Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Studi Scania: Transportasi Komersial Bisa Bebas Fosil 2050

Sistem transportasi komersial bebas fosil dalam jangka waktu target Kesepakatan Paris tidak hanya mungkin, tetapi juga menarik secara finansial dari perspektif masyarakat.
Henrik Henriksson, Presiden dan CEO Scania AB. /scania
Henrik Henriksson, Presiden dan CEO Scania AB. /scania

Bisnis.com, SODERTAJLE - Sistem transportasi komersial bebas fosil dalam jangka waktu target Kesepakatan Paris tidak hanya mungkin, tetapi juga menarik secara finansial dari perspektif masyarakat.

Ini adalah kesimpulan kunci dari sebuah penelitian yang diprakarsai oleh Scania berjudul The Pathways Study: Achieving Fossil-free Commercial Transport by 2050.

“Mencapai nol emisi CO2 di sektor kami dalam jangka waktu Perjanjian Paris dapat dicapai tetapi akan meminta perubahan pada kecepatan tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan untuk komitmen sektor swasta dan publik yang serius dan bersama,” kata Henrik Henriksson, Presiden dan CEO Scania, dalam keterangan pers Scania, Rabu (23/5/2018).

Analisis komprehensif yang dilakukan oleh Scania, dan ditinjau oleh panel akademis eksternal, menunjukkan bahwa beberapa jalur dapat ditempuh untuk menghentikan emisi karbon. Menelusuri jalan menuju nol emisi pada 2050 melalui pendekatan pemodelan back-cast, analisis menunjukkan kelayakan jalur konkuren.

Penelitian ini mencakup tiga segmen transportasi: pengangkutan panjang, distribusi dan bus kota, dan empat negara: Swedia, Jerman, China dan Amerika Serikat.

“Kami dapat mencapai lebih dari 20% pengurangan emisi CO2 dengan bekerja lebih cerdas dalam sistem transportasi saat ini, misalnya melalui peningkatan rute dan manajemen beban yang lebih baik. Di atas itu, kita melihat beberapa jalur bahan bakar dan powertrain menuju masa depan yang bebas dari fosil. Biofuels menawarkan pengurangan emisi CO2 tercepat dan elektrifikasi adalah yang paling hemat biaya,” kata Henriksson.

Teknologi baru dapat memakan waktu lama untuk mencapai adopsi yang luas, seiring dengan perubahan stok kendaraan perlahan. Untuk menjadi bebas fosil pada 2050 memerlukan, perubahan pada skala pada 2025, di antaranya tidak hanya teknologi baru tetapi juga infrastruktur baru.

Selanjutnya, diperlukan tingkat pertumbuhan rata-rata global teknologi powertrain bebas fosil baru minimal 5 hingga 10 poin persentase per tahun dan mencapai penetrasi penjualan penuh pada 2040. Untuk mencapai tujuan ini, sektor transportasi dan industri yang berdekatan harus memulai perubahan dengan cepat dan segera.

Studi Scania: Transportasi Komersial Bisa Bebas Fosil 2050

Berikut ini adalah kesimpulan kunci dari studi berjudul The Pathways Study: Achieving Fossil-free Commercial Transport by 2050.

- Logistik yang lebih cerdas

Emisi karbon dapat dipangkas lebih dari 20% dengan mengoptimalkan sistem, misalnya meningkatkan routing dan manajemen beban. Sisanya dapat dihubungi dengan powertrains alternatif dan bahan bakar.

- Elektrifikasi.

Pertumbuhan baterai kendaraan listrik merupakan jalur yang paling efisien, tercepat dan hemat biaya di negara-negara dengan potensi infrastruktur untuk menyediakan sistem pengisian universal dan energi non-fosil.

Elektrifikasi skala penuh akan membutuhkan investasi infrastruktur yang signifikan relatif terhadap situasi saat ini. Sebagai imbalannya, biaya operasional 40% lebih rendah daripada untuk kendaraan diesel berat. Jalan tol listrik untuk transportasi jarak jauh dapat mempercepat elektrifikasi, terutama dalam dekade mendatang ketika biaya biaya baterai diperkirakan akan tetap tinggi.

- Biofuel.

Biofuels pada awalnya akan menawarkan jalur yang efektif dan layak, dengan memanfaatkan teknologi mesin pembakaran tradisional. Teknologi dan bahan bakar keduanya tersedia di sini dan sekarang.

Dengan kemungkinan maksimum penggunaan pasokan biofuel yang tersedia secara global, mesin pembakaran berbasis biofuel dapat menghasilkan seperlima dari kendaraan pada 2050.

- Sel Bahan Bakar.

Karena kendaraan sel bahan bakar akan lebih mahal, pertumbuhan substansial untuk jalur ini diperkirakan akan lebih lambat daripada untuk kendaraan listrik baterai. Jika biaya teknologi menurun dan hidrogen terbarukan tersedia dan berlimpah dengan biaya rendah, pada 2050, sel bahan bakar dapat menjadi bagian penting dari armada kendaraan.

Meskipun penelitian mencatat perbedaan dalam 15 tahun mendatang, jalurnya relatif sama dari waktu ke waktu dan di berbagai pasar.

Terlepas dari jalur, atau jika itu akan menjadi campuran di mana beberapa teknologi dan infrastruktur powertrain hidup berdampingan, mereka tidak hanya membutuhkan tingkat perubahan teknologi yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi juga industri yang berdekatan untuk mengurangi karbon.

Studi Scania: Transportasi Komersial Bisa Bebas Fosil 2050

Perlu dimulai segera, mekanisme pendanaan dan komitmen yang kuat harus tersedia untuk pengembangan infrastruktur teknologi dan pendukung berskala besar. Sistem energi, secara global, harus secara paralel mengakhiri ketergantungan bahan bakar fosil. Sama pentingnya adalah bahwa pembeli transportasi terus meningkatkan permintaan untuk penyediaan dan pengiriman layanan bebas-fosil.

Berdasarkan temuan dari The Pathways Study, sebuah koalisi perusahaan sedang dibentuk dengan ambisi untuk lebih mempercepat kecepatan perubahan dan memimpin perubahan mulai di sini dan sekarang.

Studi Scania: Transportasi Komersial Bisa Bebas Fosil 2050

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper