Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

World Premier di GIMS 2018: Kia Optima SW Usung Mesin Baru Desain Segar

Kia Motors Europe telah memperkenalkan berbagai penyempurnaan desain dan mesin baru untuk Kia Optima. Dijual di Eropa sebagai sedan atau Sportswagon, mobil ini memulai debutnya di 2018 Geneva International Motor Show, dan akan mulai dijual di seluruh Eropa pada kwartal ketiga 2018.
Kia Optima SportWagen. /Kia
Kia Optima SportWagen. /Kia

Bisnis.com, JAKARTA - Kia Motors Europe telah memperkenalkan berbagai penyempurnaan desain dan mesin baru untuk Kia Optima. Dijual di Eropa sebagai sedan atau Sportswagon, mobil ini memulai debutnya di 2018 Geneva International Motor Show, dan akan mulai dijual di seluruh Eropa pada kwartal ketiga 2018.

Seperti dikutip dalam siaran persnya, Kia Optima hadir dengan dua pilihan mesin baru, yakni mesin diesel CRDi 1,6 liter CR1 (common-rail direct injection) Kia, dan mesin 1.6 liter T-GDi (turbocharged direct injection direct injection). Di samping itu, desain eksterior dan interior juga mendapatkan penyegaran, serta dilengkapi dengan teknologi keselamatan dan konektivitas in-car terbaru Kia.

Michael Cole, Chief Operating Officer Kia Motors Europe, mengatakan, "Optima menikmati tahun rekor penjualan di Eropa pada 2017, dengan penjualan tumbuh dari 9.600 menjadi lebih dari 16.800 unit tahun lalu. Ini adalah kontributor utama pertumbuhan berkelanjutan Kia di Eropa, dan momentum penjualan Optima telah dipertahankan melalui diperkenalkannya varian baru pada 2017. Ini termasuk Sportswagon dan varian GT performa tinggi, dan emisi ultra rendah sistem penggerak plug-in hybrid.

Dia menambahkan bahwa dengan model yang menjawab selera pasar, desain yang disegarkan, serta mesin baru dan jangkauan teknologi akan memperluas daya tariknya bagi pembeli korporat dan swasta.

Powertrain: Emisi Rendah Mesin Turbocharged Ringan

Optima sekarang tersedia dengan mesin diesel 'U3' Kia yang baru, yang dirancang untuk melampaui batas yang lebih ketat yang ditetapkan oleh standar emisi TEMP Euro 6d. CRDi 1.6-liter 'U3' yang baru (common-rail direct injection) menggantikan mesin CRDi 1.7 liter sebelumnya. Mesin baru ini menggunakan teknologi kontrol emisi aktif Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk mengurangi emisi secara signifikan. Mesin baru menghasilkan karbon dioksida rendah, partikel dan emisi NOx. Powertrain menghasilkan torsi 136ps dan 320 Nm di kisaran mesin 2.000-2.250 rpm.

Sebuah tambahan baru untuk jangkauan, Optima juga tersedia dengan mesin T-GDi 1.6-liter Kia 180-liter untuk pertama kalinya. Mesin turbocharged ringan menawarkan pilihan bensin powertrain baru antara mesin CVVL 163 liter 2.0 liter CVS (Continuously-Variable Valve Lift) yang disedot secara alami dan T-GDi 2.0 liter 2.0 liter yang memberi kekuatan pada Optima GT berkinerja tinggi.

T-GDi 1.6-liter 180 liter yang baru dipasangkan dengan transmisi kopling kopling tujuh kecepatan Kia yang cepat, yang memungkinkan penggerak mengganti roda gigi menggunakan dayung penggerak roda kemudi.

Pemilih Mode Drive yang baru memungkinkan penggerak Optima beralih antara mode Eco, Comfort, Sport dan Smart. Setiap mode memungkinkan pengemudi menyesuaikan respons powertrain, memprioritaskan penghematan bahan bakar atau percepatan yang lebih cepat. Hal ini juga memungkinkan pengemudi menyesuaikan bobot sistem power steering rack-mounted, untuk respon kemudi yang lebih santai atau lebih langsung.

Smart Mode dirancang untuk mengantisipasi kebutuhan pengemudi, beralih secara otomatis antara mode Eco, Comfort and Sport tergantung pada kondisi. Hal ini memungkinkan Optima untuk menyesuaikan diri dengan perilaku pengemudi dan kondisi jalan, sebelum memilih driver untuk kecepatan dan lingkungan berkendara yang berbeda.

Pembaruan Desain Eksterior dan Interior

Perancang Kia telah membuat serangkaian modifikasi pada desain eksterior Optima. Ini termasuk desain bumper depan yang telah direvisi, serta lampu ekor LED baru dan desain revisi untuk lampu depan dan lampu kabut.

Model sedan ini juga dilengkapi desain bumper belakang yang baru. Kisi 'hidung harimau' menampilkan hasil krom terang baru untuk menciptakan tampilan yang lebih canggih dan terarah. Sebuah warna cat baru, 'Runway Red', tersedia, serta desain baru untuk velg aluminium 16, 17, dan 18 inci.

Di dalam, kabin ini memiliki kemudi yang baru dirancang dan trim satin-chrome di konsol tengah yang melintang di dasbor. Pembeli bisa menentukan interiornya dengan warna hitam, dua warna hitam dan abu-abu atau kulit, atau memilih kain coklat atau jok kulit baru.

Selain itu, Optima menampilkan pencahayaan ambien baru di sekitar dasbor dan pintu, membiarkan penghuni beralih di antara enam warna yang berbeda - atau memberikan warna yang berbeda pada mode penggerak individu. Secara default, pencahayaan kabin membanjiri kabin dengan cahaya hijau lembut dalam mode Eco, sementara mode Sport mengubah pencahayaan menjadi merah. Modus pintar mengisi interior dengan pencahayaan ambient biru yang lembut.

Desain GT dan GT Line Makin Segar

Kia juga telah memodifikasi desain Optima GT Line dan performa tinggi Optima GT. Untuk gaya tambahan dan kehadiran di jalan, model GT dan GT Line menampilkan lampu kabut LED baru, desain velg aluminium 18 inci, dan tutup kaca hitam gloss halus, kusen samping dan kisi-kisi asupan udara. Model GT Line dibedakan dengan knalpot ganda ganda yang unik, sementara GT Optima dilengkapi dengan tip knalpot krom kembar.

Interiornya memiliki perbaikan kualitas material dan trim yang sama seperti mobil standar, sementara joknya kini tersedia dalam dua warna kulit hitam dan merah. Kulit hitam dengan jahitan merah kontras juga tersedia. GT memiliki kursi depan yang disulam dengan logo GT halus yang kontras jahitan hitam atau abu-abu, tergantung pada pilihan pelapisnya.

Fitur Keselamatan Aktif Terbaru

Optima tersedia dengan Advanced Assistance Systems (ADAS) terbaru Kia yang menciptakan kendaraan yang aman secara aman dengan teknologi keselamatan aktif untuk menghindari atau mengurangi dampak tabrakan.

Sistem Peringatan Perhatian Pengaman (OPT) baru Optima mengalihkan perhatian atau mengobati kantuk dengan memonitor sejumlah masukan dari kendaraan dan supir. Kedengarannya memantulkan peringatan dan menampilkan grafik di binnacle instrumen jika merasakan adanya jeda konsentrasi dari pengemudi.

Di Eropa, kelelahan pengemudi menjadi faktor penyebab hingga seperempat dari semua kecelakaan lalu lintas fatal di seluruh benua ini. Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat secara konservatif memperkirakan bahwa 100.000 kecelakaan yang dilaporkan polisi merupakan akibat langsung dari kelelahan pengemudi setiap tahunnya. Di Amerika Serikat, ini menghasilkan sekitar 1.550 kematian dan 71.000 cedera setiap tahunnya.

Fitur keselamatan lainnya yang tersedia di Optima meliputi: Forward Collision-avoidance Assist (FCA) dengan pengenalan pejalan kaki, Lane Keeping Assist (LKA); High Beam Assist (HBA), dan headlamps LED penuh dengan Dynamic Bending Light. Teknologi ini menjadikan Optima sebagai salah satu mobil teraman di kelasnya.

Teknologi: Infotainment Layar Sentuh Terhubung dan Pantauan Seputar Tampilan

Optima baru tersedia dengan sistem infotainment layar sentuh 7.0 atau 8.0 inci terbaru Kia, dengan navigasi dan Layanan Kia Connected yang didukung oleh TomTom. Sistem ini menawarkan Apple CarPlay dan Android Auto untuk mengaktifkan integrasi smartphone penuh.

Android Auto dirancang untuk bekerja dengan ponsel Android yang menjalankan 5.0 (Lollipop) atau lebih tinggi; Apple CarPlay, untuk iPhone 5 atau yang lebih baru. Di konsol tengah adalah charger smartphone nirkabel, yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya smartphone mereka saat bepergian.

Sistem infotainment terhubung dengan sistem kamera Around View Monitor (AVM) resolusi tinggi Optima yang baru. Sistem ini menggunakan kamera di bagian depan, belakang dan samping kendaraan untuk memberi pengemudinya pandangan 360 derajat di sekitar mereka, sehingga lebih mudah untuk menyelesaikan manuver parkir dengan kecepatan rendah.

Sedan Optima dan Sportswagon Dijual Mulai Kwartak Ketiga 2018

Didukung oleh janji kualitas perusahaan, Kia Optima yang baru dijual sebagai standar dengan garansi unik 7-tahun, 150.000 km. Sedan Optima yang diupgrade dan Sportswagon mulai dijual di seluruh Eropa pada kwartal ketiga 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper