Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KIA Ceed Terbaru untuk Benua Biru

Menjelang pergelaran Geneva Motor Show 2018, KIA tidak ingin ketinggalan dengan memperkenalkan model terbaru Ceed. Generasi ketiga dari seri yang diproduksi sejak 2006 ini hadir dengan desain serba baru, teknologi yang telah di-upgrade, dan kenyamanan berkendara yang lebih optimal.
Mobil KIA Ceed/Istimewa
Mobil KIA Ceed/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang pergelaran Geneva Motor Show 2018, Kia Motors tidak ingin ketinggalan dengan memperkenalkan model terbaru Ceed. Generasi ketiga dari seri yang diproduksi sejak 2006 ini hadir dengan desain serba baru, teknologi yang telah di-upgrade, dan kenyamanan berkendara yang lebih optimal.

Mobil yang dahulu dikenal dengan nama Ce’ed ini didesain ulang dan dikembangkan di Frankfurt oleh para perancang serta tim riset dan pengembangan KIA di Eropa. Hal ini merupakan bukti keseriusan produsen asal Korea Selatan itu dalam merangsek pasar Benua Biru.

Chief Operating Officer Kia Motors Europe Michael Cole, menjelaskan bahwa Ceed 2018 merupakan bukti komitmen mereka dalam mengembangkan pangsa pasar di Eropa yang telah dirintis selama lebih dari 1 dekade.

“Kia Ceed 2018 ini memang diciptakan untuk pasar Eropa. Generasi terbaru mobil ini memiliki desain kontemporer dan karakter khas, serta dilengkapi dengan teknologi mutakhir untuk menunjang kenyamanan, kepraktisan, dan keamanan,” paparnya dalam keterangan resmi Kia.

Michael mengungkapkan bahwa Ceed memiliki mesin dan suspensi yang lebih nyaman untuk pengendara. Inovasi dan pembaruan itu akan dipertahankan sebagai standar KIA untuk memuaskan ekspektasi pasar Eropa.

Dari segi eksterior, desain terbaru Ceed mengedepankan elemen atletis dan kesan lebih kokoh yang terinspirasi dari desain KIA Stinger. Secara dimensi, mobil yang dirakit sesuai dengan  platform KIA K2 ini lebih rendah, lebih lebar, dan lebih panjang dibandingkan dengan generasi pendahulunya.

Ceed baru yang bakal mengaspal di Eropa pada kuartal kedua tahun ini memiliki lebar 1.800 mm alias lebih lebar 20 mm dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Meskipun tidak terdapat perubahan ukuran wheelbase, mobil ini memiliki konstruksi lebih rendah 23 mm dibandingkan dengan pendahulunya.

Kia Ceed 2018 juga memiliki kabin yang lebih luas dan berkapasitas 395 liter. Garis-garis tegas pada desain generasi sebelumnya telah diganti menjadi lekukan yang lebih melengkung dan smooth. Grille berbentuk moncong harimau di bagian depannya pun semakin diperlebar.

Konsumen yang tertarik membeli mobil ini dapat memilih 12 opsi warna serta desain ban dan velg, yakni pelek baja 15 inci, baja atau alloy alumunium 16 inci, dan alloy berpotongan berlian dengan dua warna berdiameter 17 inci.

Interior

Dari segi interior, Kia Ceed memiliki desain ergonomic yang lebih baik dibandingan varian sebelumnya. Tidak hanya itu, seluruh interiornya berbalutkan material yang lebih premium dibandingkan dengan pendahulunya.

Ruang untuk kaki pada mobil ini juga semakin luas. Adapun, bagian dashboard terbagi menjadi dua, yaitu bagian atas untuk sistem hiburan layar sentuh dan bagian bawah untuk panel audio, pengatur suhu ruangan, dan ventilasi.

Sistem hiburan pada mobil ini menggunakan layar sentuh yang bisa dipilih antara ukuran 5 atau 7 inci dan 8 inci jika ingin ditambahkan dengan fitur sistem navigasi. Pada varian yang lebih premium, terdapat opsi tambahan sistem suara JBL Premium dengan teknologi Clari-Fi.

Pembeli juga dapat meminta berbagai fitur tambahan, seperti pembersih kaca yang dapat dipanaskan untuk kondisi bersalju, charger ponsel nirkabel, serta penghangat dan ventilasi bagi kursi kemudi dan penumpang.

Mobil ini juga dipersenjatai dengan teknologi ECO Pack yang mencakup sistem active air flap yang dapat dibuka dan ditutup sesuai dengan kondisi suhu mesin. Sistem ini juga membuat aerodinamis mobil ini menjadi lebih efisien dan mesin lebih hemat bahan bakar.

Teknologi keamanan berkendara yang menjadi standar KIA Ceed mencakup high beam assist, driver attention warning, lane keeping assist, forward collision warning, dan forward collision avoidance assist. Mobil ini juga menggunakan teknologi kemudi otonom level dua.

Ceed ditawarkan ke dalam dua varian, yakni berbahan bakar bensin dan solar. Varian bahan bakar bensin menggunakan mesin T-GDi 1,0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 120PS. Terdapat juga pilihan mesin T-GDI 1,4 liter untuk performa lebih bertenaga dengan kekuatan 140 PS.

Adapun, varian bahan bakar solar ditunjang dengan mesin CRDi 1,6 liter yang menggunakan teknologi penekan emisi. Dengan mesin tersebut, varian ini mampu menghasilkan tenaga hingga 115  PS dan 136 PS, serta torsi 280 Nm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper