Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2018, Suzuki Pertahankan Pangsa Pasar 45% untuk Pick Up

PT Suzuki Indomobil Sales berambisi mempertahankan pangsa pasar produk kendaraan komersial yaitu pick up berada di level 45% sepanjang tahun depan. Produk pick up merupakan kendaraan andalan Suzuki yang telah hadir di Indonesia sejak 40 tahun lalu.
Suzuki Motors/Reuters-Issei Kato
Suzuki Motors/Reuters-Issei Kato

Bisnis.com, SURABAYA – PT Suzuki Indomobil Sales berambisi mempertahankan pangsa pasar produk kendaraan komersial yaitu pick up berada di level 45% sepanjang tahun depan. Produk pick up merupakan kendaraan andalan Suzuki yang telah hadir di Indonesia sejak 40 tahun lalu.

Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Setiawan Surya mengatakan bahwa penjualan kendaraan komersial memang sempat mengalami penurunan pada 2015-2016 lalu, namun berangsur membaik sejak awal tahun ini.

“Tahun depan kami lebih optimistis namun tetap ingin mempertahankan market share di atas 40%. Saat ini pangsa pasar produk pick up Suzuki kami secara nasional 44,4%. Tahun depan, pelaku usaha masih akan wait and see [sehingga memengaruhi penjualan pickup],” jelas Setiawan di Surabaya, Sabtu (16/12/2017).

Setiawan menjelaskan selama 2015-2016, seluruh bisnis yang berkaitan dengan komoditas sedang terpukul penurunan harga sehingga berdampak pada penjualan pick up di tahun tersebut yang anjlok hingga 30%.

Kendati demikian, sejal awal 2017, harga komoditas baik pertanian maupun tambang kian menunjukkan perbaikan. Hal tersebut secara langsung berdampak positif pada penjualan kendaraan pick up Suzuki pada tahun ini.

Menurutnya, di tengah persaingan ketat penjualan mobil komersial, permintaan mobil jenis pick up terbukti terus bergairah pada 2017. Hal tersebut ditunjukkan dengan total penjualan nasional Suzuki pick up yang selama Januari—Oktober 2017 mencapai pangsa pasar 44,4%.

Selain itu, Suzuki Carry Pick Up juga merupakan produk Suzuki yang menempati posisi penjualan tertinggi dengan kontribusi sebesar 40%. Dalam 5 tahun terakhir, pangsa pasar pick up Suzuki bahkan konsisten berada di level 45%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper