Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Ganti Ban, Ini yang Perlu Anda Diketahui Sebelum ke Diler

Ban merupakan komponen penting kendaraan karena tanpanya kendaraan tidak akan bisa berjalan. Tidak hanya untuk berjalan, ban juga akan sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara.
Ban mobil merek Goodyear. /reuters
Ban mobil merek Goodyear. /reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Ban merupakan komponen penting kendaraan karena tanpanya kendaraan tidak akan bisa berjalan. Tidak hanya untuk berjalan, ban juga akan sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Hanya saja, beberapa pengendara kadang tidak dapat mengetahui secara tepat ban apa yang diinginkannya. Mengatasi ketidaktahuan tersebut, pengendara dapat menanyakannya ke diler-diler yang ada karena diler memiliki tugas mencarikan ban yang sesuai.

Ketika menanyakan ban yang sesuai untuk kendaraannya, diler akan menanyakan kepada pengemudi beberapa hal. Seperti dikutip laman Goodyear Indonesia, berikut beberapa hal yang harus dilakukan oleh pengemudi.

  • Kenali Gaya Anda Mengemudi

Dealer Anda mungkin akan menanyakan kebiasaan dan kebutuhan Anda sewaktu mengemudi. Jadi kenali gaya Anda sendiri. Anda juga harus memahami karakteristik ban yang merupakan hal penting.

  • Bacalah Buku Manual

Perakitan mobil sering kali memilih ban OE (original equipment) berdasarkan sejumlah faktor yang mampu mengoptimalkan kemampuan dan handling kendaraan Anda. Buku manual atau petunjuk kendaraan Anda biasanya juga menjelaskan hal ini.

Oleh karena itu, menyampaikan perihal tersebut kepada diler akan membantunya mencarikan ban yang sesuai rekomendasi pabrikan dengan fitur yang sesuai gaya Anda mengemudi.

  • Persiapan Dana Belanja

Ban adalah satu-satunya titik kontak antara mobil dan jalan. oleh karena itu, mintalah diler menunjukkan kisaran harga ban di semua kategori yang berbeda.

Hal tersebut akan membantu Anda memilih ban dengan lebih baik karena kemudian Anda bisa membandingkan antara fitur, kualitas dan guna uang dengan maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper