Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perias Wajah Profesional Banjir Pesanan di IIMS 2018

Efek positif perhelatan otomotif seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh perusahaan otomotif, namun efek dominonya dirasakan langsung maupun tidak langsung oleh industri penunjang event seperti perias wajah profesional.

Bisnis.com, JAKARTA - Efek positif perhelatan otomotif seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh perusahaan otomotif, namun efek dominonya dirasakan langsung maupun tidak langsung oleh industri penunjang event seperti perias wajah profesional.

Profesional make up ini menikmati lonjakan pemesanan dari perusahaan-perusahaan otomotif untuk make up para Sales Promotion Girl (SPG) yang menjadi salah satu ujung tombak penjualan selama pameran IIMS 2018 berlangsung di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, dari 19 hingga 29 April.

Larasati, perias yang sudah menangani make up sejumlah artis, mengaku terbantu dengan event besar seperti IIMS lantaran bisa mengantongi pesanan yang lumayan signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasanya tanpa ada event.

"Enakan seperti ini, tidak perlu lagi bersusah payah cari klien dan hemat biaya operasional karena klien berada di satu lokasi. Beda dengan tidak ada event, jumlah sedikit dan lokasi tiap klien berbeda-beda, boros biaya operasional," katanya kepada Bisnis, Jumat (20/4/2018).

Di hari biasa, Larasati menangani klien yang jumlahnya tidak menentu. Karena jumlahnya sedikit, tarif pun lebih besar, Rp200.000 - Rp250.000, misalnya untuk rias pengantin atau acara wisuda. Di acara event, biaya per klien di kisaran Rp100.000 hingga Rp150.000. "Memang lebih murah tetapi jumlahnya banyak, dalam sehari biasa menangani hingga 30 klien," tuturnya.

Perias profesional, Fitria Rachmy, juga mengaku senang bisa mendapatkan job di IIMS. Fitria yang baru pertama kali erlibat di IIMS, mendapat pengalaman sangat berharga di luar dari mendapat limpahan klien baru.
"Bisa saling sharing dengan perias lain, misalnya make up yang lagi tren di masyarakat. Tiap klien juga memberikan masukan-masukan konstruktif. Pokoknya kami happy sekali," ujarnya.

Fitria beruntung memiliki kenalan dengan event organizer dari sebuah booth merek otomotif terkenal, yang selalu ikut serta dalam pameran otomotif di Tanah Air.

"Mudah-mudahan di event selanjutnya bisa dikontrak lagi. Makanya kesempatan ini harus dimanfaatkan maksimal untuk memperkenalkan kualitas kerja kami," ujarnya.

Para SPG pun ikut senang dengan kehadiran para perias yang dikontrak oleh EO. "Ya sangat terbantu karena tidak perlu repot merias sendiri atau ke luar lokasi mencari salon atau perias. Yang paling penting, biaya rias sudah ditanggung, tidak memotong uang jasa SPG lagi," kata Damar, SPG di sebuah booth APM otomotif asal Jepang.

IIMS 2018 diikuti oleh 38 merek kendaraan dan lebih dari 350 perusahaan. Dyandra Promosindo (Kompas Gramedia) menargetkan 525.000 pengunjung dengan target transaksi mencapai Rp3,3 Triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper