Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrikan Besar Mobil Desak Trump Tidak Bekukan Target Ekonomi Bahan Bakar

Produsen mobil besar meminta administrasi Trump untuk mencapai kesepakatan dengan California untuk menghindari pertempuran hukum atas standar efisiensi bahan bakar, dan mendukung peningkatan standar jarak tempuh hingga 2025.
Mobil Ford Focus diparkir di Washington, DC, AS pada Senin (7/5/2018). /REUTERS
Mobil Ford Focus diparkir di Washington, DC, AS pada Senin (7/5/2018). /REUTERS

Bisnis.com, WASHINGTON - Produsen mobil besar meminta administrasi Trump untuk mencapai kesepakatan dengan California untuk menghindari pertempuran hukum atas standar efisiensi bahan bakar, dan mendukung peningkatan standar jarak tempuh hingga 2025.

"Kami mendukung standar yang meningkat dari tahun ke tahun yang juga konsisten dengan realitas pasar," Mitch Bainwol, Kepala Eksekutif Aliansi Produsen Mobil, sebuah kelompok perdagangan yang mewakili produsen besar, seperti dikutip Reuters, Selasa (8/5/2018).

Aliansi Produsen Mobil juga akan mengatakan hal tersebut kepada panel Dewan Perwakilan AS, menurut kesaksian tertulis yang dirilis pada Senin (7/5/2018).

Administrasi Trump sedang mempertimbangkan bagaimana merevisi standar ekonomi bahan bakar melalui setidaknya pada model 2025, dan satu opsi adalah mengusulkan pembekuan standar sampai 2026, yang secara efektif memungkinkan para pembuat mobil menunda investasi dalam teknologi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari pembakaran minyak bumi.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional belum secara resmi mengajukan proposal bersama dengan Badan Perlindungan Lingkungan ke Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih untuk ditinjau. Meski begitu, minggu lalu, California, dan 16 negara baigian lainnya menggugat untuk menantang keputusan pemerintah Trump untuk merevisi aturan kendaraan AS.

Para eksekutif industri otomotif telah mengadakan pertemuan dengan pemerintahan Trump selama berbulan-bulan dan telah mendesak pemerintah untuk mencoba mencapai kesepakatan dengan California bahkan ketika mereka mendukung memperlambat laju pengurangan emisi karbon dioksida yang aturan administrasi Obama diuraikan.

Seorang pejabat pembuat mobil mengatakan sebagian dari pesan kepada Presiden Donald Trump pada pertemuan hari Jumat akan mempertimbangkan California seperti kesepakatan perdagangan luar negeri yang perlu dinegosiasi ulang. Para pembuat mobil ingin mendesaknya untuk membuat mobil menjadi "kesepakatan yang lebih baik" - dibandingkan dengan tahun-tahun yang berpotensi litigasi antara negara-negara besar dan regulator federal.

Pada Jumat, Trump siap untuk bertemu dengan kepala eksekutif General Motors Co, Ford Motor Co, Fiat Chrysler Automobiles NV dan eksekutif AS atas setidaknya lima produsen utama lainnya, termasuk Toyota Motor Corp, Volkswagen AG dan Daimler AG, untuk membicarakan tentang revisi peraturan kendaraan. Pejabat Senior EPA dan Departemen Perhubungan juga akan hadir.

Kelompok-kelompok lingkungan hidup yang ingin mempertahankan aturan, mengatakan bahwa mereka akan menghemat miliaran dalam biaya bahan bakar. Sebuah koalisi kelompok berencana melakukan protes di luar markas Ford di Michigan.

Aturan pemerintahan Obama, dinegosiasikan dengan pembuat mobil pada 2011, bertujuan untuk menggandakan efisiensi bahan bakar rata-rata armada hingga sekitar 50 mil (80 km) per galon pada 2025.

Heidi King, calon administrasi Trump untuk kepala NHTSA, yang mengawasi peraturan Corporate Average Fuel Economy (CAFE), akan mengadakan sidang konfirmasi pada 16 Mei sebelum Komite Perdagangan Senat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper