Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teknologi ABS Kini Tersedia untuk Bosch eBike

Dari pesawat terbang ke mobil hingga sepeda motor, dan sekarang untuk eBikes, sistem pengereman anti-lock (ABS) memiliki dampak yang menentukan pada berbagai sarana transportasi dan telah meningkatkan keselamatan.
Bosch eBike dilengkapi dengan teknologi ABS. /Bosch
Bosch eBike dilengkapi dengan teknologi ABS. /Bosch

Bisnis.com, STUTTGART - Dari pesawat terbang ke mobil hingga sepeda motor, dan sekarang untuk eBikes, sistem pengereman anti-lock (ABS) memiliki dampak yang menentukan pada berbagai sarana transportasi dan telah meningkatkan keselamatan.

Pada akhir 2018, ABS untuk pedelec menjadi tersedia secara komersial pada model tertentu. Dengan ini, Bosch membuka babak baru dalam kisah sukses sistem pengereman anti-lock. Empat puluh tahun telah berlalu sejak Bosch membawa ABS siap produksi pertama di dunia untuk mobil ke pasar, awalnya sebagai fitur tambahan di Mercedes-Benz S-Class. Dalam terang ini, Bosch memiliki istilah ABS yang dipatenkan.

Pada 1936, perusahaan teknologi Stuttgart ini mengajukan paten untuk "perangkat untuk mencegah rem roda kendaraan dari penguncian". Sejak penemuannya, sistem menjadi lebih kecil, lebih ringan dan lebih kuat.

Bosch telah membuat sistem pengereman anti-lock untuk sepeda motor sejak 1995, dan sekarang untuk eBike juga.

Claus Fleischer, CEO Bosch eBike Systems, mengatakan ada potensi besar, "Keselamatan merupakan faktor penting dalam memastikan bahwa bentuk tren mobilitas ini menjadi berkelanjutan di pasar. Saya yakin bahwa ABS akan menjadi perlengkapan standar pada pedelec kelas atas. Dalam beberapa tahun, sebagian besar kota dan trekking eBikes akan dilengkapi dengan ABS. "

Pengereman Lebih Aman

ABS telah menjadi sangat penting dalam mobil. Hari ini, pemasangan ABS di kendaraan baru bahkan wajib di Eropa. Namun, telah terbukti bahwa sistem juga masuk akal untuk eBike.

Penelitian kecelakaan Bosch menunjukkan bahwa sistem pengereman anti-lock mencegah hampir satu dari empat kecelakaan pedelec dan mengurangi jumlah kecelakaan yang melibatkan cedera serius.

Penggunaan rem yang salah sering memainkan peran sentral dalam penyebab kecelakaan. Saat mengerem, banyak pengendara sepeda mengabaikan rem depan yang menghasilkan aksi pengereman jauh lebih tinggi daripada rem belakang. Alasannya adalah ketakutan akan crash. ABS menangkal risiko ini karena rem dapat digunakan lebih efisien. Hal ini mengurangi jarak pengereman dan risiko tabrakan dan rollover.

Teknologi ABS Kini Tersedia untuk Bosch eBike

ABS untuk Sepeda, Bagaimana Cara Kerjanya?

Dengan ABS roda depan, sensor kecepatan roda memantau kecepatan kedua roda. Ketika roda depan berada di ambang penguncian, Bosch eBike ABS mengontrol tekanan rem. ABS bereaksi lebih cepat daripada pengendara lain.

Secara khusus, pedelec dapat dikendalikan dengan lebih baik dan terhenti pada kondisi jalan yang licin dan tanah basah yang gembur. Kontrol pengangkatan roda belakang adalah fungsi lain dari Bosch eBike ABS. Ini mengurangi kemungkinan roda belakang mengangkat tanah saat menerapkan rem secara agresif.

Inilah cara kerjanya: Sensor kecepatan roda mendeteksi pengangkatan roda belakang melalui perubahan mendadak pada kecepatan roda. Ini menghasilkan pengaturan jumlah gaya pengereman yang diterapkan pada roda depan.

Bosch eBike ABS secara singkat mengurangi gaya pengereman pada roda depan sehingga roda belakang dengan cepat mendapatkan kembali kontak ground. Hal ini mengurangi kemungkinan eBiker terbang di atas stang.

Interplay Sempurna

Rem hidrolik dan sistem pengereman elektronik sangat cocok. Bosch mengembangkan ABS eBike bersama dengan mitra lama Magura, yang menyediakan sistem pengereman khusus dengan Magura CMe ABS.

Komponen eBike dan ABS harus selaras satu sama lain sebagai sistem seoptimal mungkin. Untuk alasan ini, pembuat sepeda hanya membangun ABS langsung di eBike. Perkuatan tidak mungkin. Sumber daya sistem pengereman anti-lock adalah baterai eBike.

Namun, ABS tidak memiliki efek yang nyata pada kisaran baterai karena daya hanya digunakan ketika ABS secara aktif mengendalikan proses pengereman. Selain itu, memastikan bahwa ABS, lampu dan layar juga berjalan dalam mode cadangan. Fungsi-fungsi yang berhubungan dengan keselamatan ini hanya akan dimatikan ketika cadangan telah digunakan.

Akhir dari mode cadangan ditunjukkan oleh lampu indikator ABS berkedip sebentar. Rem kemudian beroperasi sebagai rem konvensional.

Teknologi ABS Kini Tersedia untuk Bosch eBike

Keselamatan Lebih Dulu

Bosch eBike Systems mengambil langkah lain menuju siklus aman dengan ABS dan sistem elektronik. Ini juga termasuk komputer on-board. Saat ini, Bosch menampilkan, misalnya, menyediakan semua informasi seperti kecepatan, irama, atau jangkauan sekilas.

Saat mengoperasikan eBike, eBiker menjaga kedua tangan di stang dan mengontrol komputer on-board dengan mudah dan nyaman melalui unit kontrol terpisah selama perjalanan.

"Keselamatan adalah prioritas tertinggi untuk Bosch. Kami bekerja terus-menerus pada peningkatan produk keamanan. Pada prinsipnya, banyak hal yang sekarang standar untuk mobil juga mungkin untuk sepeda motor karena unsur-unsur fundamental, seperti pasokan listrik dan kecerdasan, sudah di papan dalam bentuk sensor," kata Fleischer.

Teknologi ABS Kini Tersedia untuk Bosch eBike

Fakta & angka tentang ABS Bosch eBike

- Ketersediaan: Tersedia untuk pembelian di Eropa mulai musim gugur 2018
- Pencarian dealer: www.bosch-ebike.com/dealers
- Mulai Musim Semi 2018: Fase peluncuran dengan mitra armada Centurion, Cresta, Flyer, Kalkhoff, dan Riese & Müller
- Berat: kira-kira. 800 gram
- Komponen: ABS control unit, ABS control light, ABS wheel speed sensors (depan dan belakang), Magura rem CMe ABS dengan sensor disk
- Fungsi: Sistem pengereman anti-lock di roda depan
- Kontrol pengangkatan roda belakang yang cerdas
- Pengalihan otomatis dengan komputer on-board
- Manfaat: Mengoptimalkan stabilitas dan kemampuan manuver berkendara
- Kurangnya kesempatan pengendara terbang di atas setang
- Penggunaan rem lebih efisien
- Keamanan yang lebih besar
- Lebih banyak kenikmatan berkendara
- Harga: Harga ditentukan oleh pabrikan sepeda
- Pabrikan: E BIKE Mahir, Flyer, KTM, Riese & Müller, ZEG (Zemo) dll.
- Pilihan retrofitting: Tidak, hanya tersedia sebagai peralatan asli
- Kompatibilitas: kota 28-inci dan eBikes trekking yang dikombinasikan dengan semua sistem penggerak Bosch eBike

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper