Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Masih Fokus Segmen Skutik Kecil, Ini Alasannya

PT Suzuki Indomobil Sales masih tetap fokus bermain di segmen skuter matik dengan kubikasi mesin 110 cc hingga 125 cc atau segmen low.
Suzuki Nex. /Suzuki
Suzuki Nex. /Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA—PT Suzuki Indomobil Sales masih tetap fokus bermain di segmen skuter matik dengan kubikasi mesin 110 cc hingga 125 cc atau segmen low.

Sales and Marketing 2W Department Head PT SIS Yohan Yahya mengungkapkan, pihaknya mencoba meraih pasar kendaraan roda dua matik dengan kubikasi mesin di bawah 125 cc mengingat pasarnya yang cukup besar. Namun, pihaknya juga tertarik untuk bermain di sepeda motor skuter matik dengan kubikasi mesin lebih besar lagi, yakni sekitar 150 cc.

“Suzuki tetap concern [skuter 150 cc—250 cc], tapi memang saat ini kami lagi fokus dulu untuk yang di [segmen] low skutik,” kata Yohan.

Dia menuturkan, pihaknya masih akan meluncurkan produk kendaraan roda dua baru setelah beberapa waktu lalu mengeluarkan Suzuki Nex II.

Dalam catatan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pasar sepeda motor skuter matik dengan kubikasi mesin dari 110 cc sampai dengan 125 cc masih lebih besar jika dibandingkan dengan skuter matik dari 150 cc sampai dengan 250 cc.

AISI mencatat, jumlah distribusi kendaraan roda dua skuter matik dengan kubikasi mesin dari 110 cc sampai dengan 125 cc mencapai 1,71 juta unit pada Januari—Mei 2018.

Total distribusi sepeda motor skuter matik segmen low tersebut pada lima bulan pertama tahun ini tersebut mencapai 77,49% dari total penjualan ke diler sepeda motor tipe skuter dalam daftar AISI, 2,20 juta unit.

Suzuki mencatatkan distribusi sepeda motor skuter sebanyak 7.869 unit dari Januari sampai Mei 2018 di pasar domestik. Sepeda motor Suzuki Nex II yang beberapa waktu lalu diluncurkan tercatat didistribusikan 3.333 unit pada Mei 2018.

Kontribusi distribusi kendaraan roda dua tipe skuter terhadap total distribusi sepeda motor Suzuki merupakan yang terkecil dibandingkan tipe lainnya, yakni underbone 10.534 unit dan sport 10.842 unit.

AISI mencatat Suzuki melakukan distribusi kendaraan roda duanya secara keseluruhan mencapai 29.245 unit dari Januari hingga Mei 2018. Pasar kendaraan roda dua Suzuki secara keseluruhan hanya sebesar 1,11% dalam daftar AISI pada lima bulan pertama tahun ini.

Pada segmen skuter 110 cc—125 cc, sepeda motor Honda merupakan merek dengan distribusi terbanyak pada Januari—Mei 2018, yakni 1,44 juta unit. Kemudian, merek Yamaha sebanyak 258.070 unit.

Suzuki dengan total distribusi sebanyak 7.869 unit menempati posisi terbanyak ketiga. Diikuti oleh TVS dengan jumlah penjualan 102 unit.

Berdasarkan data AISI, pasar sepeda motor skuter matik pada lima bulan pertama tahun ini sebesar 77,49% mengalami penurunan sebesar 5,70% dibandingkan dengan pasar dari Januari sampai Mei 2017, yakni 83,19% dari total distribusi skuter pada lima bulan pertama tahun lalu.

Meskipun begitu, jumlah sepeda motor dengan kubikasi mesin 110 cc—125 cc pada lima bulan pertama tahun ini lebih besar dibandingkan dengan penjualan ke diler pada periode yang sama tahun lalu, yakni dari 1,57 juta menjadi 1,71 juta unit atau tumbuh 8,29%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper