Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nissan dan Italdesign Pamerkan Prototipe GT-R50 Edisi Sangat Terbatas

Nissan dan Italdesign telah menciptakan kendaraan prototipe baru, Nissan GT-R50 by Italdesign, dalam kolaborasi pertama mereka.
Prototipe Nissan GT-R50 by ItalDesign. /Nissan
Prototipe Nissan GT-R50 by ItalDesign. /Nissan

Bisnis.com, TURIN - Nissan dan Italdesign telah menciptakan kendaraan prototipe baru, Nissan GT-R50 by Italdesign, dalam kolaborasi pertama mereka. Berbasis model produksi 2018 Nissan GT-R NISMO, mobil unik ini didedikasikan untuk memperingati ulang tahun ke-50 dari GT-R dan Italdesign dan akan memulai debutnya di Eropa, bulan depan.

"Seberapa sering Anda bertanya, Bagaimana jika kami membuat GT-R tanpa batas, dan kemudian benar-benar membangunnya?" kata Alfonso Albaisa, Wakil Presiden Senior Nissan untuk Desain Global, dalam keterangan pers Nissan, Jumat (29/6/2018).

Dia mengatakan bahwa kendaraan prototipe tersebut hadir untuk menyambut dua momentum besar yang bersinggungan, yakni 50 tahun Italdesign membentuk dunia otomotif dan 50 tahun Nissan menghasilkan kegembiraan melalui GT-R yang ikonik. "Jadi untuk merayakan konvergensi ini, Nissan dan Italdesign menciptakan GT-R custom ini untuk menandai 50 tahun kepemimpinan teknik rekayasa."

Italdesign mengembangkan, merekayasa dan membangun mobil. Desain eksterior dan interior yang berbeda, dan ringan diciptakan oleh tim di Nissan Design Europe di London dan Nissan Design America.

Nissan dan Italdesign Pamerkan Prototipe GT-R50 Edisi Sangat Terbatas

Desain Terbaik

Mulai dari depan, Nissan GT-R50 by Italdesign menampilkan elemen dalam emas yang berbeda yang membentang di hampir lebar sepenuh kendaraan. Kapnya memiliki tonjolan daya yang lebih kuat, dan lampu depan LED tipis membentang dari lengkungan roda ke bibir di atas asupan pendinginan luar.

Mendominasi pandangan samping, garis atap yang khas telah diturunkan 54 milimeter dan memiliki bagian tengah yang lebih rendah, sedangkan bagian luar yang sedikit terangkat memberi profil atap tampilan yang berotot.

Logo GT-R di dekat bagian outlet pendingin di belakang roda depan lebih menonjol, dengan tatahan emas yang memanjang dari bagian bawah pintu ke garis bahu.

Bagian belakang menyoroti track lebar mobil dengan flare yang kencang dan berotot di sekitar roda. Garis bahu mengecil di sekitar pangkal jendela belakang dan menarik ke arah pusat tutup bagasi.

Dengan cara dramatis, garis jendela belakang turun lebih panjang dan lebih dalam dari pada mobil standar. Dikombinasikan dengan lebih banyak elemen emas, itu muncul sebagai elemen modular terpisah dari struktur belakang.

Lampu belakang kembar GT-R telah ditata ulang sebagai fitur "mengambang" terpisah dengan cincin cahaya tipis dan pusat berongga, dipasang sehingga bergabung dengan baning luar dan bagian tengah struktur bagasi.

Sayap belakang yang besar dan dapat disesuaikan, dipasang dengan dua uprights, melengkapi keseluruhan tampilan. Roda khusus - 21 x 10 inci di depan dan 21 x 10,5 inci di belakang menonjolkan posisi berani mobil. Eksterior selesai dalam cat Kinetik Cair Abu-abu dengan aksen ulang tahunan yang khas Energetic Sigma Gold.

Di dalam, Nissan GT-R50 by Italdesign mencerminkan silsilah modern berperforma tinggi. Dua lapisan serat karbon yang berbeda secara luas digunakan di konsol tengah, panel instrumen dan pelapis pintu, bersama dengan Alcantara hitam dan kulit Italia hitam halus di kursi.

Aksen emas menggemakan perawatan eksterior di seluruh panel instrumen, pintu, dan dasbor yang terinspirasi mobil balap futuristik. Sentral hub dan jari-jari roda kemudi yang dipesan lebih dahulu terbuat dari serat karbon, sementara pelek memiliki bagian bawah yang datar dan selaras Alcantara.

Nissan dan Italdesign Pamerkan Prototipe GT-R50 Edisi Sangat Terbatas

Kinerja Murni Plus

Di bawah bentuk baru, Nissan GT-R50 oleh Italdesign adalah semua bisnis. Berkat pengalaman balap GT3 Nissan, organisasi NISMO meningkatkan mesin 3.8-liter V6 VR38DETT buatan tangan untuk menghasilkan perkiraan 720pp dan torsi 780 Nm.

Perubahan pada pembangkit listrik termasuk optimisasi turbocharger turbin berdesain tinggi kembar, berdesain besar, dan intercooler yang lebih besar; crankshaft tugas berat, piston, batang penghubung dan bantalan; jet minyak piston aliran tinggi; profil camshaft yang direvisi; injektor bahan bakar aliran lebih tinggi; dan sistem pengapian, intake dan pembuangan yang dioptimalkan.

Transfle belakang enam-percepatan ganda kopling diperkuat dan diferensial yang lebih kuat dan poros penggerak mengarahkan daya ke roda.

Suspensi yang direvisi telah dikembangkan, menampilkan sistem peredaman BILSTEIN DampTronic I yang dapat disesuaikan secara terus menerus. Untuk pengereman, rem depan Brembo enam piston dan rem belakang empat piston menampilkan kaliber merah terang yang terlihat jelas. Ban Michelin Pilot Super Sport, berukuran 255/35 R21 di depan dan 285/30 R21 di belakang, menambah tingkat cengkeraman yang diperlukan untuk memanfaatkan tenaga mesin.

"Meskipun ini bukan GT-R generasi berikutnya, ini adalah perayaan yang menarik dari dua hari peringatan dengan cara yang provokatif dan kreatif - membungkus salah satu platform teknik terbaik Nissan dan desain Jepang dengan coachbuilding Italia," kata Albaisa.

Nissan dan Italdesign Pamerkan Prototipe GT-R50 Edisi Sangat Terbatas

Spesifikasi Kunci

Nissan GT-R 50 by Italdesign prototype

Base vehicle

Nissan GT-R NISMO

Overall length

4784mm / 188.3 inches  (Standard NISMO: 4690 mm / 184.6 in)

Overall width

1992mm / 78.4 inches  (Standard NISMO: 1895 mm / 74.6 in)

Overall height

1316mm / 51.8 inches  (Standard NISMO: 1370 mm / 53.9 in)

Wheelbase

2780mm / 109.4 inches  (identical)

Engine

3.8-liter VR38DETT by NISMO;
720 ps (estimated) @ 7100 rpm
780 N-m (estimated) @ 3600-5600 rpm

Driveline

Mid-mounted front engine / rear transaxle ATTESA E-TS all-wheel drive

Gearbox

Reinforced dual-clutch sequential 6-speed rear transaxle

Suspension

BILSTEIN DampTronic® I damping system

Brakes

Brembo, with 2-piece floating drilled disc
Front: 6-piston monoblock caliper; 390 x 32.6 mm
Rear: 4-piston monoblock caliper; 380 x 30mm

Wheels (inches)

Front: 21 x 10J
Rear: 21 x 10.5J

Tires

Michelin Pilot Super Sport; Front: 255/35 R21 Rear: 285/30 R21

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper