Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Delhi Auto Expo 2018: Dominasi Pasar Maruti Suzuki Dipertahankan

Perhelatan akabar otomotif, Delhi Auto Expo 2018, menjadi ajang bagi Maruti Suzuki India Limited untuk semakin memperkuat kebanggaan masyarakat India terhadap produk Suzuki.
Mobil konsep terbaru Survivor dirilis Maruti Suzuki India Ltd./JIBI-Nurudin Abdullah
Mobil konsep terbaru Survivor dirilis Maruti Suzuki India Ltd./JIBI-Nurudin Abdullah

Bisnis.com, NEW DELHI, India-Perhelatan akabar otomotif, Delhi Auto Expo 2018, menjadi ajang bagi Maruti Suzuki India Limited untuk semakin memperkuat kebanggaan masyarakat India terhadap produk Suzuki.

Rasa bangga masyarakat didasari oleh kepemilikan saham Pemerintah India (general shareholder) mencapai 43,79% di Maruti Suzuki, dengan nyerap tenaga lokal mencapai lebih dari 14.178 orang di seluruh lini produksi dan bisnisnya.

Industri otomotif itu juga berhasil melakukan alih tehnologi secara total sehingga dapat memproduksi berbagai tipe kendaraan modern untuk semua segmen yang dibutuhkan pelanggan di negara berpenduduk 1,2 milyar jiwa.    

Kenichi Ayukawa, Managing Director & CEO Maruti Suzuki,  mengatakan masyarakat India sudah menganggap Maruti Suzuki sebagai milik mereka sehingga sangat loyal terhadap semua produknya.

“Masyarakat India menggagap Maruti Suzuki sebagai miliknya sendiri, dan produk kendaraan yang dihasilkan sangat sesuai dengan kebutuhan mereka,” katanya di booth Suzuki dalam arena Delhi Auto Expo 2018 di India hari ini, Kamis (8/2/2018). 

Menurutnya, produk Maruti Suzuki mampu memenuhi keinginan konsumen India dari segi desain interior dan eksterior serta fitur dan teknologi yang disematkan merupakan yang terkini dengan harga lebih kompetitif .

Unit produk Maruti Suzuki tersedia dalam jumlah sangat mencukupi pasar dari 2 pabriknya di India, Gurgaon Plant dan Manesar Plant, mencapai 1,5 juta per tahun pada 2017 yang ditargetkan tahun ini meningkat menjadi 1,8 juta unit.    

Untuk itu Maruti Suzuki dapat memimpin pasar otomotif di India dengan market share periode 2016-2017 mencapai sekitar 50%, kemudian disusul urutan kedua yaitu Hyundai sebanyak 16,7%, Mahindra 7,8% dan Tata Motors sekitar 5,2%.

Dengan demikian, event Delhi Auto Expo 2018 sangat penting untuk menampilkan seluruh lini produk Suzuki, termasuk merilis mobil konsep terbaru yang akan terus dikembangkan untuk segara masuk pasar lokal dan global.

Delhi Auto Expo 2018: Dominasi Pasar Maruti Suzuki Dipertahankan

Mobil konsep terbaru Maruti Suzuki yaitu Future S mendapat prioritas untuk diriilis pada urutan pertama di press day dan kunjungan very important person (VIP) yaitu Rabu (7/2/2018) pukul 08.00-08.25 Waktu Setempat.

Jika mobil konsep Future S sebagai pertanda dimulainya hari pertama pameran otomotif itu, maka mobil konsep Maruti Suzuki berikutnya, yakni Survivor, dirilis sorenya menjelang jam kunjungan hari pertama diakhiri dengan peluncuran produk Mini, BMW

Survivor yang memiliki desain futuristik dan inovatif yang ramah lingkungan itu dihadirkan oleh Maruti Suzuki untuk mengantisipasi perkembangan pasar otomotif dunia mendatang melalui penyematan teknologi hybrid dan baterai yang hemat energi.

Mobil konsep terbaru dengan tampilan unik itu didesain dapat memberikan kesenangan, kenyamanan dan keamanan bagi pengendara, melalui berbagai fitur modern, sehingga siap melaju di semua medan jalan, termasuk off the road.

Para pengunjung antusias menyaksikan pameran akbar otomotif Delhi Auto Expo 2018 yang digelar bersamaan dengan Auto Expo-The Motor Show 2018, di India Expo Mart, Greater Noida Uttar Pradesh, India hingga 14 Februari 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper