Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunakan Monster Kecil, Hino Lawan Truk Besar Rally Dakkar

Hino ikut ambil bagian dalam Dakar Rally ke-40 yang dimulai 620 Januari 2018. Kali ini, Hino Team Sugawara menggunakan truk Hino500 series, dimana di Indonesia truk ini merupakan tipe produk Hino New Generation Ranger.
 Teruhito Sugawara. /Bisnis.com
Teruhito Sugawara. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Hino ikut ambil bagian dalam Dakar Rally ke-40 yang dimulai 6—20 Januari 2018. Kali ini, Hino Team Sugawara menggunakan truk Hino500 series, dimana di Indonesia truk ini merupakan tipe produk Hino New Generation Ranger.

Truk tersebut mendapat julukan “The Little Monster”, karena menjadi satu-satunya truk medium yang berlaga dan melawan truk-truk besar. Menggunakan mesin tipe A09C-TI dengan Turbo Intercooler yang mampu menghasilkan tenaga hingga 700 PS dan maksimum torsi 236 kgm/1.200 rpm, truk ini mampu melibas medan berbukit dan jalan yang terjal.

Tahap pertama dimulai dari Lima, Peru pada 6 januari yang lalu. peserta menempuh jarak 31 Km. Hino Team Sugawara yang menurunkan dua pembalapnya mengklaim mampu melahap medan dengan performa yang baik dimana truk kedua dikendarai oleh Teruhito Sugawara dan navigator Mitsugu Takahashi finish ditempat ke-12 untuk kelas truk kategori umum atau 3 menit dibelakang juara pertama.

Sementara itu untuk kelas di bawah 10 liter berhasil menyabet posisi nomor satu. Di kategori truk umum, Yoshimasa Sugawara dan navigator Katsumi Hamura menyabet peringkat kedua.

 “Kami sangat berhati-hati pada hari pertama ini karena jaraknya sangat pendek. Hamura yang kembali setelah tiga tahun absen sebagai navigator sangat membantu, membuat saya menjalani lomba dengan tenang dan nyaman,” kata Sugawara dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (8/1/2017).

Pelaksanaan Dakar Rally ini merupakan yang kesepuluh kalinya diadakan di Amerika Selatan. Para peserta nantinya akan berlaga hingga Argentina. Beberapa rute belum pernah ada di acara sebelumnya.

Dakar rally tahun ini untuk kategori truk diikuti 44 tim dan akan melahap medan yang berat selama 15 hari penyelenggaraan. Ada 14 tahap dengan jarak tempuh 8.270 Km.

Hino Truck pertama kali mengikuti lomba Dakar Rally pada tahun 1991 dan menjadi satu-satunya truk asal Jepang yang turut serta dalam balapan truk terganas ini. Sepanjang keikutsertaan mulai dari tahun 1991 atau sudah 26 tahun, Hino Truck tidak pernah gagal mencapai garis akhir.

Adapun pada 1997 Hino Truck berhasil menjadi juara umum untuk kategori truk serta meraih posisi 2 dan 3. Secara berturut-turut sejak 2010 hingga 2017, Hino menjadi juara di kategori under 10-litre.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper