Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

VTA Telah Disempurnakan, Indonesia Tunggu Jawaban Vietnam

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyatakan telah mengirimkan surat kepada pihak Vietnam terkait dengan sejumlah penyesuaian sertifikat uji tipe atau vehicle type approval Indonesia untuk memuluskan kembali ekspor mobil ke negeri jiran itu.
Toyota Innova siap diekspor dari Indonesia. /TMMIN
Toyota Innova siap diekspor dari Indonesia. /TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyatakan telah mengirimkan surat kepada pihak Vietnam terkait dengan sejumlah penyesuaian sertifikat uji tipe atau vehicle type approval Indonesia untuk memuluskan kembali ekspor mobil ke negeri jiran itu.

Direktur Sarana Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Eddy Gunawan mengatakan, pihaknya telah menyurati pihak Vietnam pada 6 Maret 2018 terkait dengan penyesuaian pada uji tipe atau uji kelaikan kendaraan baru yang akan diekspor.

Sejauh ini, katanya, Indonesia dalam posisi menunggu balasan dari pihak Vietnam atas surat yang dikirimkan tersebut. Indonesia, katanya, pada intinya mengikuti aturan yang diterapkan pemerintah Vietnam terkait dengan sertifikat uji tipe tersebut.

Kendaraan yang dikirimkan ke Vietnam akan melalui banyak tahapan ketika sampai di Vietnam, seperti uji keselamatan dan emisi di Vietnam. “Aspek legalitas, dari sini sudah kami coba sesuaikan dengan regulasi di sana,” katanya.

Deputy Minister of Transport Vietnam Le Dinh Tho melalui keterangan resminya, Kamis (1/3), menyatakan bahwa Vietnam secara substantif menerima secara positif VTA Indonesia, namun masih diperlukan beberapa penambahan informasi yang disyaratkan oleh ketentuan negeri jiran itu.

Direktur Pengalaman Perdagangan Kementerian Perdagangan Pradnyawati mengatakan sejumlah penyesuaian yang diminta Vietnam dan telah dipenuhi Indonesia, antara lain standar emisi Euro 4, dan kendaraan posisi stir kiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper