Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bosch dan Daimler Jadikan California Percontohan Mobilitas Otonom

Bosch dan Daimler mempercepat pengembangan pengemudian yang sepenuhnya otomatis dan tanpa pengemudi (SAE Level 4/5) di kota dan telah menentukan arah pasti dengan memilih California sebagai lokasi percontohan untuk armada uji pertama.
Proyek mobilitas otonom Bosch dan Daimler. /Daimler
Proyek mobilitas otonom Bosch dan Daimler. /Daimler

Bisnis.com, STUTTGART - Bosch dan Daimler mempercepat pengembangan pengemudian yang sepenuhnya otomatis dan tanpa pengemudi (SAE Level 4/5) di kota dan telah menentukan arah pasti dengan memilih California sebagai lokasi percontohan untuk armada uji pertama.

Pada paruh kedua 2019, Bosch dan Daimler akan menawarkan kepada pelanggan sebuah layanan antar-jemput dengan kendaraan otomatis pada rute yang dipilih di kota metropolitan California.

Layanan Daimler Mobility dipertimbangkan sebagai operator armada uji ini dan layanan mobilitas berbasis aplikasi.

Proyek percontohan ini akan mendemonstrasikan bagaimana layanan mobilitas, seperti berbagi mobil (Car2go), wahana naik (Mytaxi) dan platform multi-modal (Moovel) dapat terhubung secara cerdas untuk membentuk masa depan mobilitas. Selain itu, para mitra telah memutuskan perusahaan teknologi AS Nvidia sebagai pemasok platform kecerdasan buatan sebagai bagian dari jaringan unit kontrol mereka.

Untuk pengembangan bersama sistem mengemudi kendaraan yang sepenuhnya otomatis dan tanpa pengemudi, Bosch dan Daimler mengandalkan keahlian otomotif mereka yang terkumpul selama beberapa dekade untuk membawa inovasi yang matang dan aman ke pasar.

Kedua perusahaan dipandu oleh filosofi bersama, "Faktor penentunya adalah untuk memperkenalkan sistem yang aman, dapat diandalkan, dan matang," kata Michael Hafner, Kepala Penggerak Otomatis di Daimler AG. “Keselamatan memiliki prioritas tertinggi, dan merupakan tema konstan dari semua aspek dan tahap pengembangan dalam perjalanan menuju awal seri produksi. Jika ragu, ketelitian datang sebelum kecepatan."

Stephan Hönle, Senior Vice President Business Unit Automated Driving di Robert Bosch GmbH., mengatakan bahwa mengembangkan penggerak otomatis ke tingkat yang siap untuk seri produksi seperti dekaton (dasalomba) itu tidak cukup dalam satu atau dua area.  "Seperti kami, Anda harus menguasai semua disiplin ilmu. Hanya dengan begitu kita akan berhasil membawa pengemudian otomatis ke jalan dan kota dengan selamat," ujarnya.

Bosch dan Daimler Jadikan California Percontohan Mobilitas Otonom

Dalam Milidetik

Faktor penentu untuk mengemudi sepenuhnya otomatis dan tanpa pengemudi di lingkungan perkotaan adalah pengakuan yang andal terhadap lingkungan kendaraan dengan bantuan berbagai sensor.  Menganalisis dan menafsirkan berbagai data yang masuk dan menerjemahkannya ke dalam perintah mengemudi dalam waktu yang sangat singkat membutuhkan daya komputasi yang sangat besar - kendaraan tanpa pengemudi dan otomatis akan menjadi komputer super seluler.

Pada saat yang sama, pengemudian kendaraan tanpa pengemudi dan otomatis di kota membutuhkan arsitektur sistem yang serba guna dan redundan, serta tingkat keamanan fungsional tertinggi. Untuk mencapai tingkat keamanan ini, operasi komputasi yang diperlukan dilakukan secara paralel di sirkuit yang berbeda. Ini berarti bahwa sistem memiliki jalan pintas instan ke hasil komputasi paralel ini bila diperlukan.

Untuk sistem pengendaraan mereka, Bosch dan Daimler bergantung pada jaringan unit kontrol yang terdiri dari beberapa unit kontrol individual. Perusahaan teknologi AS Nvidia menyediakan platform yang diperlukan untuk ini, yang dapat menjalankan algoritma Artificial Intelligence (AI) yang dibuat oleh Bosch dan Daimler untuk pergerakan kendaraan.

Jaringan unit kontrol mengumpulkan data dari semua sensor dengan teknologi radar, video, lidar dan ultrasound (sensor data fusion), mengevaluasinya dalam milidetik, dan merencanakan pergerakan kendaraan. Secara keseluruhan, jaringan unit kontrol memiliki kapasitas komputasi ratusan triliun operasi per detik.

Kota Percontohan

Daimler dan Bosch memasang jaringan unit kontrol pada armada kendaraan yang akan digunakan di jalan California pada paruh kedua 2019. Tidak hanya itu: Kedua perusahaan akan menawarkan kepada pelanggan layanan layanan antar-jemput otomatis pada rute tertentu di kota yang terletak di San Francisco Bay di Silicon Valley. Operasi uji akan memberikan informasi tentang bagaimana kendaraan yang sepenuhnya otomatis dan tanpa pengemudi dapat diintegrasikan ke dalam jaringan transportasi multi-moda.

Banyak kota menghadapi banyak tantangan yang semakin membebani sistem transportasi, dan tes ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana teknologi baru ini dapat menjadi solusi bagi tantangan tersebut.

Mobilitas Lebih Menarik

Dengan kerja sama pengembangan pengemudian sepenuhnya otomatis dan tanpa pengemudi di lingkungan perkotaan yang dimulai pada April 2017, Bosch dan Daimler berharap bisa meningkatkan arus lalu lintas di kota-kota, meningkatkan keselamatan di jalan, dan menyediakan blok bangunan penting untuk cara lalu lintas akan bekerja di masa depan.

Teknologi ini akan, antara lain, meningkatkan daya tarik berbagi mobil. Selain itu, ini akan memungkinkan orang untuk memanfaatkan sebaik mungkin waktu mereka di dalam kendaraan, dan membuka peluang mobilitas baru bagi orang-orang tanpa SIM, misalnya. Kendaraan datang ke pengemudi, bukan sebaliknya, sopir ke kendaraan. Dalam area kota yang ditentukan, pengguna dapat dengan mudah memesan mobil mobil-sharing atau kendaraan yang dikendarai tanpa driver.

Proyek ini secara khusus menggabungkan keseluruhan keahlian kendaraan dan mobilitas dari salah satu produsen premium terkemuka di dunia ini dengan keahlian sistem dan perangkat keras dari salah satu pemasok terbesar di dunia. Tujuan sinergi berikutnya adalah untuk memperkenalkan teknologi baru secara dini dan sepenuhnya divalidasi.

 

Bosch dan Daimler Jadikan California Percontohan Mobilitas Otonom

 

Berbagi Ruang Kantor

Karyawan Bosch dan Daimler bekerja bersama dalam tim di dua wilayah. Di wilayah Stuttgart yang lebih besar di Jerman dan di sekitar Sunnyvale di Silicon Valley di selatan San Francisco di AS. Karyawan dari kedua perusahaan berbagi ruang kantor yang sama. Ini memastikan komunikasi cepat di seluruh disiplin kerja dan jalur pengambilan keputusan yang pendek.

Pada saat yang sama mereka memiliki akses ke seluruh pengetahuan rekan kerja di perusahaan induk. Para mitra sama-sama membiayai pekerjaan pengembangan. Personil dalam kerjasama ini bersama-sama mengembangkan konsep dan algoritma untuk sistem penggerak tanpa pengemudi yang sepenuhnya otomatis.

Tugas Daimler adalah membawa sistem penggerak ke dalam mobil. Untuk tujuan ini, perusahaan menyediakan kendaraan pengembangan yang diperlukan, fasilitas pengujian dan kemudian kendaraan untuk armada uji. Bosch bertanggung jawab untuk komponen (sensor, aktuator dan unit kontrol) yang ditentukan selama pekerjaan pengembangan. Untuk tujuan pengujian, mitra menggunakan laboratorium dan alat uji mereka, ditambah situs uji mereka masing-masing di Immendingen dan Boxberg.

Selanjutnya, sejak 2014 Mercedes-Benz memiliki persetujuan untuk menguji kendaraan otomatis di wilayah Sunnyvale / California. Perusahaan ini juga memiliki persetujuan yang sebanding untuk wilayah Sindelfingen / Böblingen sejak 2016. Bosch adalah pemasok otomotif pertama di dunia yang menguji mengemudi otomatis di jalan umum di Jerman dan di AS pada awal 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper