Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Global : Naik Signifikan di Brasil & India, Uni Eropa Tertekan

Penjualan mobil si sejumlah negara menunjukkan peningkatan pada September lalu.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan mobil si sejumlah negara menunjukkan peningkatan pada September lalu.

Dikutip dari asosiasi industri otomotif Jerman (Verband Der Automobilindustrie), Senin (6/11/2017), negara yang berhasil mencatatkan kenaikan adalah Brasil, Rusia, India, Amerika Serikat, Jepang, dan China.

Pada September lalu, pendaftaran kendaraan penumpang baru di Brasil meningkat hingga 25% menjadi 193.800 unit, dan penjualan di India naik sebesar 11% dan berhasil menorehkan rekor bulanan terbaru dengan volume sebanyak 310.000 unit.

Di Brasil, peningkatan ini merupakan yang terbesar sepanjang tahun. Selama tiga kuartal tahun ini, penjualan mobil baru tumbuh sebesar 7,9% menjadi 1,57 juta unit.

Setelah beberapa tahun mengalami resesi, potensi pertumbuhan pasar mobil baru di negara tersebut sangat besar.

Sementara itu, di India kecuali pada Juli lalu penjualan mobil baru berkembang cukup pesat. Secara total, peningkatan penjualan tercatat sebesar 9,8% menjadi sebanyak 2,43 juta unit.

Adapun pasar kendaraan ringan di Rusia juga menunjukkan pemulihan dengan penjualan yang naik sebesar 18% menjadi 148.400 unit. Secara total, penjualan di negara Eropa Timur itu sebanyak 1,12 juta unit atau naik sebesar 10,6%.

Di Amerika Serikat, penjualan pada September lalu naik 6% menjadi 1,51 juta unit. Namun secara kumulatif, penjualan di negara tersebut turun tipis yakni sebesar 1,9% menjadi sebanyak 12,8 juta unit.

Jepang, yang menjadi pusat otomotif dunia membukukan penjualan sebanyak 417.900 unit pada September lalu, naik sebesar 5,3% dibandingkan bulan yang sama tahun lalu. Selama Januari-September 2017, total penjualan mencapai 3,41 juta unit, naik sebesar 8,1%.

Sementara itu, China yang menjadi pasar terbesar di dunia tumbuh sebesar 3,5% menjadi 2,29 juta unit pada September lalu.

Total negara tersebut berhasil memasarkan mobil sebanyak 16,73 juta unit atau naik sebesar 3,3%.

Sementara itu, penurunan penjualan terjadi di kawasan Uni Eropa dan EFTA.

Pada bulan kesembilan tahun ini, total penjualan di benua biru tercatat sebanyak 1,46 juta unit, atau turun sebesar 2% dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Secara total, hingga bulan kesembilan tahun ini penjualan mobil di Uni Eropa dan EFTA tercatat sebanyak 12,02 juta unit, naik sebesar 3,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper