Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Terhubung Jadi Standar Toyota di Jepang, Simak Layanannya

Crown dan Corolla Sport, sebagai generasi pertama Connected Cars, menjadi standar dengan Modul Komunikasi Data on-board (DCM) yang terhubung ke Controller Area Network (CAN).
Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation, mengumumkan e-Pallete, mobil konsep terbaru sepenuhnya otonom yang didesain untuk pengendaraan mengasyikkan, pengiriman paket barang, dan fungsi lainnya di CES di Las Vegas, Nevada, AS, 8 Januari 2018. /REUTERS-Rick Wilking
Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation, mengumumkan e-Pallete, mobil konsep terbaru sepenuhnya otonom yang didesain untuk pengendaraan mengasyikkan, pengiriman paket barang, dan fungsi lainnya di CES di Las Vegas, Nevada, AS, 8 Januari 2018. /REUTERS-Rick Wilking

Bisnis.com, TOYOTA CITY Masa depan layanan dan dukungan kendaraan tepat waktu telah tiba di Jepang dalam bentuk dua kendaraan Toyota yang terkenal Crown, kendaraan penumpang utama papan nama produksi, dan Corolla Sport, versi hatchback all-new Corolla, diluncurkan baru tahun ini.

Crown dan Corolla Sport, sebagai generasi pertama "Connected Cars," menjadi standar dengan Modul Komunikasi Data on-board (DCM) yang terhubung ke Controller Area Network (CAN).

Dengan menggunakan perangkat keras ini, Toyota dapat menyediakan berbagai layanan terhubung ke pelanggan T-Connect melalui Platform Layanan Mobilitas (MSPF) miliknya, infrastruktur informasi yang dikembangkan oleh perusahaan untuk Connected Cars.

Ke depan, Toyota bertujuan untuk melengkapi sebagian besar kendaraan penumpang baru di pasar domestik dengan DCM.

"Tujuan kami adalah untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan yang menggunakan data kendaraan yang diunggah ke platform layanan mobilitas kami," kata Shigeki Tomoyama, Wakil Presiden Eksekutif Toyota Motor Corporation dan Presiden Perusahaan Connected Toyota, dalam keterangan pers, Selasa (26/6/2018).

Dia menegaskan bahwa, "Yang penting, kami juga akan menggunakan konektivitas untuk mengubah cara kami bekerja dengan dealer kami di seluruh negeri."

Toyota menganggap beberapa layanan terhubung penting bagi pengemudi untuk menikmati mobil mereka secara aman, intuitif dan mudah. Mobil yang terhubung, terkait dengan MSPF akan menawarkan cara kepada pelanggan untuk lebih memahami, menggunakan, dan merawat kendaraan mereka.

Toyota juga berpikir bahwa layanan terkoneksi dengan kualitas terbaik akan menggabungkan dukungan berbasis manusia dan teknologi, dalam apa yang disebut perusahaan "Human Connected Service."

Connected Car Service using MSPF

Mobil Terhubung Jadi Standar Toyota di Jepang, Simak Layanannya

 

Ketenangan pikiran melalui data kendaraan

e-Care Driving Guidance

Layanan berbasis operator ini menawarkan dua manfaat utama bagi pengemudi. Pertama, adalah layanan concierge, di mana operator akan tersedia untuk mengatur tujuan sistem navigasi on-board.

Kedua, adalah untuk dukungan mengemudi, menawarkan saran kepada pengemudi dengan mendiagnosis kesalahan teknis berdasarkan data kendaraan yang terhubung. Manfaat ini datang melalui fitur yang disebut "e-Care Driving Guidance", di mana operator jarak jauh dapat berbicara langsung kepada pengemudi melalui mikrofon onboard dan pembicara dalam hal terjadi kegagalan teknis.

Operator dapat meninjau data kendaraan yang disediakan oleh DCM dan menyediakan langkah-langkah pemecahan masalah atau menyarankan pengemudi untuk membawa kendaraan mereka ke dealer layanan biasa atau terdekat.

Laporan Pemeriksaan Kesehatan e-Care

Toyota Smart Center memantau dan memeriksa kendaraan 24/7, dan Toyota menyediakan data untuk dilernya. Diler pilihan pelanggan kemudian akan menghubungi dia untuk membawa kendaraan untuk layanan pada interval waktu yang ideal. Misalnya, tegangan awal baterai kendaraan tambahan secara bertahap menurun seiring waktu.

Dengan data yang disediakan, alarm akan ditampilkan di platform operasional dealer dan staf diler akan menghubungi pengemudi dan merekomendasikan perubahan baterai sebelum pelanggan mengalami masalah saat memulai kendaraan mereka. Pesan dari dealer dikirim ke unit navigasi mobil dan membacakan kepada pengemudinya.

HELPNET

Toyota menawarkan layanan panggilan darurat terkait dengan penyebaran kantong udara, yang disebut "HELPNET". Setelah mendeteksi penyebaran kantong udara, operator dari layanan akan segera meninjau data yang dikirim oleh DCM serta upaya untuk menghubungi pelanggan untuk menilai situasi. Tergantung pada respons pelanggan, atau ketiadaan, operator kemudian dapat memperingatkan layanan kebakaran atau ambulans.

Jika layanan darurat menganggap bahwa cedera parah mungkin terjadi, mereka mungkin merespons, bahkan mungkin mengirimkan helikopter medis atau semacamnya bersama dengan dokter untuk memberikan perawatan medis darurat. Layanan ini akan mencakup seluruh negara Jepang.

Dengan penambahan layanan baru ini, Toyota berharap dapat menawarkan keamanan dan ketenangan pikiran kepada pelanggan 24/7.

Untuk memastikan kelancaran pengoperasian layanan terhubung ini, Toyota akan mendirikan "Operasi Terhubung Kaizen Dojo" di pusat pelatihannya di Nisshin-city (Prefektur Aichi) dan melatih staf dealer nasional.

Asuransi berdasarkan data perilaku mengemudi

Standarisasi DCM juga memungkinkan untuk memperkenalkan asuransi mobil berdasarkan data perilaku mengemudi yang sebenarnya. Pengemudi akan diberi skor keamanan berdasarkan data mengemudi mereka yang dikumpulkan di MSPF.

Pengemudi dapat menggunakan smartphone mereka untuk memeriksa skor mengemudi mereka yang aman. Skor ini kemudian dapat menjadi bagian dari asuransi berbasis data baru, yang disebut "Toyota Connected Car Insurance Plan," yang akan diluncurkan oleh Aioi Nissei Dowa Insurance Co., Ltd.

Premi asuransi akan diperbarui setiap bulan berdasarkan kebijakan -poin mengemudi yang aman dan mengemudi jarak aman, dan pemberitahuan dikirim ke pelanggan melalui smartphone mereka. Potongan harga premi asuransi mungkin hingga 80% dari premi asuransi berdasarkan pemakaian dan 9% dari seluruh premi.

Peningkatan layanan online melalui standardisasi DCM

Layanan Voice Recognition AI

Dengan menggunakan pengenalan suara, agen virtual Artificial Intelligence (AI) dapat diakses menggunakan ucapan alami driver atau penumpang dan dapat mengatur tujuan untuk sistem navigasi, mengelola sistem audio atau bahkan memberikan instruksi untuk menggunakan peralatan mobil. AI dirancang untuk juga memahami permintaan yang rumit seperti "Silakan cari restoran Soba di sekitar sini, sebaiknya dengan tempat parkir."

Akun Mobil Saya di aplikasi LINE

Pelanggan juga dapat menggunakan aplikasi smartphone populer LINE dengan mobil mereka. Dengan LINE "My Car Account," driver atau penumpang akan dapat melakukan percakapan dengan kendaraan dengan mendaftarkannya sebagai teman di aplikasi LINE. Sebagai contoh, jika pemegang akun LINE memasukkan tujuan dalam fungsi obrolan dengan "My Car Account," tujuan akan dikirim ke sistem navigasi on-board.

Aplikasi LINE juga dapat memberikan informasi seperti waktu keberangkatan idealis, jarak kosong, dan efisiensi bahan bakar, berdasarkan waktu dan jarak ke tujuan.

Navigasi Hibrida

Berkat cloud dan data yang besar, sistem navigasi on-board akan memiliki akses ke versi terbaru dari program dan data peta setiap saat. Untuk memberikan layanan real-time kepada pelanggan, sistem navigasi akan menggunakan peta waktu nyata dan data lalu lintas untuk menyarankan informasi rute yang optimal untuk membantu pengemudi mencapai tujuan mereka, secara otomatis beralih antara cloud dan komputasi on-board untuk penghitungan rute yang optimal dan pencarian lokasi.

Tidak ada teknologi demi teknologi: Human Connected Service

Toyota percaya bahwa layanan terhubung yang diluncurkan bukanlah tentang teknologi informasi (TI) atau kecerdasan buatan (AI) - itu hanyalah alat untuk memperkaya pengalaman pelanggan.

"Layanan pelanggan harus selalu disediakan oleh orang-orang, itulah sebabnya mengapa kami mendesak Human Connected Service," kata Tomoyama.

Toyota menargetkan untuk menghubungkan kendaraan, pabrikan, dan diler melalui konektivitas dan memberikan rasa ketenangan pikiran kepada pelanggan, berkontribusi pada terwujudnya masyarakat mobilitas yang mengasyikkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper