Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENDARAAN NIAGA: Hino Kuasai Pasar di Sulawesi Utara

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) menguasai 94,5% pasar kendaraan niaga untuk segmen truk sedang atau medium duty truck (MDT) sepanjang JanuariSeptember 2017. Tercatat pada kelasa truk ringan atau light duty truck (LDT), HMSI menguasai 49,1% pasar pada periode yang sama.
Hino Dutro. /Bisnis.com
Hino Dutro. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) menguasai 94,5% pasar kendaraan niaga untuk segmen truk sedang atau medium duty truck (MDT) sepanjang Januari—September 2017. Tercatat pada kelasa truk ringan atau light duty truck (LDT), HMSI menguasai 49,1% pasar pada periode yang sama.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh konsumen Hino di Sulawesi Utara, karena mereka sangat percaya dan loyal terhadap Hino, ini dapat dilihat dari perolehan market share [pangsa pasar] kami yang tinggi di area ini,” kata Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santiko Wardoyo dalam keterangan resmi, Senin (6/11).

Selanjutnya HMSI berupaya terus memperkuat posisinya dengan menghadirkan produk teranyar di Sulawesi Utara, yakni Hino New Dutro yang bermain di kelas LDT. Generasi terbaru ini hadir dengan 16 model baru, didalamnya terdapat 4 model tambahan dari generasi sebelumnya yang hanya terdapat 12 model.

Satu varian yang dinilai HMSI sangat sesuai dengan bisnis di Sulawesi Utara ialah Hino New Dutro 130 HDL untuk keperluan bisnis kargo. Model ini memiliki dimensi rangka lebih panjang, sama dengan unit Hino Dutro 130 MDL dan memiliki kubikasi bodi meningkat 3.85 m3 atau dari 15.05 m3 menjadi 18.9 m3.

Adanya penambahan panjang pada wheelbase (WB) dan julur belakang (ROH) membuat kapasitas ruang kargo lebih besar untuk membawa barang lebih banyak. New Dutro 130 HDL ini dilengkapi dengan transmisi model baru (RE50) yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 1,8% lebih irit dibanding transmisi lama dan menghasilkan akselerasi lebih baik serta kemampuan yang lebih handal di medan menanjak.

Model terbaru lainnya yang hadir dan sesuai digunakan untuk kebutuhan bisnis di Sulawesi Utara ialah Hino New Dutro 130 HD LSD. Truk ringan 6 roda ini diklaim perusahaan handal di jalan berlumpur (off road).

Dilengkapi dengan teknologi Limited Slip Differential (LSD) yang berfungsi untuk mencegah terjadinya slip ketika melalui medan lumpur yang berat, truk dapat melaju untuk terus bekerja dan produktifitas tetap terjaga.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), secara nasional HMSI menguasai 31,21% pasar truk dan bus di dalam negeri hingga triwulan ketiga tahun ini. Hal ini diikuti oleh kenaikan penjualan pabrik ke diler sebanyak 30,99% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menjadi 20.354 unit.

Secara keseluruhan pasokan ke diler kendaraan niaga sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini naik 16,36% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menjadi 159.004 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper