Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Xpander Sukses Antar Mitsubishi Indonesia Berjaya di Pasar Dunia

Bagi Mitsubishi Indonesia sendiri, Xpander telah mengangkat nama baik pasar otomotif Mitsubishi Indonesia dengan kesuksesan menjadi pasar nomor satu bagi Mitsubishi secara global.
Head of Sales & Marketing Group PT.Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales   Indonesia (MMKSI), Imam Choeru Cahya (kedua dari kiri) dan Deputy Group Head of Planning & Communication Group MMKSI, Intan   Vidiasari (paling kanan), dalam sesi temu media di booth Mitsubishi   Motors GIIAS 2018 di ICE BSD City Tangerang Selatan Banten, akhir   pekan lalu.
Head of Sales & Marketing Group PT.Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Imam Choeru Cahya (kedua dari kiri) dan Deputy Group Head of Planning & Communication Group MMKSI, Intan Vidiasari (paling kanan), dalam sesi temu media di booth Mitsubishi Motors GIIAS 2018 di ICE BSD City Tangerang Selatan Banten, akhir pekan lalu.

Bisnis.com, JAKARTA - Bintang baru di jejeran model mobil Mitsubishi, Xpander, terbukti menjadi amunisi efektif bagi Mitsubishi Motors. Tidak hanya untuk pasar domestik di Indonesia, tetapi juga bagi pasar global.

Bagi Mitsubishi Indonesia sendiri, Xpander telah mengangkat nama baik pasar otomotif Mitsubishi Indonesia dengan kesuksesan menjadi pasar nomor satu bagi Mitsubishi secara global.

Laporan per Juni yang dirilis MMC di website mitsubishi-motors.com mencantumkan Top 10 Mitsubishi Motors Markets.

Top 10 Mitsubishi Motors Markets
1. Indonesia
2. China
3. AS
4. Jepang
5. Australia
6. Thailand
7. Filipina
8. Jerman
9. Rusia
10. Inggris
Sumber: MMC

Pada periode semester pertama tersebut, MMC mengoleksi penjualan sebanyak 616.648 unit di seluruh dunia. Dan salah satu penyumbang kontribusi utama adalah small MPV Xpander, yang diekspor Mitsubishi Indonesia ke Filipina sejak April tahun ini.

Model fenomenal ini telah sukses menggeser dominasi Toyota Avanza, yang selama bertahun-tahun lamanya menguasai pangsa pasar segmen Small MPV di Tanah Air.

Kesuksesan Mitsubishi secara global tersebut sejalan dengan suksesnya di pasar domestik Indonesia. Data penjualan wholesales (pengiriman dari pabrikan ke diler) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) periode Januari-Juni 2018 mengkonfirmasi hal tersebut.

Laporan itu menunjukkan posisi Mitsubishi sudah berada di peringkat ke-2 dengan total penjualan sebanyak 100.122 unit atau menguasai pasar sebesar 18,1%, posisi tersebut secara tradisional diisi oleh Honda atau Daihatsu.

Dari total penjualan tersebut, Xpander menyumbang kontribusi sebanyak 39,%, memimpin pangsa pasar di segmen small MPV.

Manajemen Mitsubishi Indonesia bangga dan mensyukuri atas pencapaian tersebut. Namun tidak ingin lupa diri dengan terus melakukan ekspansi dan terobosan pasar agar prestasi tersebut minimal dapat dipertahankan.

"Syukur-syukur bisa ditingkatkan," kata Deputy Group Head of Planning & Communication Group PT.Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Intan Vidiasari, dalam sesi temu media di booth Mitsubishi Motors GIIAS 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Banten,.

Sejak diluncurkan di GIIAS 2017, Xpander telah mengoleksi penjualan sebanyak 60.000 unit. Dan kini terjual sebanyak 6.000-7.000 per unitnya.

Pihak Mitsubishi bertekad keras mempertahankan prestasi penjualan yang telah ditorehkan tersebut melalui serangkaian upaya diantaranya peluncuran varian-varian terbaru dan ekspansi pasar untuk semua model kendaraan.

"Kami pasti akan merespons kebutuhan pasar yang diinginkan konsumen dan salah satu wujudnya, kami meluncurkan 2 varian terbaru yakni Xpander Sport M/T dan Xpander GLS A/T. Selain pembaruan produk, kami juga akan terus melakukan ekspansi pasar misalnya dengan memperluas segmentasi," ujar Head of Sales & Marketing Group MMKSI, Imam Choeru Cahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper