Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IIMS 2018: BMW Raih Peningkatan SPK 30%

BMW Group Indonesia mendapatkan lebih dari 600 surat pemesanan kendaraan (SPK) sepanjang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Capaian ini naik 30% dibandingkan dengan tahun lalu.
Mobil BMW di IIMS 2018. /iims2018
Mobil BMW di IIMS 2018. /iims2018

Bisnis.com, JAKARTA – BMW Group Indonesia mendapatkan lebih dari 600 surat pemesanan kendaraan (SPK) sepanjang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Capaian ini naik 30% dibandingkan dengan tahun lalu.

Kontribusi tertinggi diberikan oleh sedan Seri 3, diikuti oleh Seri 5 dan X1. Mini juga medapatkan respon positif dengan model 3-Door dan All-new Mini Countryman. Dua model ini meraih penjualan terbaik selama IIMS 2018.

“BMW Group Indonesia merasa sangat puas dapat tampil cemerlang di IIMS 2018,” ujar President Director BMW Group Indonesia Karen Lim dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (2/5/2018).

Selain itu BMW Group Pavilion dengan luas 860 meter persegi di IIMS 2018 juga mendapatkan penghargaan stan kendaraan roda empat terbaik kategori ukuran 500-999 meter persegi.

Karen mengatakan bahwa antusiasme dan respons positif juga diperoleh dari produk yang baru diluncurkan, yakni All New BMW X3. Kendaraan ini diklaim perusahaan memberikan definisi baru bagi sport utility vehicle (SUV) berukuran kompak.

Selain itu, BMW Indonesia menghadirkan sejumlah layanan di IIMS 2018 seperti program Peace of Mind yang meliputi layanan BMW Service Inclusive dan BMW Tire Coverage.

BMW Service Inclusive adalah layanan perawatan kendaraan kendaraan tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang lebih dulu. Ini termasuk garansi pabrikan selama 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

Adapun BMW Group Tire Coverage merupakan perlindungan terhadap ban kendaraan selama 3 tahun. Ini termasuk pergantian maksimal 4 buah ban per tahun senilai hingga 100 persen mencakup harga ban dan biaya jasa, yang meliputi kerusakan diakibatkan oleh tertusuk benda tajam, ban benjol akibat benturan, bocor, sobek atau kendaraan terus melaju dalam keadaan ban kempes.

Pengunjung juga dapat menikmati one-stop shopping premium di IIMS 2018, seperti BMW Premium Selection, yang meliputi BMW Certified Pre-owned Cars yang berusia kurang dari 5 tahun atau dengan jarak tempuh kurang dari 80.000 km dan dilengkapi dengan garansi 1 tahun.

Kendaraan purna pakai ini harus memiliki sejarah layanan dari dealer resmi BMW dan lulus pemeriksaan kualitas 360 derajat.

TUMBUH SIGNIFIKAN

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang kuartal I/2018, penjualan pabrik ke diler BMW Group Indonesia tumbuh 48,9% menjadi 566 unit. Seri 3 memberikan sumbangsih sebanyak 35%. SUV X1 juga berkontribusi signifikan dengan 121 unit atau 21% dari capaian perusahaan.

BMW Group Indonesia berharap perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) berdampak positif bagi perusahaan. Saat ini perundingan tersebut sudah memasuki putaran keempat.

Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania menilai IEU-CEPA mungkin akan memudahkan transfer teknologi. “BMW adalah perusahaan Jerman, kalau sudah terjalin akan banyak manfaatnya,” katanya pada pekan lalu.

Jodie melanjutkan hingga saat ini kepanjangtanganan BMW di Indonesia belum bisa melihat secara konkret manfaat IEU-CEPA dari kaca mata bisnis. Perusahaan menunggu hasil resmi perundingan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar dalam negeri dikuasai oleh merek otomotif Jepang. Pabrikan yang bukan berasal dari Negeri Sakura, misalnya Eropa belum memiliki banyak kesempatan.

Sejak 2012, Jepang mendominasi lebih dari 95% pasar mobil Tanah Air. Bahkan pada tahun lalu mencapai 98%. Porsi mobil Eropa terus mengecil. Kontribusinya terhadap pasar kendaraan bermotor roda empat belum sampai 1%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper