Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR MOBIL 2017: Pikap Melaju Kencang, Penguasa Pasar Tak Berubah

Pasar kendaraan niaga pikap sepanjang tahun ini melaju cukup kencang. Lima model penguasa pasar masih belum berubah.
Pikap Suzuki. /Bisnis.com
Pikap Suzuki. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar kendaraan niaga pikap sepanjang tahun ini melaju cukup kencang. Lima model penguasa pasar masih belum berubah.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan pikap sepanjang 11 bulan pertama 2017 tercatat 128.731 unit. Angka ini menunjukkan peningkatan penjualan 9,6% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 117.472 unit.

Pasar pikap sepanjang tahun ini diramaikan oleh banyak model. Sedikitnya 19 model yang bersaing mendapatkan kue pasar pikap.

Model-model tersebut mencakup Daihatsu Gran Max, Suzuki Carry MT, Mitsubishi L-300 Dsl, Suzuki APV MT, Mitsubishi T-120 SS mini, Toyota Hilux, dan Mitsubishi L-200 Dsl.

Selain itu Isuzu Panther Dsl, Isuzu D-MAX Dsl, Tata Pick Up Dsl, Nissan Frontier Navara 2.5 Dsl, Daihatsu Hi-Max 1.0, Isuzu Panther Bison Flat Deck  2.5 MT Dsl, Kia K700 BIG-UP  2.6 MT Dsl, dan Hyundai H-100 2.6 MT.

Pasar tahun ini juga diramaikan oleh pendatang baru Chevrolet Colorado 2.5 MT Dsl, dan Sokon Mini.

Seperti pada periode tahun lalu, Daihatsu Gran Max masih tetap mendominasi pasar dengan pangsa cukup signifikan, yakni mencapai 30%. Pada periode tahun ini, Daihatsu Gran Max juga berhasil mencatat kenaikan penjualan.

Di posisi kedua, Suzuki Carry MT juga berhasil memacu laju penjualan hingga 20% dari capaian sebelumnya 23.943 unit menjadi 28.899 unit.

Peningkatan yang signifikan itu pula berhasil memperbesar penguasaan pasar Suzuki Carry MT 2 poin persen menjadi 22% sekaligus memperkokoh posisinya di posisi runner-up.

Di posisi ketiga, Mitsubishi L-300 Dsl juga berhasil menaikkan penjualan meski tipis 2,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu 18.472 unit menjadi sebanyak 18.845 unit.

Meski penguasaan pasar L-300 Dsl susut 1 poin persen, pikap Mitsubishi ini masih mampu bertahan di posisi ketiga terlaris.

Nasib kurang baik menimpa Mitsubishi T-120 SS mini yang menderita penurunan penjualan cukup parah 21,63% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 12.162 unit menjadi hanya 9.531 unit.

Akibatnya, T-120 SS mini harus turun satu peringkat model dengan penjualan terbanyak ke posisi kelima.

Sebagai gantinya, posisi keempat direbut oleh Suzuki APV MT yang berhasil mencatat penurunan penjualan sangat tipis 0,05% menjadi 11.852 unit.

PASAR MOBIL 2017: Pikap Melaju Kencang, Penguasa Pasar Tak Berubah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper