - Untuk pertama kalinya, Audi menghadirkan desain dan mobil konsep teknis di Pebble Beach Automotive Week di Monterey, California. Audi PB18 e-tron yang serba elektrik menghadirkan visi radikal untuk mobil sport berkinerja tinggi.

Luas dan datar, tampak terinspirasi oleh terowongan angin dan lintasan balap, kehadiran Audi PB18 e-tron menandakan bahwa itu ditakdirkan untuk mendorong batas. Konsep dan daya menarik Audi PB18 e-tron diciptakan di studio desain Audi baru di Malibu, California - tempat di mana desain Audi secara konsisten terus diperbarui untuk masa depan.

Konsep teknis dari e-tron PB18 telah diuntungkan oleh kemenangan bertahun-tahun Audi pada seri balap Le Mans. Para ahli di Audi Sport GmbH, anak perusahaan mobil sport Audi, bertanggung jawab dalam hal implementasi.

Nama yang disingkat "PB18 e-tron" merujuk kepada tempat Pebble Beach untuk premier, dan untuk DNA teknologi yang berbagi dengan mobil balap LMP1 yang sukses Audi R18 e-tron.

Pada pandangan pertama, Audi PB18 e-tron menunjukkan kekerabatan dengan mobil konsep spektakuler lain dari merek - Audi Aicon dari 2017. Ini berlaku tidak hanya untuk elemen desain yang khas seperti jendela samping yang melengkung ke dalam, dan lengkungan roda yang sangat panjang. Dua mobil konsep pada 2017 dan 2018 juga berbagi penggerak elektrik dengan baterai solid-state sebagai penyimpanan energi.

Akan tetapi masing-masing, konsep yang konsisten berfokus untuk digunakan membuat mereka bertolak belakang. Aicon dirancang sebagai kendaraan mewah jarak jauh yang sepenuhnya otomatis, sebuah jet bisnis untuk jalan. Adapun pencipta PB18 e-tron mendesainnya sebagai mobil dengan mesin penggerak yang radikal untuk arena pacuan kuda dan jalan raya.

Dinamika dan emosi berada di atas daftar spesifikasinya. Parameter seperti daya pendorong, percepatan lateral, dan ergonomik sempurna menentukan setiap detail. Dan, orientasi dalam dimensi yang benar-benar baru.

Judul kerja internal di Audi untuk proyek showcar adalah Level Zero, yang secara eksplisit membedakannya dari Level 3, 4 dan 5 pengemudian otonom saat ini di Audi.  Di Audi PB18 e-tron, pengemudinya adalah pengemudi dan menginjak pedal gas atau rem.  Oleh karena itu tidak ada sistem mengemudi yang rumit pada kendaraan, dan tidak ada fitur kenyamanan yang menambah berat.

Di tempat mereka ada kursi pengemudi dan kokpit yang diintegrasikan ke dalam cangkang monocoque yang dapat digeser ke samping. Ketika didorong, monocoque dapat diposisikan di tengah interior seperti di monoposto--lokasi yang sempurna untuk arena pacuan kuda. Hal ini dimungkinkan tidak sedikit oleh desain by-wire kemudi, dan pedal; koneksi mekanis dari elemen kontrol tidak diperlukan.

Gael Buzyn, Kepala Desain Audi Loft di Malibu -- di mana e-tron Audi PB18 lahir, mengatakan bahwa hal paling penting ialah dalam spesifikasi, yang mana  Audi ingin menawarkan pengalaman yang hanya tersedia di mobil balap, seperti Audi R18.

"Itu sebabnya kami mengembangkan interior di sekitar posisi pengemudi yang ideal di tengah. Namun demikian, tujuan kami adalah untuk memberikan e-tron PB18 untuk kegunaan sehari-hari yang tinggi, tidak hanya untuk pengemudi, tetapi juga untuk penumpang potensial,” ujarnya dalam keterangan pers Audi, Jumat (244/8/2018).

Ketika monocoque pengemudi meluncur ke posisi samping, dari mana e-tron PB18 dapat dikemudikan dalam berkendara sehari-hari, seperti kendaraan jalan konvensional, ada ruang untuk penumpang.

Kursi tambahan dapat diakses di sisi lain, terintegrasi rendah di atas tanah dan dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik. Sopir juga mendapat manfaat ketika masuk dan keluar dari posisi luar yang mudah diakses dari monocoque, yang dapat dipindahkan ketika pintu terbuka ke ambang jendela.

Audi PB18 e-Tron (AUDI)
Audi PB18 e-Tron (AUDI)

Inspirasi diambil dari motorsport

Paket e-tron Audi PB18 mengikuti arsitektur tradisional mobil sport mid-engine dengan kabin yang diposisikan jauh ke depan. Pusat gravitasi mobil terletak di belakang kursi dan di depan poros belakang, yang memberi manfaat pada dinamika berkendara. Ini tidak melibatkan unit transmisi mesin, seperti pada mobil dengan sistem penggerak konvensional, melainkan baterai.

Audi PB18 e-Tron (AUDI)
Audi PB18 e-Tron (AUDI)

Emosi tanpa emisi: tiga motor listrik dan quattro drive

Konsep ini menggunakan tiga motor listrik yang kuat. Satu di depan dan dua di belakang. Yang terakhir terletak di antara jari-jari kemudi, masing-masing langsung mengendarai satu roda melalui setengah-poros. Mereka memberikan output daya hingga 150 kW ke as roda depan dan 350 kW ke belakang - Audi PB18 e-tron adalah quattro sejati.

Output maksimum adalah 500 kW, dengan meningkatkan, pengemudi dapat memobilisasi sementara hingga 570 kW. Torsi gabungan hingga 830 newton meter (612,2 lb-ft) memungkinkan akselerasi dari 0 hingga 100 km / jam (62,1 mph) dalam hampir lebih dari 2 detik - kecepatan yang hanya sedikit berbeda dari prototipe LMP1 saat ini.

Pada lalu lintas jalan normal, pengemudi dapat membatasi kecepatan maksimum dalam mendukung jangkauan. Keterbatasan ini mudah untuk dinonaktifkan di arena pacuan kuda dan dapat disesuaikan dengan kondisi lokal.

Audi PB18 e-Tron (AUDI)
Audi PB18 e-Tron (AUDI)

Teknologi tinggi dari sport LMP1: suspensi

Bagian depan dan belakang memiliki suspensi independen pada lengan kontrol melintang bawah dan atas, dan, seperti yang biasa ditemukan dalam balap motor, sistem push-rod pada as roda depan dan sistem batang tarik di bagian belakang - dalam kedua kasus dengan kejutan naik magnetik adaptif peredam. Suspensi mobil balap Audi R18 e-tron quattro Le Mans berfungsi sebagai model untuk arsitektur dasar.

Audi PB18 e-Tron (AUDI)
Audi PB18 e-Tron (AUDI)

Jalur menuju produksi volume mobilitas listrik di Audi

Audi telah mengembangkan kendaraan dengan penggerak all-electric atau hybrid sejak akhir 1980-an. Penawaran produksi pertama dari sebuah mobil yang menggabungkan mesin pembakaran dengan motor listrik adalah duo Audi dari 1997, yang menempati tubuh Avant A4. Pengembangan teknologi penting untuk mobil listrik adalah R8 e-tron, yang diluncurkan pada Frankfurt Motor Show 2009 dan pada 2012 menetapkan waktu putaran rekor untuk mobil listrik di North Loop of Nürburgring.

Audi PB18 e-Tron (AUDI)
Audi PB18 e-Tron (AUDI)

Roadtrip, sirkuit atau pilot city-mobile : layanan mobilitas baru

Sementara itu Audi telah membangun keluarga baru mobil visioner sejak 2017 sebagai pratinjau untuk dekade berikutnya - bertenaga listrik dan secara tepat fokus pada skenario penggunaan masing-masing. Mobil yang saat ini ada di pasar selalu dipahami sebagai sintesis serbaguna antara profil persyaratan yang sangat bertentangan - dalam praktiknya, ini sering berarti kompromi harus dilakukan. Sebaliknya, mobil konsep saat ini akan menempati posisi baru yang konsisten di pasar yang semakin terdiversifikasi.

Kendaraan mewah jarak jauh Audi Aicon memulai segalanya di IAA 2017; e-tron PB18 sekarang menandai tonggak lain. Konsep kendaraan tambahan, seperti untuk lalu lintas perkotaan, sudah dikembangkan dan akan membuat debut publik mereka dalam beberapa bulan mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper