Pilih Mobil Keren di Auto Expo 2018 India

Asia merupakan salah satu pasar otomotif paling seksi di dunia, menyaingi Eropa dan Amerika Utara. Itulah mengapa tidak sedikit perusahaan otomotif yang memperkenalkan produk teranyar mereka di benua yang paling padat populasinya itu sebelum ke regional lain.
Wike Dita Herlinda | 16 Februari 2018 19:52 WIB
Mahindra Rexton - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Asia merupakan salah satu pasar otomotif paling seksi di dunia, menyaingi Eropa dan Amerika Utara. Itulah mengapa tidak sedikit perusahaan otomotif yang memperkenalkan produk teranyar mereka di benua yang paling padat populasinya itu sebelum ke regional lain.
Guna mengetahui mobil idaman apa yang akan mengaspal pada tahun ini di pasaran Asia, publik dan pemerhati otomotif seringkali menyimak beberapa kendaraan yang diboyong ke ajang tahunan Auto Expo di India.
Pada tahun ini, pergelaran yang dihelat sepanjang 9—14 Februari 2018 di India Exposition Mart Ltd, Gautam Budh Nagar District itu kembali mencuri perhatian dengan sejumlah kendaraan roda empat futuristik yang highly anticipated. Apa sajakah mereka?
Tata H5X
Tata memboyong konsep kendaraan H5X yang berdesain radikal. Dengan mudah, mobil ini menjadi ‘bintang’ di ajang Auto Expo 2018. Mobil SUV berukuran besar ini ditunjang dengan eksterior yang berani, dan berbeda dibandingkan dengan keluaran-keluaran Tata sebelumnya.
Kendaraan ini merupakan karya terbaru Tata dalam karakter desain kekiniannya yang dinamai Impact Design 2.0. Masih belum ada kejelasan kapan mobil ini akan mulai dipasarkan, tetapi Tata mengklaim sedang berkonsentrasi merampungkan produksinya.
Tata 45X
Satu lagi kendaraan pencuri perhatian yang didatangkan Tata adalah konsep 45X, yang merupakan bukti lompatan berani Tata di segmen hatchback. Dipamerkan di dalam dinding gelas, mobil ini memiliki rancangan yang sleek dan elegan.
Meskipun terkesan lebih minimalis, garis dan lekuk pada eksterior 45X menegaskan karakter futuristik. Sepasang lampu depan berkilauan yang berdesain elegan menjadi daya tarik tersendiri dari mobil konsep ini.
Tata Racemo EV
Mobil sporty ini sebelumnya telah memukai publik otomotif di ajang 2017 Geneva Motor Show. Kali ini, giliran pasar Asia yang menyaksikan langsung kendaraan praktis ini yang berukuran kecil, ramping, dengan pintu model kupu-kupu yang terkesan maskulin.
DC TCA
TCA adalah kendaraan dengan rancangan paling sophisticated yang pernah diluncurkan DC sejauh ini. Konstruksinya menggunakan material titanium, serat karbon (carbon fibre), dan aluminium. Itulah mengapa mobil ini dinamai TCA.
Disamping bodinya yang ringan, mobil ini juga memiliki spesifikasi yang cukup impresif. Tenaganya bersumber dari mesin berkekuatan V6 3,8 liter setara dengan 320 tenaga kuda. Mobil ini dapat dipcau pada kecepatan 0—100 kph hanya dalam 4,5 detik.
BMW i8 Roadster
Tidak salah jika i8 Roadster dijuluki the visual drama. Kendaraan coupe papan atas ini memiliki desain yang sangat stylish dan memenuhi segala visualisasi yang dicari orang dari sebuah mobil masa depan.
Guna menambah desain yang dramatis, mobil bergaya sporty ini dilengkapi dengan pintu kupu-kupu. Kendaraan yang dinanti-nanti para penggemar BMW ini bermesin hibrida berkekuatan setara dengan 374 tenaga kuda, dan akan mulai dipasarkan di sejumlah negara Asia tahun ini.
Maruti Future S
Maruti—atau yang di Indonesia lebih dikenal sebagai Suzuki—tidak mau kalah mencuri perhatian dengan memboyong Future S. Produsen spesialis kendaraan mungil atau compact SUV ini melanjutkan kesuksesannya setelah meluncurkan Vitara Brezza belum lama ini.
Future S memiliki desain hatchback ala SUV dengan proporsi konstruksi yang cukup tinggi. Dari segi interior, mobil ini memiliki ruang yang cukup lapang untuk menampung banyak muatan. Kendaraan ini rencananya mulai diproduksi pada tahun ini.
KIA SP
Produsen otomotif asal Korea Selatan ini akan mulai memasarkan SP pada 2019 di Asia. SUV pintar ini memiliki proporsi yang cukup ideal, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Banyak yang menilai mobil ini akan menjadi saingan dari Hyundai Creta.
KIA Stinger GT
Satu lagi kejutan dari KIA berasal dari model Stinger GT, yang didesain sebagai kendaraan balap dengan siluet seksi. Mobil ini bahkan digadang-gadang mampu menjadi kompetitor BMW dan Mercedes di pasar Asia.
Sebagai sebuah kendaraan sport, Stinger GT ditunjang dengan mesin berbahan bakar bensin V6 3,3 liter yang setara dengan 370 tenaga kuda.
Mahindra Stinger
Produsen asli India ini memberi kejutan di Auto Expo dengan meluncurkan SUV bernama Stinger, yang memiliki gaya quirky dengan konsep atap terbuka (convertible). Desainnya begitu rapi, terlihat dari rancangan semi-exposed pada bagian ban belakang kendaraan.
Mahindra Rexton
Mahindra Rexton adalah versi India dari Ssang Yong Rexton. Kendaraan SUV ini memiliki desain yang smart dan tampilan yang kokoh, sehingga mudah mencuri perhatian saat dikendarai di jalanan. Mobil ini akan mulai dipasarkan pada tahun ini.
Honda Amaze
Pada tahun ini Honda memperkenalkan generasi kedua dari Amaze. Berbeda dengan versi sebelumnya, model baru Amaze memiliki desain yang lebih sleek dan menarik. Ukuran kabinnya juga lebih besar ketimbang generasi sebelumnya.
Kendaraan serbaguna ini akan diluncurkan juga ke dalam varian mesin berbahan bakar solar dengan teknologi CVT.
Hyundai Kona
Tidak mau kalah dengan KIA, Hyundai memboyong Kona ke Auto Expo 2018. Kona adalah lini SUV kecil dari Hyundai yang dipasarkan secara internasional. Selain itu, mobil ini termasuk ke dalam jajaran seri premium dari produsen otomotif Korea tersebut.
Secara desain, Kona memiliki penampilan yang modern dan stylish. Di samping itu, mobil ini digadang-gadang menjadi percontohan dari seri kendaraan masa depan bermesin elektrik dari Hyundai.
Toyota Yaris
Model terbaru dari Yaris disebut-sebut akan menjadi pesaing sengit bagi Honda City. Berbeda dengan generasi pendahulunya, Yaris terbaru memiliki sudut-sudut yang lebih lebar, sehingga memungkinkan ruang kabin yang lebih leluasa.
Mobil ini dipersenjatai dengan mesin berbahan bakar bensin 1,5 liter, dan akan ditawarkan dalam varian CVT juga. Kemudahan berkendara menjadi salah satu fitur yang ditonjolkan kendaraan ini untuk memikat konsumen Asia.
Renault Trezor
Sekali melihat, siapa pun akan mengira Renault Trezor adalah kendaraan dari masa depan. Desainnya sangat futuristik dan modern, dan indah dipandang. Sebagai kedaraan sport, mobil ini  memiliki konstruksi yang benar-benar rendah.  
Mobil ini begitu mencuri perhatian dengan rancangan pintu dan atapnya yang unik, yaitu menyerupai kanopi atau cangkang kerang yang akan terangkat ke atas saat dibuka. Sayangnya, mobil ini masih berupa konsep dan belum ada kepastian kapan Renault akan memproduksinya.
Mercedes Benz E-Class All Terrain
E-Class All Terrain adalah versi lebih bold dari Mercedes Benz E-Class tradisional. Dilengkapi dengan teknologi all-wheel drive, kendaraan mewah ini dinanti-nantikan oleh penggemar mobil jetset di Asia.
Mercedes-Maybach S650
Di saat banyak produsen otomotif lebih memikirkan desain yang lebih minimalis dan efisien, Mercedes-Maybach S650 tampil sebagai pembeda. Mobil mewah ini begitu jor-joran dalam menghadirkan teknologi dan lekuk desain yang luxurious.
Salah satunya tercermin dari penggunaan mesin V12 berkekuatan 6,0 liter yang mampu menghasilkan torsi hingga 1.000 Nm. Ini adalah mobil yang menggaransi performa tanpa batas, dan merepresentasikan citra jetset dari brand yang mengusungnya.

Tag : otomotif
Editor : Bambang Supriyanto
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top