Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Optimisme AHM di Segmen Adventure

Di tengah gempuran dominasi produk skuter matik (skutik) di pasar kendaraan roda dua Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) optimistis mampu mendobrak penjualan di segmen pasar baru, yaitu; adventure atau tourer motors.
Marketing Director Astra Honda Motor (AHM) Shigeto Kimura (dari kiri), President Director Toshiyuki Inuma dan Marketing Director Thomas Wijaya memperkenalkan All New Honda PCX 150 di Jakarta, Rabu (13/12)./JIBI-Nurul Hidayat
Marketing Director Astra Honda Motor (AHM) Shigeto Kimura (dari kiri), President Director Toshiyuki Inuma dan Marketing Director Thomas Wijaya memperkenalkan All New Honda PCX 150 di Jakarta, Rabu (13/12)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTADi tengah gempuran dominasi produk skuter matik (skutik) di pasar kendaraan roda dua Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) optimistis mampu mendobrak penjualan di segmen pasar baru, yaitu; adventure atau tourer motors.

Sekadar catatan, adventure motors sendiri merupakan segmen kendaraan roda dua yang membidik fungsi serba guna, baik untuk penggunaan di jalanan aspal maupun jalur off road sekaligus legal digunakan di jalan raya.

Sepanjang 2017, AHM telah meluncurkan 3 varian adventure motors yaitu CRF1000L Africa Twin, CRF250L Rally, dan CRF150L. Meskipun kontribusi segmen tersebut tidak sampai 1% dari total penjualan motor AHM sepanjang tahun lalu, AHM optimistis pertumbuhannya akan lebih gemilang dibandingkan segmen skutik atau motor bebek.

Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan performa segmen adventure motors tercermin dari realisasi volume penjualan seri CRF150L sebanyak 6.600 unit pada dua bulan awal peluncurannya. Padahal, target penjualan varian tersebut sepanjang 2017 dipatok 3.000 unit.

“Karena pada tahun pertama penjualan CRF150L sangat jauh melampaui ekspektasi kami, sepanjang tahun ini kami optimistis penjualannya bisa menembus 26.000 unit. Kami akan lebih banyak menggenjot penjualan dari segmen adventure melalui varian ini,” ujarnya kepada Bisnis.

Adapun, penjualan varian Africa Twin pada tahun lalu menembus 30 unit. Ini adalah rekor bagi AHM, mengingat harga jualnya yang sangat tinggi yaitu hampir mendekati angka Rp500 juta/unit. Sementara itu, varian CRF250L Rally terjual 1.100 unit pada 2017.

Secara umum, lanjut Ahmad, AHM optimistis produk-produk dari lini adventure motors akan mampu terjual setidaknya 36.000—37.000 unit secara total pada 2018 alias naik dari realisasi tahun lalu sejumlah 28.000 unit.

“Memang segmen adventure motors ini baru pertama kali kami datangkan ke Indonesia pada 2017. Namun, kami optimistis ini adalah lini pasar yang memiliki potensi besar untuk terus berkembang, meskipun kontribusinya tidak terlalu besar terhadap total penjualan produk AHM,” tegasnya.

Dia mengatakan optimisme tersebut dipicu oleh riset pasar yang mengungkap bahwa masyarakat urban Indonesia saat ini semakin mencari kendaraan yang tangguh untuk ditunggangi saat berpetualang di medan-medan berat.

“Sekarang ini tren masyarakat untuk berwisata dan berpetualang semakin marak di seluruh daerah. Itulah mengapa kami melihat tren tersebut sebagai sebuah potensi pasar yang bisa digarap melalui segmen produk adventure motors kami,” ujar Ahmad.

CRF Series merupakan seri motor untuk kompetisi off road dengan performa terbaik dan menjadi juara MXGP 2016. Bagi penggemar off road, Africa Twin dan CRF250L Rally merupakan pilihan terbaik karena mewarisi DNA dari motor legendaris CRF450 yang terkenal dengan performa terbaik, kenyamanan, ringan, dan kelincahannya saat berpetualang.

Menurut Executive Vice President Director AHM Johannes Loman, CRF Series adalah adventure motors yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi para bikers di Indonesia. Apalagi, jaringan penjualannya telah tersebar luas di seluruh Tanah Air.

“Dari Aceh hingga Papua, Indonesia memiliki keindahan alam yang menantang untuk ditaklukkan. Guna memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan menarik, dibutuhkan mitra berkendara yang tidak hanya bertenaga tetapi nyaman di segala medan,” ujarnya.

Dia optimistis CRF Series bisa menjadi pilihan tepat. Tidak hanya itu, 10 Honda Big Wing siap menghadirkan model motor besar (big bike) dan menjadi partner terbaik di setiap perjalanan. Adapun, untuk model CRF250RALLY akan didampingi oleh 145 Wing Dealer.

Sekadar catatan, CRF1000L Africa Twin merupakan motor adventure tourer yang dilengkapi dengan mesin bertenaga dan sasis dinamis untuk menjelajah benua secara on atau pun off road. Africa Twin menjadi satu model yang secara konsisten tampil mengagumkan sesuai fungsi, pengendalian di jalan dan tanah seperti model XRV750 Africa Twin.

Pendekatan “True adventure” dimulai dari mesin yang menghadirkan performa saat off road sebaik saat turing. CRF1000L Africa Twin disematkan mesin 998cc parallel-twin yang diadopsi dari pengalaman mesin balap off-road Honda dengan CRF250R / 450R, dan penggunaan 4 katup Unicam head yang sama untuk menghadirkan dimensi keseluruhan yang compact.

Torsi dan tenaga yang kuat di semua putaran mesin disertai dengan karakter yang memuaskan saat di rpm tinggi. 270° phased crankshaft memberikan karakter tenaga yang berbeda, mengantarkan traksi ban belakang yang sangat mengagumkan. Adapun, biaxial primary balance shafts menghilangkan getaran.

Mesin CRF1000L Africa Twin yang compact menghasilkan jarak terendah ke tanah sempurna, menjadi syarat untuk mesin adventure yang sebenarnya. Pompa air radiator diletakkan didalam penutup kopling, pompa air radiator dan pompa oil digerakkan bersama poros balancer.

Mengusung tema desain unlimited adventure, CRF1000L Africa Twin memiliki gaya bodywork yang kuat dan minimalis, serta bobot ringan yang menawarkan perlindungan untuk pengendara di berbagai kondisi cuaca dan bodi yang ramping menunjang kelincahan.

Model ini hadir dengan dual LED Headlights yang menjadi original signature dan ketinggian kursi disesuaikan 8 inchi yakni 34,3 atau 33,5 inchi. Tangki bahan bakar 18,8 liter dipadankan dengan konsumsi bahan bakar yang irit 21.8km/l (WMTC dengan mode DCT) mampu melakukan penjelajahan jauh hingga 400 km.

Di Indonesia model yang telah hadir sejak April 2017 dengan 2 pilihan warna yakni Victory Red dan Tricolor untuk tipe Manual ABS dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 464.000.000 dan tipe DCT ABS dipasarkan dengan harga Rp 499.000.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper