Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasarkan 2 Sasis Bus Baru, Daimler Indonesia Akan Impor Dari India

PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia akan mengimpor sasis bus baru yang akan didatangkan ke Indonesia dan belum memiliki rencana untuk memproduksinya di dalam negeri untuk sementara ini.
Sasis Bus Mercedes Benz OC 500 RF chassis. /mercedes-benz.co.id
Sasis Bus Mercedes Benz OC 500 RF chassis. /mercedes-benz.co.id

Bisnis.com, JAKARTA—PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia akan mengimpor sasis bus baru yang akan didatangkan ke Indonesia dan belum memiliki rencana untuk memproduksinya di dalam negeri untuk sementara ini.

Perusahaan akan mendatangkan sasis bus baru tahun ini, yakni Mercedes-Benz OF 1623 RF dan Mercedes-Benz O 500 RS 1836.

Deputy Director Bus & Van Sales PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) Adri Budiman mengungkapkan, pihaknya memiliki banyak pabrik yang dapat digunakan untuk memroduksi sasis baru perusahaan.

Sementara ini, dia menuturkan pihaknya akan mengimpor sasis Mercedes-Benz OF 1623 RF secara utuh (completely built up/CBU) dari Daimler India.

“[Dirakit di dalam negeri] sementara belum. [Kalau melihat pasar] sementara belum, kita masih [Ekspor] CBU,” kata Adri di Jakarta pada Jumat (2/3/2018).

Kedua sasis bus baru perusahaan tersebut akan dipasarkan di Indonesia tahun ini. Terkait waktu pasti pemasarannya, dia belum bisa menyebutkannya dengan pasti.

Perusahaan, lanjutnya sedang dalam proses melakukan impor kedua sasis bus baru tersebut. Adapun mengenai volume kedua sasis bus baru tersebut, dia enggan memberitahukannya.

Dia menuturkan, perusahaan akan selalu memenuhi kebutuhan pelanggan akan sasis bus baru tersebut. “Kalau masalah volume saya tidak akan bisa,” katanya. 

Seperti dikutip PT DCVI, President Director dan CEO PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) Markus Villinger mengungkapkan, langkah perusahaan mendatangkan sasis baru tersebut ke dalam negeri guna menjawab fokus pemerintah Indonesia dalam keselamatan transportasi.

"Keselamatan dalam transportasi menjadi semakin penting, dan terintegrasi dalam seluruh kendaraan niaga kami, termasuk chassis bus Mercedes-Benz OF 1623 RF, Mercedes-Benz O 500 RS 1836, dan truk New Actros,” kata Villinger, Jumat (2/3/2018).

Dia menjelaskan, Mercedes-Benz OF 1623 baru adalah sebuah bus bermesin depan 16-ton, dengan tenaga kuda lebih besar dibandingkan produk-produk lain di kelasnya, yaitu mesin diesel 6-silinder Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3.

Bus yang didesain untuk transportasi kota ini memiliki fitur-fitur keselamatan seperti auto slack adjuster dan full air brake system.

Mercedes-Benz O 500 RS 1836 merupakan bus Premium bermesin belakang untuk perjalanan jarak jauh, memiliki mesin diesel 6-silinder Mercedes-Benz OM 457 LA Euro 3. Bus tersebut memiliki fitur-fitur keselamatan anti-lock braking system dan acceleration skid system.

“Bagi bus Mercedes-Benz, keselamatan tidak diukur dalam satuan, tapi merupakan hasil dari sebuah konsep keselamatan integral keseluruhan. Seluruh bus kami dibuat dengan pengembangan di seluruh bidang yang bertujuan memenuhi harapan keselamatan tertinggi.” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper