Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota AI Tawarkan Pendanaan Startup Robotika Hingga US$2 Juta

Perusahaan modal ventura berbasis Silicon Valley, Toyota AI Ventures, meluncurkan seruan inovasi global dalam kemitraan dengan Toyota Research Institute (TRI).
Toyota pacu pengembangan teknologi robotik. /Toyota AI Venture
Toyota pacu pengembangan teknologi robotik. /Toyota AI Venture

Bisnis.com, CALIFORNIA - Perusahaan modal ventura berbasis Silicon Valley, Toyota AI Ventures, meluncurkan "seruan inovasi" global dalam kemitraan dengan Toyota Research Institute (TRI).

Dirancang untuk memacu inovasi kewirausahaan dengan mengidentifikasi kesenjangan teknologi kunci, inisiatif ini menawarkan peluang bagi startup untuk mendapatkan pendanaan US$500.000 hingga US$2 juta dalam pendanaan modal ventura dari Toyota AI Ventures, serta kemungkinan bermitra pada bukti proyek konsep dengan TRI.

Panggilan pertama, yang dikembangkan bersama dengan kelompok robot kelas dunia TRI, berfokus pada peningkatan teknologi manipulasi seluler untuk robot bantu yang dapat membantu orang di dalam dan di sekitar rumah. Panggilan masa depan dapat mengatasi tantangan teknologi di bidang lain yang sedang dikerjakan TRI sebagai bagian dari penelitiannya dalam robotika dan mengemudi otomatis, seperti persepsi, pembelajaran mesin, atau simulasi.

"Dengan panggilan untuk inovasi, kami mencari pengusaha yang berbakat dan ulet yang cukup berani untuk menyelesaikan beberapa masalah terberat, dan membawa mereka ke pasar," kata Jim Adler, Managing Director Toyota AI Ventures, Rabu (11/7/2018). "Sebuah startup mungkin bekerja pada teknologi untuk produk terkait, atau seorang pengusaha mungkin ingin memulai sebuah perusahaan tetapi dia belum melakukannya. Kami berharap panggilan ini akan mendorong para inovator untuk mengambil risiko."

Sejak meluncurkan dana awal US$100 juta setahun yang lalu untuk berinvestasi di startup tahap awal yang difokuskan pada kecerdasan buatan (AI), cloud, data, mobilitas otonom, dan robotik, Toyota AI Ventures telah dengan cepat mengembangkan portofolionya. Sampai saat ini, perusahaan telah mengumumkan 11 perusahaan portofolio, termasuk Blackmore, Boxbot, Connected Signals, Intuition Robotics, Joby Aviation, May Mobility, Metawave, Nauto, Realtime Robotics, dan SLAMcore.

Investasi terbarunya adalah dalam Embodied.me, robotika dan perusahaan AI yang mengembangkan robot pendamping yang bertujuan untuk merevolusi perawatan dan kesejahteraan dengan meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

Panggilan inovasi pertama ini terbuka untuk peranti keras dan peranti lunak di seluruh dunia yang telah (1) mengumpulkan dana kurang dari US$3 juta; (2) dapat menunjukkan solusi mereka melalui prototipe kerja; dan (3) memiliki model bisnis yang kuat untuk memberikan nilai kepada pelanggan. Contoh solusi manipulasi seluler di perangkat keras termasuk senjata yang aman dan ringan; Grippers dirancang untuk tugas sehari-hari yang umum; dan teknologi untuk penginderaan taktil yang lebih baik.

Solusi perangkat lunak dapat mencakup cara-cara untuk mengimbangi perangkat keras dengan ketelitian yang lebih rendah dan lebih rendah; algoritma untuk belajar dari atau membubuhi keterangan data; dan cara menerapkan pembelajaran dari simulasi.

"Robotika mulai memiliki dampak besar dalam otomasi industri, tetapi kami melihat celah ketika menyangkut robotika bantu di dalam dan di sekitar rumah," jelas Max Bajracharya, Direktur Robotika di TRI dan Kepala Tim Teknologi Manipulasi Seluler. "Ada kebutuhan akan teknologi inovatif dan model bisnis yang akan membantu kita mencapai tujuan akhir pembuatan robot yang aman, terjangkau, dan berguna bagi orang-orang biasa."

Toyota AI Ventures menerima aplikasi untuk panggilan ini hingga akhir Oktober, dan pengajuan akan ditinjau secara bergulir. Startup yang memenuhi syarat akan dievaluasi berdasarkan tim, teknologi, model bisnis, dan strategi go-to-market mereka, dan akan tunduk pada ketekunan standar sebelum investasi apa pun dibuat.

Toyota AI Ventures adalah anak perusahaan modal ventura dari Toyota Research Institute (TRI) yang berbasis di Silicon Valley yang berinvestasi di perusahaan-perusahaan pemula yang menjanjikan dari seluruh dunia. Dana ini berfokus pada perusahaan yang mengembangkan solusi dalam kecerdasan buatan (AI), robotika, mobilitas otonom, data, dan teknologi cloud yang berbagi misinya untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia melalui AI.

Adapun Toyota Research Institute adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Toyota Motor North America di bawah arahan Dr. Gill Pratt. Perusahaan, yang didirikan pada tahun 2015, bertujuan untuk memperkuat struktur riset Toyota dan memiliki empat mandat awal: 1) meningkatkan keselamatan mobil, 2) meningkatkan akses ke mobil kepada mereka yang tidak dapat mengemudi, 3) menerjemahkan keahlian Toyota dalam menciptakan produk untuk di luar ruangan mobilitas menjadi produk untuk mobilitas dalam ruangan, dan 4) mempercepat penemuan ilmiah dengan menerapkan teknik dari kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin. TRI berbasis di Amerika Serikat, dengan kantor di Los Altos, Calif., Cambridge, Mass., Dan Ann Arbor, Mich. Untuk informasi lebih lanjut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper