Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tesla Daftarkan Perusahaan Mobil Listrik di China

Tesla Inc (TSLA.O) telah mendaftarkan sebuah perusahaan mobil listrik baru di Shanghai, seiring dengan China yang bersiap-siap untuk membatalkan peraturan tentang pembatasan kepemilikan asing atas kendaraan kendaraan energi baru (NEV).
Seorang pria melihat Tesla Model S di showroom di Beijing, China 29 Januari 2014. /REUTERS
Seorang pria melihat Tesla Model S di showroom di Beijing, China 29 Januari 2014. /REUTERS

Bisnis.com, SHANGHAI - Tesla Inc (TSLA.O) telah mendaftarkan sebuah perusahaan mobil listrik baru di Shanghai, seiring dengan China yang bersiap-siap untuk membatalkan peraturan tentang pembatasan kepemilikan asing atas kendaraan kendaraan energi baru (NEV).

Perusahaan baru, Tesla (Shanghai) Co Ltd, didaftarkan pada 10 Mei, menurut pengajuan dengan Sistem Informasi Publikasi Kredit Perusahaan Nasional yang dilihat oleh Reuters. Perusahaan baru akan fokus pada mobil listrik, suku cadang dan baterai, sesuai dengan pengarsipan.

Produsen mobil AS telah melakukan negosiasi cukup panjang untuk mendirikan pabriknya sendiri di Shanghai untuk memproduksi kendaraan secara lokal, membantu meningkatkan posisinya di pasar mobil listrik yang tumbuh pesat di negara itu dan untuk menghindari tarif impor yang tinggi.

Tidak jelas apakah perusahaan baru itu terkait dengan pabrik Shanghai yang direncakan. "Kami tidak memiliki sesuatu yang baru untuk ditambahkan pada pendaftaran ini untuk saat ini," kata juru bicara Tesla kepada Reuters pada Senin (14/5/2018).

Perusahaan baru, yang terdaftar di Shanghai tenggara dalam kawasan zona perdagangan bebas kota, mencantumkan kepala Tesla China Zhu Xiaotong sebagai perwakilan hukumnya, dan Tesla Motors HK Limited sebagai pemegang saham tunggal di perusahaan.

Tesla saat ini mengimpor semua mobil yang dijualnya di China dari Amerika Serikat. Ini memiliki perusahaan lain yang dimiliki sepenuhnya terdaftar di Cina yang fokus pada penjualan dan penelitian dan pengembangan.

China mengatakan akan membatalkan batasan kepemilikan asing dari usaha NEV tahun ini dan semua usaha otomotif pada 2022, pergeseran kebijakan utama di pasar mobil top dunia yang telah membatasi kepemilikan asing pada 50% selama lebih dari 2 dekade.

Perusahaan-perusahaan AS juga terperangkap dalam perselisihan antara perselisihan perdagangan antara kedua negara, meskipun ada tanda-tanda mencairnya hubungan menjelang putaran kedua pembicaraan perdagangan di Washington akhir pekan ini.

Analis mengatakan bahwa penerima manfaat utama dari aturan kepemilikan yang lebih longgar akan menjadi pembuat NEV seperti Tesla, yang telah tertarik untuk mempertahankan kendali pabriknya sendiri dan melindungi teknologinya daripada menyerahkan 50% saham.

Bos Tesla Elon Musk sebelumnya mengkritik aturan keras China untuk bisnis asing, dengan mengatakan mereka menciptakan medan permainan yang tidak seimbang. Namun, awal bulan ini dia mengatakan perusahaan itu segera bisa mengungkap lokasi gigafactory China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper