Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Incar Target Lebih Tinggi, TMMIN Siapkan Sejumlah Langkah Ini

Di saat indikator perekonomian di dalam negeri maupun di luar negeri yang menunjukkan tren positif, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah menyiapkan sejumlah langkah untuk menggapai target yang lebih baik pada tahun ini, setelah tahun lalu sukses mencatat peningkatan ekspor.
Toyota Innova siap diekspor dari Indonesia. /TMMIN
Toyota Innova siap diekspor dari Indonesia. /TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA - Di saat indikator perekonomian di dalam negeri maupun di luar negeri yang menunjukkan tren positif, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah menyiapkan sejumlah langkah untuk menggapai target yang lebih tinggi pada tahun ini, setelah tahun lalu sukses mencatat peningkatan ekspor.

“Melihat perkembangan indikator perekonomian dalam negeri maupun di luar negeri, TMMIN berharap kinerja 2018 bisa menyamai bahkan lebih baik dibandingkan tahun lalu, baik di pasar dalam negeri maupun ekspor. Kami harapkan hubungan dagang yang baik antara Indonesia dan negara tujuan ekspor juga dapat membantu menjaga volume ekspor kami di tahun ini,” kata Wakil Presiden Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter, dalam rilisnya yang diterima Bisnis, Selasa (30/1/2018).

Untuk itu berbagai program peningkatan kinerja akan terus dilakukan pada tahun ini, baik melalui pengembangan kualitas sumberdaya manusia (SDM) di internal perusahaan maupun di perusahaan pemasok, serta mendukung program pemagangan pemerintah guna menyiapkan tenaga kerja industri yang kompeten.

Peningkatan kerja sama dengan pemasok dalam penggunaan komponen lokal juga akan terus ditingkatkan. Tahun lalu, TMMIN antara lain berhasil mendorong suplier untuk menggunakan bahan baku non-woven material (material untuk pelapis atap bagian dalam) dan resin polyproylene impact copolymer (plastik) yang diproduksi perusahan dalam negeri.

Tahun ini, TMMIN akan fokus pada upaya penggunaan beberapa bahan baku lokal seperti aluminium dan baja yang bekerjasama dengan beberapa perusahaan lokal negara.

“Peningkatan penggunaan bahan baku komponen dari produk lokal merupakan salah satu target perusahaan. TMMIN tidak hanya meningkatkan penggunaan komponen lokal, tapi juga bahan baku yang diproduksi di dalam negeri dan diharapkan dari tahun ke tahun terus meningkat,” kata Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Sepanjang tahun lalu, TMMIN berhasil mencatat peningkatan ekspor mobil merek Toyota dalam bentuk completly built-up (CBU) sekitar 18% dibandingkan dengan capaian pada tahun sebelumnya 169.100 unit menjadi 199.600 unit. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak kegiatan ekspor Toyota pada 1987.

Selain faktor eksternal yaitu membaiknya perekonomian sejumlah negara tujuan ekspor, peningkatan daya saing perekonomian Indonesia melalui percepatan pembangunan infrastruktur, dan kebijakan deregulasi sangat berperan dalam capaian tersebut.

Tahun ini, perekonomian Indonesia diproyeksikan akan terus membaik, dan proses pemulihan global diharapkan berdampak positif terhadap industri otomotif Indonesia.

Pemerintah memperkirakan laju pertumbuhan PDB tahun ini bisa mencapai angka 5,4% atau lebih baik dibandingkan 2017 sebesar 5,2%. Laju inflasi dan nilai tukar diperkirakan juga stabil. Inflasi diperkirakan sekitar 3%-4% dan nilai tukar rupiah berkisar di angka Rp13.000--Rp13.500 per dolar AS.

Dampak percepatan pembangunan infrastruktur terhadap kelancaran arus barang dan efisiensi diharapkan akan lebih terasa terhadap perbaikan iklim dunia usaha pada 2018.

Kondisi perekonomian global, menurut perkiraan sejumlah lembaga multilateral seperti IMF dan Bank Dunia, juga bisa lebih baik.

Bank Dunia memperkirakan, pertumbuhan ekonomi global pada 2018 bisa mencapai 3,1% atau lebih tinggi 0,2% dibandingkan 2017. Sedangkan IMF memperkirakan pada 2018 ini laju pertumbuhan global bisa mencapai 3,7% atau lebih tinggi 0,1% dibandingkan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper