Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hentikan Sementara Produksi Himax, Daihatsu Pacu All New Terios

PT Astra Daihatsu Motor menghentikan sementara produksi kendaraan Himax selama satu tahun guna memenuhi permintaan masyarakat akan kendaraan bermotor mobil All New Terios.
Daihatsu Himax Sahabat Usaha. /Daihatsu
Daihatsu Himax Sahabat Usaha. /Daihatsu

Bisnis.com, TANGERANG—PT Astra Daihatsu Motor menghentikan sementara produksi kendaraan Himax selama satu tahun guna memenuhi permintaan masyarakat akan kendaraan bermotor mobil All New Terios.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, mengatakan, pengalihan line produksi Himax untuk Terios – termasuk Rush – dapat membuat jumlah produksi low sport utility vehicle (LSUV) tersebut meningkat menjadi 13.000 unit pada Juli 2018.

Pada awalnya, produksi LSUV Terios dalam satu bulan berada pada kisaran 7.000 unit, kemudian meningkat menjadi 8.000 unit, 9.000 unit, dan akan menjadi 13.000 unit dengan strategi pengalihan line produksi tersebut.

“Kami mau switch saja, Himax ditutup dulu, dipakai dulu line-nya untuk Terios [termasuk Rush],” kata Amelia di sela-sela Pembukaan Klub Badminton Daihatsu Candra Wijaya di Tangerang, Senin (4/6/2018) malam.

Dia menjelaskan, pihaknya memilih menutup sementara line produksi Himax selama satu tahun lantaran penjualan kendaraan bermotor mobil tersebut kecil dalam satu bulan, yakni berkisar antara 20-30 unit. Meskipun begitu, lanjutnya, perusahaan telah memroduksi kendaraan bermotor mobil Himax untuk satu tahun, yakni sekitar 200 unit.

Pengalihan sementara line produksi Himax untuk Terios akan dievaluasi setelah satu tahun dengan melihat permintaan masyarakat akan kendaraan LSUV tersebut.

Saat ini, dia menuturkan, inden kendaraan LSUV Terios berada pada ksiaran 2—3 bulan. Oleh karena itu, lanjutnya, perusahaan mencoba memenuhi inden masyarakat akan kendaraan bermotor mobil LSUV itu.

ADM mencatat, penjualan ritel kendaraan bermotor mobil LSUV Terios pada Mei 2018 mencapai 2.618 unit atau 14,49% dari total penjualan ritel pada bulan lalu, yakni 18.061 unit. Sementara itu, penjualan ritel Himax hanya sebanyak 22 unit.

SIGRA MENDOMINASI

Di antara produk-produk Daihatsu, penjualan kendaraan bermotor mobil Sigra masih menjadi yang terbesar pada bulan lalu. Dalam catatan ADM, penjualan ritel Sigra mencapai 4.622 unit atau sekitar 25,59% dari total penjualan ritel pada Mei 2018.

Amelia mengungkapkan, Sigra masih mendominasi penjualan ritel pada bulan lalu lantaran – salah satunya – masyarakat Indonesia senang dengan kendaraan bermotor mobil yang memiliki tempat duduk untuk tujuh orang.

Menurutnya, para pembeli kendaraan bermotor mobil pertama atau first buyer juga lebih memilih kendaraan dengan tempat duduk yang cukup untuk tujuh orang.   Sementara itu, penjualan ritel kendaraan bermotor mobil Ayla pada Mei 2018 sebanyak 2.262 unit.

“Turun atau naik sebuah produk ada banyak [Penyebab], apakah itu strategi di lapangan lebih agresif, motifiasi internal lebih kencang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper