Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembali ke Masa Lalu dengan Land Rover Defender V8

Setiap bulan, pasar selalu diramaikan dengan peluncuran produk-produk otomotif baru yang serba sophisticated. Sayangnya, di era otomotif yang serba modern dan serba termodifikasi ini, kita kerap melupakan cita rasa klasik dari masa lalu.
Land Rover Defender./landrover.com
Land Rover Defender./landrover.com

Bisnis.com, JAKARTA--Setiap bulan, pasar selalu diramaikan dengan peluncuran produk-produk otomotif baru yang serba sophisticated. Sayangnya, di era otomotif yang serba modern dan serba termodifikasi ini, kita kerap melupakan cita rasa klasik dari masa lalu.

 

Padahal, banyak kendaraan legendaris di masa lalu yang memiliki teknologi yang masih relevan hingga saat ini. Tidak sedikit pula yang ketangguhan serta performanya telah sangat teruji dan tidak lekang digerus zaman.

 

Saat ini tak banyak produsen otomotif yang mau mempertahankan karya legendarisnya untuk terus dilansir ke pasar. Namun, tidak demikian halnya dengan Land Rover. Produsen asal Inggris itu menggebrak pasar justru dengan produk lawasnya, yaitu Defender Works V8.

 

Melalui Divisi Klasik-nya, Jaguar Land Rover akan memasarkan kembali salah satu karya masterpiece-nya yaitu seri Defender. Varian ini pertama kali dipasarkan pada awal 1980-an, sebagai pengembangan dari seri original Land Rover yang diperkenalkan pada 1948.

 

Diluncurkannya kembali edisi spesial V8 merupakan bagian dari perayaan 70 tahun Land Rover, yang khusus bergerak di segmen off roader. Rencanaya, Land Rover hanya akan memproduksi sampel dari Defender Works V8 sebanyak 150 unit.

 

Kendaraan reborn tersebut akan dilengkapi dengan sentuhan teknologi baru yang semakin menyempurnakan versi asli dari Defender. Setiap unit V8 akan dipersenjatai dengan mesin 400 brake horsepower (bhp) dan torsi maksimum 515 newton meter (Nm).

 

Dengan mesin tersebut, V8 akan menjadi varian Defender yang paling tangguh yang pernah dilansir Land Rover sepanjang sejarah. Mobil tersebut sanggup dipacu 0—100 km/jam hanya dalam tempo 5,6 detik. Adapun, kecepatan maksimalnya mencapai 170 km/jam.

 

Dalam keterangan resminya, Direktur Divisi Klasik  Jaguar Land Rover  Tim Hannig mengatakan ide melahirkan kembali Defender V8 sejatinya telah didiskusikan sejak 2014, saat Land Rover tengah mengembangkan varian Defender baru di Solihull.  

 

“Kami memahami permintaan atas Defender yang tangguh dan cepat sangat tinggi di pasar. Itulah sebabnya, kami melansir seri Land Rover otentik dengan finishing touch terbaik untku memenuhi kebutuhan para penggemar kolektor edisi Defender,” paparnya.

 

Sentuhan baru lain di V8 terletak pada transmisi otomatisnya yang menggunakan teknologi delapan kecepatan ZF yang dapat diatur dalam mode sport. Tidak hanya itu, seluruh piranti handling dan sistem remnya diperbarui dengan teknologi termutakhir.

 

Secara tampilan, Defender V8 tampak semakin macho dengan penggunaan velg alloy diamond-turned Sawtooth 18 inchi dan ban all-terrain R18 265/65.  Terdapat delapan varian warna yang dapat dipilih.

 

Dua di antara varian warna yang tersedia mencakup warna satin yang tampak kontras dengan atap dan gril depan berpalet hitam Santorini, serta handel pintu, tutup bahan bakar, dan huruf Defender di bagian kap mesin yang bernuansa perak aluminium.

 

Di bagian interiornya, seluruh materialnya menggunakan trimming kulit Windsor asli termasuk pada bagian dasbor, panel pintu, atap, serta kursi penumpang Recaro bergaya sport. Sebagai pelengkap, mobil ini memiliki satu set sistem hiburan klasik dari Land Rover.

 

Tersedia varian Defender V8 dengan wheelbase 90 dan 110 yang dapat dibeli langsung dari Divisi Klasik Land Rover. Akan tetapi, mobil edisi terbatas ini dapat diimpor secara satuan dari Eropa, Timur Tengah, serta Amerika Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper