Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Astra Motor (TAM): 6% Konsumen Avanza Pindah ke Rush

PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatat sudah ada sekitar 6% konsumen Avanza berpindah ke Rush generasi teranyar. Low sport utility vehicle (LSUV) yang diperkenalkan mulai akhir tahun 2017 itu mulai didistribusikan sejak Januari 2018.
Model berpose bersama mobil Toyota All New Rush, di salah satu sudut Kota Bandung, Jabar, Rabu (7/2/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Model berpose bersama mobil Toyota All New Rush, di salah satu sudut Kota Bandung, Jabar, Rabu (7/2/2018)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatat sudah ada sekitar 6% konsumen Avanza berpindah ke Rush generasi teranyar. Low sport utility vehicle (LSUV) yang diperkenalkan mulai akhir tahun 2017 itu mulai didistribusikan sejak Januari 2018.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang empat bulan pertama ini pasokan ke diler Avanza melorot 40,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, atau menjadi 28.330 unit. Pada saat yang sama, Rush melonjak 84,3%, menjadi 14.944 unit.

Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto mengatakan mobil berkapasitas tujuh penumpang masih menjadi incaran konsumen roda empat Tanah Air. Hal itu yang membuat respons masyarakat terhadap Rush tergolong baik. Ditambah mobil ini seakan menjadi jawaban TAM di tengah demam Xpander.

Seperti diketahui, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mendobrak desain konvensional mobil kecil serbaguna (LMPV) melalui Xpander. Mobil yang diluncurkan medio 2017 itu tampil modis dengan desain menyerupai LSUV.

“Memang [permintaan LMPV] yang ke arah desain meningkat, tapi kalau dibandingkan dengan fungsional masih 50-50,” jelas Henry.

Avanza yang menjadi mobil pertama membuka pintu LMPV memang belum mengalami perubahan signifikan sejak pertama kali diluncurkan pada 2004. TAM beralasan mobil ini memiliki segmentasi tersediri, yakni orang-orang yang mengedepankan fungsi dibandingkan dengan desain.

Mengutip data Gaikindo, Avanza memang membuktikan berhasil bertahan di tengah tekanan banyak penantang baru. Kendati pasokan ke diler turun hingga 40% lebih, akan tetapi rerata penjualan per bulan masih melampuan angka 5.000 unit per bulan. “Kami ingin Avanza bisa terus menjaga momentum sampai akhir tahun,” kata Henry.

Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto mengatakan 6% konsumen Avanza tersebut adalah loyalis. Dia mengklaim mereka akan kembali memilih Avanza begitu ada pembaruan model.

Adapun posisi Avanza memang goyah sejak Xpander mendapatkan momentum popularitas sejak pertengahan tahun lalu. Dalam angka, kuartal I/2018 menjadi catatan runtuhnya digdaya Avanza di pasar otomotif Tanah Air.

Pertamakalinya ada mobil yang berhasil mengalahkan penjualan kumulatif Avanza. Sepanjang tahun ini, hingga April, penjualan pabrik ke diler Xpander sebanyak 29.069 unit, sedangkan Avanza di bawahnya 28.330 unit.

Pasar LMPV memang memiliki daya tarik bagi banyak pabrikan. Penguasaan model ini terhadap pasar dalam negeri sebanyak lebih dari 23% menjadi magnet. Tercatat ada 7 merek yang berbagi kue.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper