Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Data Otomotif, Gaikindo Siap Dialog dengan KPPU

Asosiasi otomotif mengaku siap berdialog dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait pengumpulan data oleh asosiasi. Asosiasi mengaku pengumpulan data merupakan amanat Peraturan Menteri Keuangan No.228/2017.
Pabrik Mobil. /Reuters UK
Pabrik Mobil. /Reuters UK

Bisnis.com, TANGERANG - Asosiasi otomotif mengaku siap berdialog dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait pengumpulan data oleh asosiasi. Asosiasi mengaku pengumpulan data merupakan amanat Peraturan Menteri Keuangan No.228/2017.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto mengatakan, asosiasi bekerja sesuai aturan pemerintah. Pengumpulan data dilakukan untuk memberikan informasi kepada pemerintah khususnya Ditjen Pajak terkait perkembangan industri.

"Cek aja lampiran PMK 228/2018 di situ jelas menulis Gaikindo mengumpulkan data," ujarnya di Tangerang, Senin (06/08/2018).

Jongkie menuturkan, setelah GIIAS 2018, Gaikindo akan bertemu dengan KPPU untuk membahas terkait masalah data. Menurutnya, KPPU mungkin melihat adanya potensi pelanggaran khususnya bersekongkol antara sesama pelaku usaha.

Dia mengaku tidak tahu apa potensi yang dimaksudkan sehinggga akan berdialog dengan KPPU. Gaikindo pada prisipnya, papar Jongkie, bertugas untuk menjembatani APM dengan pemerintah dan tidak memihak kepada salah satu negara ataupun kelompok usaha.

"Kita tujuannya jembatan antara pemerintah dan APM, kita gak memihak pada negara atau kelompok usaha," paparnya.

Adapun, pada lampiran PMK 228, Gaikindo masuk dalam asosiasi yang diatur untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan antara lain produksi, merek, model, hingga ekspor dan impor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper