Evora GT410 Sport Edisi Spesial Tandai Unit ke-100.000 Lotus

Lotus Cars meluncurkan model edisi khusus Jim Clark Trust Lotus Evora GT410 Sport, yang merupakan unit Lotus ke 100.000, sekaligus menandai perayaan ke 70 tahun pabrikan mobil ikonik asal Inggris itu.
Fatkhul Maskur | 25 Agustus 2018 13:10 WIB
Janda Clive Chapman, dan anaknya Hazel Chapman menyaksikan Evora GT410 Sport edisi terbatas. - LOTUS CARS

Bisnis.com, NORWICH - Lotus Cars meluncurkan model edisi khusus Jim Clark Trust Lotus Evora GT410 Sport, yang merupakan unit Lotus ke 100.000, sekaligus menandai perayaan ke 70 tahun pabrikan mobil ikonik asal Inggris itu.

Seperti dikutip dalam siaran pers Lotus, Kamis (23/8/2018), Evora GT410 Sport adalah perpaduan antara kemampuan dan gaya. Menggambar dari stablemate yang lebih kuat, Evora GT430 menggabungkan banyak elemen berkinerja tinggi namun tetap memiliki profil lebih halus dan bersahaja.

Ditempa melalui proses evolusi terus menerus, Evora GT410 Sport menggabungkan panel depan dan belakang bodi depan yang dirancang khusus dan aerodinamika canggih, sehingga coupe kelas-GT menghasilkan hingga 96kg downforce.

Seperti semua Evora berperforma tinggi, serat karbon yang terlihat-menenun memainkan peran yang cukup besar dalam konstruksi mobil, memungkinkan bobot kering hanya 1.256 kg.

Evora GT410 Sport didukung oleh versi khusus mesin 6 liter supercharged, 3,5 liter yang dikalibrasi khusus. Dengan pendingin muatan air-ke-udara terintegrasi, ia menghasilkan 410 hp pada 7000 rpm dan 420 Nm torsi dari 3500 rpm, memungkinkan Evora GT410 Sport untuk berlari dari 0-60 mph hanya dalam 3,9 detik

Sebagai alternatif dari gearbox manual 6-kecepatan apik Lotus, dengan jenis terbatas slip differential Torsen (LSD), Evora GT410 Sport dapat dipesan dengan transmisi otomatis, yang sedikit lebih cepat melalui roda gigi.

Gearbox 6-kecepatan otomatis menggunakan ECU yang dioptimalkan untuk perubahan ultra-cepat dan pemilihan gigi dilakukan melalui paddles aluminium ringan yang dipasang ke roda kemudi.

Colin Chapman, pendiri Lotus Cars, membangun mobil kompetisi pertamanya pada 1948, mengikuti teorinya sendiri untuk meningkatkan kinerja. Dia membentuk Lotus Engineering pada 1952, dan dari sana perusahaan terus berinovasi untuk mobil jalan raya dan mobil balap.

Hazel Chapman, anak Colin Chapman, adalah investor pertama Lotus.

Colin Chapman membayangkan dan merekayasa ulang Austin Seven untuk menciptakan Lotus pertama - Mark I. Dibantu Hazel, Colin menyelesaikan mobil pada musim semi 1948 dan segera menguji-coba. Hazel di kursi penumpang dan Colin di belakang kemudi.

Dari garasi kecil di pinggiran London itu, Hazel dan Colin bekerja ketika bisnis tumbuh dan menemukan ketenaran. Dia bahkan berperan membangun situs perusahaan saat ini di Hethel, mengerjakan tata letak dan desain, lantara pangkalan udara yang lama dibangun kembali sebagai markas Lotus dan fasilitas manufaktur.

Terinspirasi oleh Lotus Elan pertama, yang dikemudikan pebalap Jim Clark Trust pada 1960-an, Evora baru dibangun di situs Hethel, markas Lotus selama 50 tahun terakhir.

Saat ini Lotus Cars punya tiga induk perusahaan, yakni Proton Holdings, Geely, Group Lotus PLC.

Tag : Lotus Cars
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top