Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemitraan Pabrikan Mobil: Ford Berupaya Perbaiki Kepercayaan Mitra China-nya

Setelah 20 tahun perkawinan aneh di China, Ford Motor Co mengalami masalah hubungan. Kini Ford berupaya mempertahankan kepercayaan dan rasa hormat dalam kemitraannya dengan Changan Automobile Group dan Jiangling Motors Group (JMC).
Pekerja merakit kendaraan di pabrik Changan Ford, perusahaan patungan antara Changan Automobile dan Ford Motor Company, di Harbin, provinsi Heilongjiang, China 22 Februari 2017. Foto diambil 22 Februari 2017. /REUTERS
Pekerja merakit kendaraan di pabrik Changan Ford, perusahaan patungan antara Changan Automobile dan Ford Motor Company, di Harbin, provinsi Heilongjiang, China 22 Februari 2017. Foto diambil 22 Februari 2017. /REUTERS

Bisnis.com, BEIJING - Setelah 20 tahun "perkawinan" aneh di China, Ford Motor Co mengalami masalah hubungan. Kini Ford berupaya mempertahankan kepercayaan dan rasa hormat dalam kemitraannya dengan Changan Automobile Group dan Jiangling Motors Group (JMC).

Ford yang telah kehilangan posisi di pasar mobil dunia China berupaya mengurangi tekanan psikologis yang telah membuat penjualannya tak begitu sukses di pasar China, menurut empat sumber di Ford dan perusahaan patungan di China-nya.

"Changan dan Ford sudah menikah [hampir 2 dekade] tapi kami masih tidak saling percaya," kata salah satu sumber.

Dalam upaya memperbaiki hubungan dan membalikkan kemerosotan penjualan baru-baru ini, Ford sedang mempersiapkan sebuah ledakan produk baru dan sebuah kampanye untuk melokalisir manajemen di China, menurut Peter Fleet, Kepala Operasi Ford Asia Pasifik.

Pada tahun lalu, penjualan Ford turun 6% meski penjualan kendaraan secara keseluruhan di China naik 3%. Penjualan selama 2 bulan pertama tahun ini turun 23%. Fleet mengatakan perusahaan tersebut melihat lebih pada angka penjualan untuk berfokus pada "prioritas struktural".

"Saya pikir kemitraan kami dalam keadaan baik, dan saya ingin mereka menjadi lebih baik lagi," kata Fleet dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Kemitraan tersebut kemungkinan akan membawa Ford sampai tahun depan ketika gelombang pertama kendaraan baru tiba di ruang pamer, untuk mulai mendapatkan kembali momentum di pasar China. "Tahun ini akan sedikit seperti melewati terowongan," kata Fleet. "Kami harus melewati 2018."

Fleet mengatakan bahwa pada 2025 pembuat mobil A.S. ini berencana meningkatkan pendapatan China sebesar 50% dari capaian pada 2017, sebagian besar dicapai dengan meluncurkan lebih dari 50 produk baru atau yang didesain ulang. Mobil baru tersebut termasuk 15 kendaraan listrik.

STAF LEBIH LOKAL, KOLABORASI

Selama 12-18 bulan terakhir, ketegangan dalam kemitraan Ford China mulai mempengaruhi semangat tenaga penjualan perusahaan patungan, yang sebagian besar terdiri dari pekerja lokal dari mitra China, menurut tiga sumber - seorang pejabat Changan dan dua orang dalam Ford China. Sumber tersebut tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan wartawan.

Moral melemah terutama setelah Ford mencoba merampingkan dua identitas mereknya yang terpisah dan sistem distribusi ganda, kata sumber tersebut.

"Di Changan-Ford, Ford sering mencoba untuk menyusup jauh ke wilayah kami, mereka intervensionis dan paling agresif di antara pembuat mobil global untuk mencoba pendapat mereka tentang bagaimana kami menjalankan aktivitas sehari-hari," kata pejabat Changan. Akibatnya, "Itu membuat pekerjaan kami terkadang sulit."

Semangat rendah dalam bisnis otomotif sering kali memiliki korelasi langsung dengan volume penjualan, karena hal itu mempengaruhi penentuan tim penjualan mobil untuk menjual lebih banyak.

Juru bicara usaha patungan Changan-Ford, Jia Qun, mengatakan hubungan antara Changan dan Ford dalam keadaan baik. "Tahun lalu, kedua perusahaan induk kami mengatakan bahwa kami ingin memperkuat kemitraan kami. Saya melihat lebih banyak kesempatan kerja sama," katanya.

Sumber mengatakan bahwa hubungan mitra mulai membaik setelah beberapa langkah oleh Ford akhir tahun lalu. Ford berjanji untuk melakukan upaya yang lebih matang untuk mengembangkan teknologi dan produk di China bersama dengan mitranya.

Salah satu kemungkinan, menurut satu sumber, JMC dan Ford akan segera mengembangkan truk dan van listrik di China saat Beijing mendorong kendaraan baterai dengan agresif.

Ford sejauh ini telah berkolaborasi sedikit dengan Changan atau JMC dalam pengembangan produk, dengan hanya mobil Escort dan SUV crossover tujuh tempat duduk untuk ditunjukkan dalam model khusus China.

Ford juga berjanji untuk mempekerjakan dan mempromosikan lebih banyak warga negara China untuk menggantikan karyawan ekspatriat, yang kebanyakan kekurangan latar belakang budaya dan kemampuan bahasa untuk bekerja secara efektif dengan rekan-rekan JV mereka, menurut tiga sumber Ford.

Ford mengatakan kepada Changan dan JMC bahwa mereka berencana untuk mengisi sebagian besar posisi expat dengan manajer lokal dalam 4 tahun ke depan, mengurangi jumlah orang asing hingga 70% pada 2021.

Kemitraan Pabrikan Mobil: Ford Berupaya Perbaiki Kepercayaan Mitra China-nya

BEKERJA DALAM KEMAJUAN

Namun, salah satu sumber Ford menggambarkan kemitraan China sebagai "pekerjaan yang sedang berjalan" - sebuah tugas yang rumit oleh pengunduran diri tiba-tiba pada Januari dari pimpinan perusahaan China, Jason Luo.

Salah satu tugas Luo ketika ditunjuk pada Agustus adalah untuk memperkuat hubungan eksternal, termasuk hubungan dengan mitra joint-venture Ford. Ford mengatakan keluarnya Luo setelah hanya 5 bulan bekerja itu adalah karena alasan pribadi dan Luo belum berkomentar.

Beberapa tahun yang lalu, keadaan perusahaan yang sudah berumur lebih dari 115 tahun itu menjadi lebih baik.

Memanfaatkan SUV termasuk EcoSport, penjualan Ford naik hampir 60% pada 2013 dan 17% pada 2014, memungkinkan perusahaan untuk menyaingi Toyota dan Honda dalam penjualan, menurut konsultasi LMC Automotive.

Semua momentum itu, bagaimanapun, telah hilang. Saingan AS General Motors Co berhasil menjual 4 juta mobil di China tahun lalu, sedangkan Ford hanya sebanyak 1,19 juta, dan Honda dan Toyota kini telah melampaui Ford.

Tantangan menjaga hubungan yang stabil dengan pasangan China itu tidaklah unik bagi Ford.

Audi Volkswagen AG telah mencoba mendirikan perusahaan patungan kedua di China, membuat marah partner yang ada, FAW Group Corp dan dealer, yang menyebabkan penjualan terhenti.

Memiliki dua mitra juga telah memperumit masalah bagi Ford.

Dua tahun yang lalu, Ford mulai bergerak untuk menggabungkan dua tampilan perusahaan patungan yang berbeda yang ditampilkan di pameran mobil besar di China menjadi salah satu yang lebih mencolok menampilkan tanda Oval Biru.

Ford dan mitranya juga awalnya tidak setuju pada manfaat menggabungkan dua entitas distribusi dan layanan terpisah dari usaha patungan itu ke dalam satu saluran nasional, menurut dua sumber Ford.

Changan dan JMC telah menyetujui proposal tersebut.

Stand baru Ford menjalani debutnya di pameran otomotif Shanghai tahun lalu, sementara Ford dan mitranya kini bersiap untuk meluncurkan distribusi terpadu dan perusahaan jasa sebelum akhir tahun ini - mungkin tanda-tanda "fase baru dari kemitraan" seperti yang Fleet bayangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper