Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WGI Targetkan Penjualan Pelumas Evalube Naik 20%

PT Wiraswasta Gemilang Indonesia menargetkan pertumbuhan penjualan oli Evalube di pasar ritel otomotif mencapai 20% pada penghujung tahun ini.

Bisnis.com, TANGERANG - PT Wiraswasta Gemilang Indonesia menargetkan pertumbuhan penjualan oli Evalube di pasar ritel otomotif mencapai 20% pada penghujung tahun ini.

Ivan Rastianto, Marketing Manager PT Wiraswasta Gemilang Tarigan, mengatakan pihaknya masih optimistis dengan kondisi pasar pada semester kedua tahun ini.

"Tren penjualan kendaraan lebih baik dari tahun lalu," kata Ivan di Tangerang, Senin (6/8/2018).

Tren penjualan kendaraan bermotor mobil baik roda empat maupun roda yang lebih baik dibandingkan tahun lalu serta perbaikan distribusi yang akan dilakukan di luar Pulau Jawa membuat perusahaan optimistis pada penjualan enam bulan kedua tahun ini.

Kemudian, perusahaan juga memiliki beberapa strategi produk baru yang juga dapat mendongkrak penjualan perusahaan hingga pengujung 2018.

Dia menjelaskan, pihaknya akan memaksimalkan varian atau produk-produk tertentu yang belum maksimal di luar pulau Jawa seperti Kalimantan

Perusahaan, ujarnya mencatatkan penjualan oli otomotif pada enam bulan pertama tahun ini mengalami peningkatan sebesar 5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Dia enggan menyebutkan volume penjualan olinya.

Pertumbuhan penjualan pada semester pertama tahun ini dapat terjadi - salah satunya - karena penjualan mobil dan motor lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Selain itu, para pedagang atau toko-toko penjual oli menggenjot penjualannya menjelang lebaran yang jatuh pada Juni 2018. Kondisi tersebut membuat penjualan ritel otomotif mengalami pertumbuhan pada semester pertama tahun ini.

Dia menuturkan, kontribusi penjualan oli kendaraan roda dua terhadap total penjualan ritel ototomotif perusahaan masih menjadi yang terbesar, yakni mencapai 70%. Sementara kontribusi penjualan oli roda empat mencapai 30%.

Oleh karena itu, ujarnya potensi pasar penjualan oli untuk kendaraan roda empat masih besar mengingat kontribusi penjualan oli evalube untuk mobil baru 30%.

TUNGGU PASAR

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat menjadi sekitar Rp14.500 sebenarnya membuat biaya mengalami peningkatan.

Akan tetapi, perusahaan belum memiliki rencana untuk menaikkan harga produk oli untuk kendaraan yang dijualnya.

Ivan mengungkapkan, pihaknya belum memiliki rencana untuk menaikkan harga oli kendaraan yang dijualnya karena pemain lainnya belum menaikkan harga.

Saat ini, pangsa pasar Evalube di pasar domestik baru 9%. Oleh karena itu, pihaknya tidak bisa menaikkan harga ketika merek lainnya belum melakukan penyesuaian akibat pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper