Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMW Gandeng Solid Power Kembangkan Baterai Mobil Listrik

Produsen otomotif asal Jerman, BMW AG bermitra dengan perusahaan baterai Solid Power. Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan generasi selanjutnya solid state battery mobil listrik.
Logo BMW/Reuters-Pascal Lauener
Logo BMW/Reuters-Pascal Lauener

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen otomotif asal Jerman, BMW AG bermitra dengan perusahaan baterai Solid Power. Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan generasi selanjutnya solid state battery mobil listrik.

BMW dalam hal itu akan membantu Solid Power berbagi teknologi untuk memenuhi kebutuhan mobil listrik berperforma tinggi, mengutip Reuters, Senin (18/12/2017).

Solid state battery adalah baterai berteknologi tinggi yang memiliki kapasitas besar. Baterai ini diklaim memiliki ukuran lebih kecil, waktu pengisian daya lebih cepat, dan memiliki jarak tempuh lebih jauh dibandingkan baterai lithium-ion yang digunakan mobil listrik saat ini.

Baterai adalah hal krusial dalam mobil listrik. Para produsen otomotif tengah berlomba merancang baterai yang efisien dari segi biaya produksi, tetapi memiliki performa tinggi.

Solid Power, perusahaan yang berdiri sejak 2012 menjelaskan bahwa solid state battery mampu menjawab hal tersebut. Sebab baterai ini diklaim mampu menghilangkan beberapa fitur yang menjadi faktor mahalnya produksi baterai lithium-ion.

Sebelumnya, Toyota Motor Co, yang mengklaim dirinya sebagai pemain berpengaruh menyambut era mobil listrik sudah lebih dahulu mengumumkan pengembangan solid state battery. Perusahaan ini berencana akan meluncurkan mobil listrik yang menggunakan baterai tersebut pada awal 2020.

Produsen otomotif asal Jerman lainnya, Continental AG tengah mempertimbangkan menambah investasi untuk pengembangan solid state battery. Hal ini disampaikan oleh Chief Executive Elmar Degenhart pada bulan lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper