Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Toyota Tunggu VTA Indonesia Dijawab Vietnam

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan kembali mengekspor Toyota Fortuner ke Vietnam. Akan tetapi, sejauh ini sertifikat uji tipe atau vehicle type approval Indonesia yang telah disesuaikan belum mendapatkan jawaban dari pemerintah Vietnam.
Pekerja merakit mobil. /Bisnis.com
Pekerja merakit mobil. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan kembali mengekspor Toyota Fortuner ke Vietnam. Akan tetapi, sejauh ini sertifikat uji tipe atau vehicle type approval Indonesia yang telah disesuaikan belum mendapatkan jawaban dari pemerintah Vietnam.

Director Administration, Corporate, & External Affairs Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azzam mengatakan, pihaknya berencana mengekspor ke Vietnam jika sertifikat uji tipe (VTA) Indonesia sudah diterima pemerintah Vietnam.

Saat ini, ujarnya, VTA Indonesia sedang diproses pemerintah Vietnam. “Kalau VTA kita sudah di-accept pemerintah Vietnam baru kami bisa exercise export,” katanya, Senin (12/3).

Nantinya, pengiriman kendaraan ke Vitenam masih terbatas lantaran baru berupa percobaan, sekaligus untuk melihat kendala-kendalanya. Pihaknya perlu memastikan tidak ada hambatan ekspor.

Sejauh ini, Bob Azzam belum tahu kemungkinan berhasil atau tidaknya pengiriman kendaraan baru lantaran prosedurnya baru dan praktiknya belum terdapat di negara lain.

Deputy Minister of Transport Vietnam Le Dinh Tho melalui keterangan resminya, Kamis (1/3), menyatakan bahwa Vietnam secara substantif menerima secara positif VTA Indonesia, namun masih diperlukan beberapa penambahan informasi yang disyaratkan oleh ketentuan negeri jiran itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper