Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepeda Motor Januari-Februari 2018, Penjualan Skuter Premium Melejit 144,8%

Pasar sepeda motor skuter dengan ukuran kubikasi mesin dari 150 cc-250 cc pada Januari-Februari 2018 mengalami peningkatan cukup drastis dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Skuter matik model premium XMAX/Istimewa
Skuter matik model premium XMAX/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Pasar sepeda motor skuter dengan ukuran kubikasi mesin dari 150 cc-250 cc pada Januari-Februari 2018 mengalami peningkatan cukup drastis dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) mencatat, penjualan ke diler sepeda motor dengan kubikasi mesin 150 cc—250 cc mencapai 100.577 unit pada dua bulan pertama tahun ini atau tumbuh 144,8% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2017, yakni 41.090 unit.

Sepeda motor Yamaha tercatat masih mendominasi penjualan ke diler atau wholesales skuter bermesin 150 cc—250 cc dengan jumlah 90.916 unit. Adapun sepeda motor Honda PCX  150 cc tercatat terjual sebanyak 9.661 unit pada periode yang sama. Dari total 90.916 unit tersebut, penjualan AEROX 155 cc mencapai 26.156 unit, NMAX 155 cc sebanyak 62.446 unit, dan XMAX 250 cc mencapai 2.314 unit.

Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Eddy Ang mengungkapkan, animo masyarakat terhadap ketiga skuter berukuran 150 cc—250 cc dalam daftar AISI tersebut cukup tinggi di awal tahun ini.

Kondisi tersebut membuat perusahaan melakukan distribusi kendaraan roda dua skuternya cukup banyak di awal tahun ini. “Iya, animo masyarakat masih tinggi,” kata Eddy kepada Bisnis, Senin (19/3/2018).

Dia menambahkan, perusahaan sebisa mungkin akan memproduksi kendaraan roda dua dalam varian MAXI Yamaha sesuai permintaan pasar. Dia enggan memberitahukan target penjualan kendaraan dalam varian MAXI Yamaha hingga akhir tahun ini.

Sepeda motor varian MAXI Yamaha, lanjutnya juga menjadi pendorong utama wholesales kendaraan roda dua merek Yamaha secara keseluruhan pada Januari-Februari 2018.

“Benar bahwa distribusi sepeda motor Yamaha di awal 2018 mengalami peningkatan. Hal ini utamanya ditunjang dengan permintaan varian MAXI Yamaha yang mengalami kenaikan di area,” katanya.

Dia mengatakan, peningkatan jumlah kelas menengah di Indonesia membuat pergeseran motivasi dalam membeli skuter. Konsumen, lanjutnya tidak sekedar mencari skuter yang nyaman, berkualitas, dan dapat diandalkan. Mereka mencari kendaraan roda dua skuter yang dapat menjadi simbol status sosial dan menciptakan kebanggaan ketika mengendarainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper