Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Ekspor Perdana Swift dari Pabrik Gujarat

Suzuki Motor Corporation (SMC) hari ini Rabu (11/4/2018) memulai ekspor Swift baru yang diproduksi di Suzuki Motor Gujarat Private Limited (SMG), 100% anak perusahaan SMC untuk memproduksi mobil di India.
Suzuki Swift Gen 3 /Maruti Suzuki
Suzuki Swift Gen 3 /Maruti Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA - Suzuki Motor Corporation (SMC) hari ini Rabu (11/4/2018) memulai ekspor Swift baru yang diproduksi di Suzuki Motor Gujarat Private Limited (SMG), 100% anak perusahaan SMC untuk memproduksi mobil di India.

Produksi All New Swift dimulai di SMG pada Januari 2018. Mobil tersebut dikirim dari Pelabuhan Mumbai ke Afrika Selatan, dengan Maruti Suzuki sebagai pengekspor pedagangnya.

Ekspor kendaraan dari India berkembang ke lebih dari 100 negara dan wilayah termasuk Eropa, Jepang, Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Pada FY2017, total ekspor Maruti Suzuki mencapai 126.000 unit (naik 2%).

Ekspor ini merupakan model SMG pertama yang dikapalkan ke luar negeri India. Pasar tujuan akan diperluas. Melalui SMC ini akan mendukung prakarsa “Make in India” oleh Pemerintah India.

Sepanjang tahun lalu, Indonesia telah mengimpor model Baleno dari India sedikitnya 2.548 unit, sementara Swift tercatat hanya 92 unit.

SMG didirikan dengan investasi SMC 100% untuk memenuhi permintaan yang berkembang pesat di India serta untuk perluasan ekspor dari India. Pabrik No.1 SMG mulai beroperasi pada Februari 2017 dengan kapasitas produksi tahunan 250.000 unit.

Plant No.2 sedang dibangun dan akan mulai beroperasi pada awal 2019, sementara Plant No.3 juga sedang direncanakan. Total kapasitas produksi tahunan dari ketiga pabrik ini adalah 750.000 unit.

Ringkasan SMG
- Nama perusahaan: Suzuki Motor Gujarat Private Limited (Suzuki Motor Corporation - 100% investasi)
- Lokasi: Hansalpur, Gujarat
- Perwakilan: Naoki Aizawa (Penasihat Suzuki Motor Corporation)
- Area tapak pabrik: 2,6 juta m2
- Lineup produksi: Baleno dan Swift
- Kapasitas produksi: 250.000 unit per tahun (Plant No.1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper