Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Motor dan Wartsila Kolaborasi Garap Baterai Mobil Listrik

Hyundai Motor Group (HMG) memilih Wrtsil untuk kemitraan teknologi dan komersial yang dirancang guna memanfaatkan baterai kendaraan listrik (EV) masa pakai kedua di pasar penyimpanan energi yang terus berkembang.
Kemitraan Hyundai Motor dan Wrtsil. /Hyundai
Kemitraan Hyundai Motor dan Wrtsil. /Hyundai

Bisnis.com, SEOUL - Hyundai Motor Group (HMG) memilih Wärtsilä untuk kemitraan teknologi dan komersial yang dirancang guna memanfaatkan baterai kendaraan listrik (EV) masa pakai kedua di pasar penyimpanan energi yang terus berkembang.

Kemitraan global akan menggabungkan ekspansi HMG dalam kendaraan listrik dengan bisnis energi yang berkembang di Wartsila, yang meliputi 67 GW pembangkit listrik terpasang dan teknologi penyimpanan energi canggih dan perangkat lunak yang dibuat melalui akuisisi Greensmith Energy.

Kemitraan ini akan menargetkan produk canggih penyimpan energi dan platform yang memaksimalkan baterai EV masa hidup kedua HMG untuk dikomersialkan di jaringan pelanggan dan saluran Wärtsilä yang ada di 177 negara secara global. Wartsila menjual hampir 4 GW pembangkit listrik pada 2017 di kedua negara maju dan berkembang di dunia.

Kemitraan ini akan menciptakan bisnis dan pasar yang berkembang untuk sistem penyimpanan energi canggih dan menargetkan aplikasi skala-utilitas dan komersial yang cocok untuk baterai EV masa hidup kedua.

Model bisnis dan kolaborasi yang terkait akan mengejar pembentukan rantai pasokan global yang berkelanjutan yang memanfaatkan hubungan OEM kunci untuk mengambil pendekatan holistik dari manufaktur baterai, aplikasi EV dan penyimpanan energi penyimpanan serta daur ulang bahan.

Youngcho Chi, Wakil Presiden Eksekutif Divisi Strategi & Teknologi dan Chief Innovation Officer Hyundai Motor Group, mengatakan bahwa penyimpanan energi adalah langkah logis berikutnya dalam penggunaan after-market baterai EV.

"Dengan repurposing produk-produk intensif sumber daya seperti baterai EV, kami menghilangkan biaya pembuangan dan memperluas nilai investasi R&D yang masuk ke manufaktur teknologi. HMG memperkuat kepemimpinannya dalam teknologi bersih dan berkelanjutan dengan berpartisipasi dalam bisnis energi baru," kata  Youngcho dalam siaran pers Hyundai, Selasa (26/6/2018).

Pada 2025, akan ada 29 GWh baterai EV second-life yang tersedia, jauh melebihi ukuran pasar penyimpanan stasioner hari ini, dengan 10 GWh saat ini tersedia untuk aplikasi penyimpanan. Ini menyajikan samudra biru dalam bisnis energi baru yang kemitraan antara HMG dan Wartsila bertujuan untuk memanfaatkan.

Hyundai Motor dan Wartsila Kolaborasi Garap Baterai Mobil Listrik

Wärtsilä melalui kemampuan dan pengalaman integrasi dari Greensmith Energy, akan mengembangkan pendekatan yang lebih bersih dan lebih kuat untuk aplikasi baterai masa pakai kedua untuk Hyundai Motor Group.

"Kemitraan strategis kami dengan Hyundai Motor Group mewakili visi siklus hidup Wärtsilä berusaha untuk memberikan kepada pelanggan dan mitra kami di seluruh dunia. Menggabungkan baterai EV masa pakai kedua ke dalam bisnis energi dan integrasi kami menegaskan komitmen mendalam kami untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan dengan teknologi cerdas," kata Javier Cavada,  Presiden Solusi Energi Wärtsilä.

Hyundai Motor Group sedang mengembangkan ESS level 1MWh yang menggunakan baterai masa pakai Hyundai IONIQ Electric dan Kia Soul EV dengan menggunakan teknologi eksklusifnya dan telah menerapkan proyek percontohan di pabrik Hyundai Steel.

Dimulai di AS, Greensmith Energy telah menyebarkan lebih dari 70 sistem skala grid di sembilan negara dan menawarkan platform perangkat lunak energi terkemuka industri yang disebut GEMS, sekarang di generasi kelimanya.

Sebagai perusahaan Wartsila, Greensmith mempercepat jangkauannya ke pasar global yang berkembang untuk penyimpanan energi terprogram dan memainkan peran kunci dalam visi Wartsila untuk memungkinkan pertumbuhan dan transisi menuju energi terbarukan melalui fleksibilitas, keandalan dan integrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper