Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lexus Serius Garap Segmen Yacht Mewah

Sebuah langkah berani ditempuh oleh Lexus. Di tengah peluncuran global beberapa model terbarunya, divisi mobil mewah Toyota itu justru menorehkan prestasi dari segmen kendaraan air, melalui Lexus Sport Yacht.
Lexus yacht concept
Lexus yacht concept

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah langkah berani ditempuh oleh Lexus. Di tengah peluncuran global beberapa model terbarunya, divisi mobil mewah Toyota itu justru menorehkan prestasi dari segmen kendaraan air, melalui Lexus Sport Yacht.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada Januari 2017 di Miami, Floraida; konsep unik dari yacht mewah itu menyedot perhatian publik otomotif di berbagai belahan dunia. Bahkan, konsep tersebut belum lama ini mengantongi gelar Boat of the Year di International Boat Show, Yokohama.

Konsep Lexus Sport Yacht digagas oleh Lexus Design dengan tujuan untuk mengeksplorasi potensi baru pasar kendaraan mewah dan gaya hidup aktif. Dirancang di Divisi Toyota Marine, kapal mewah ini merupakan hasil kolaborasi dengan Marquis-Larson Boat Group of Pulaski (Green Bay) di Wisconsin, AS.

Executive Vice President Toyota Motor Corp. Shigeki Tomoyama dalam pernyataan resminya baru-baru ini mengumumkan rencana untuk memproduksi yacht premium tersebut untuk dipasarkan ke seluruh dunia.

“Berdasarkan respons luar biasa terhadap konsep Lexus Sport Yacht, kami memutuskan langkah berani selanjutnya untuk memproduksi yacht yang lebih besar dan lebih nyaman. Kami berencana memulai pemasaran di AS pada semester kedua 2019 dan di Jepang pada musim semi 2020.”

Rencananya, kata Shigeki, yacht mewah tersebut diproduksi sebagai fly-bridge cruiser berdimensi 65 kaki. Interiornya akan dilengkapi dengan berbagai ruangan super mewah di bawah dek serta ruangan hiburan berkapasitas 15 orang.

Yacht premium tersebut akan dipersenjatai dengan teknologi Mobility Services Platform (MSPF) dari Toyota untuk menunjang sistem keamanan, integrasi telepon selular pintar, diagnosis remote, serta layanan perawatan dan masih banyak lagi.

Menurut Shigeki, bagian hull, struktur dalam, dan superstruktur dari yacht open sport tersebut terbuat dari serat karbon yang disusun manual, serta resin polyurethane dua lapis yang diinfusi dengan vacuum.

Konsep yacht ini memiliki dua versi mesin maritim setara dengan tenaga Lexus 2UR-GSE 5,0 liter atau mesin V8 yang digunakan untuk mobil-mobil performa tinggi Lexus seperti RC F coupe, GS F sedan, dan LC 500 grand tourer.

Secara konsep, yacht ini mampu menampung 8 penumpang di atas dek berkecepatan tinggi. Adapun, sistem hiburannya menggunakan teknologi multi-media termutakhir dengan interior yang seluruhnya terbuat dari material kayu dan kulit buatan tangan.

Sekadar catatan, Lexus Sport Yacht merupakan keluaran terbaru dari Toyota Marine yang dibangun pada 1990 di Laguna Gamagori di Aichi, Jepang. Perusahaan tersebut sebelumnya telah mengklaim berbagai penghargaan bergengsi Japan Boat of the Year.

Beberapa di antaranya adalah untuk Toyota Ponam-28 V premium sport cruiser pada 2016, Toyota Ponam-31 sport utility cruiser pada 2014, dan Toyota Ponam-35 luxury cruiser pada 2011. Terakhir, Lexus Sport Yacht menyabet penghargaan tersebut pada Maret 2018.

Untuk diketahui, Toyota Marine melejit setelah memproduksi seri Ponam untuk kapal pemancing yang terbuat dari serat krabon dengan dimensi 26—30 kaki. Pencapaian itu dilanjutkan dengan cabin-cruiser mewah Ponam berdimensi 31—35 kaki yang terbuat dari aluminium alloy.

Masing-masing kapal Ponam dipersenjatai dengan versi maritim deari mesin turbodiesel Lexus GX 300d (mesin turbodiesel empat silinder 3,0 liter) dan LX 450d (mesin twin-turbo diesel V8 3,0 liter).

Spesifikasi Lexus Sport Yacht:

DIMENSI: IMPERIAL: METRIK:

Overall Length 42 FT 12.7M

Beam (width) 13 FT 3.8M

Passenger Capacity 8 people

Power, total 885 HP 660 kW

Top Speed 49 MPH 43 KTS

Sumber: Lexus, 2018

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper