Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Mobil China Menggeliat Setelah Masa Libur, Penjualan Maret Tumbuh 4,7%

Penjualan kendaraan China pada Maret naik 4,7% dari tahun sebelumnya menjadi 2,66 juta, badan industri mengatakan pada Rabu (11/4/2018), sebuah penguatan setelah libur nasional selama seminggu menyebabkan penurunan tajam dalam penjualan sebulan sebelumnya.
Mobil-mobil baru keluar dari pabrik. /Reuters
Mobil-mobil baru keluar dari pabrik. /Reuters

Bisnis.com, BEIJING - Penjualan kendaraan China pada Maret naik 4,7% dari tahun sebelumnya menjadi 2,66 juta, badan industri mengatakan pada Rabu (11/4/2018), sebuah penguatan setelah libur nasional selama seminggu menyebabkan penurunan tajam dalam penjualan sebulan sebelumnya.

Rebound terjadi setelah penjualan kendaraan China pada Februari turun 11,1 persen dari tahun sebelumnya di tengah goyahnya pertumbuhan di pasar sejak paruh kedua tahun lalu.

Penjualan kendaraan pada kuartal pertama naik 2,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

China Association of Automobile Manufacturers (CAAM) telah memperkirakan pertumbuhan pasar 3% tahun ini, sejalan dengan 2017, tetapi secara signifikan di bawah kenaikan 13,7% yang curam pada 2016. Penjualan tahun lalu merindukan target pertumbuhan 5%.

Seorang pejabat CAAM mengatakan rencana untuk memotong tarif pada mobil impor akan menekan para pembuat mobil domestik, meskipun mereka harus mampu menanggungnya. Presiden Xi Jinping mengatakan pada hari Selasa China akan "sangat mengurangi tarif impor otomatis".

Ditanya tentang rencana tersebut, Asisten Sekretaris Jenderal CAAM, Xu Haidong mengatakan dia tidak memperkirakan tarif impor otomatis akan dipotong rendah, tetapi pengurangan hingga 5% dapat menyeret keuntungan pasar mobil domestik turun 20% dibandingkan tingkat saat ini. Tarif mobil impor adalah 25% sekarang.

CAAM mengatakan penjualan kendaraan energi baru (NEVs), mengacu pada listrik murni dan plug-in hibrida, naik 117,4% pada Maret menjadi 67.778 unit. Penjualan NEVs dalam tiga bulan pertama tahun ini naik 154,3% pada 142.577 kendaraan.

China sedang membuat dorongan besar untuk mendukung sektor NEV dan mendorong pergeseran dari mobil bermesin bensin tradisional, meskipun itu berusaha untuk menyapih sektor ini dari subsidi yang telah membantu mendorong pertumbuhan yang cepat.

CAAM sebelumnya mengatakan pasar NEV akan tumbuh sekitar 40 persen tahun ini ke penjualan teratas 1 juta mobil berenergi rendah.

Badan industri mengatakan bahwa pembuat mobil Jerman, Prancis dan Jepang telah melihat peningkatan penjualan kendaraan penumpang secara keseluruhan pada kuartal pertama, sementara perusahaan Korea Selatan dan AS telah melihat slip penjualan terhadap periode yang sama tahun lalu.

Merek China mengambil pangsa 45,19% dari keseluruhan pasar pada periode Jan-Maret, sedikit turun terhadap 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper